Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Cek ROM Xiaomi Asli atau ROM Distributor abal-abal

Tikusliar.com - Tips Cara Cek ROM Xiaomi Asli atau ROM Distributor abal-abal - Pada ROM Xiaomi yang beredar di pasaran indonesia terdiri dari beberapa versi, ada versi ROM distributor (palsu atau disebut juga abal-abal karena sudah mengalami modifikasi oleh pihak distributor), ada ROM versi global official (asli), ROM dengan versi official cina (asli) dan ada satu lagi ROM dengan versi developer cina (semi).

Keberagaman versi ROM tersebut dikarenakan tidak semua HP mi yang datang ke indonesia menggunakan jalur resmi, dan juga dikarenakan di Indonesia terdapat aturan TKDN (tingkat kandungan dalam negeri), peraturan tersebut menyatakan bahwa untuk semua produk ponsel yang didtangkan dari luar harus memiliki kandungan dalam negeri atau paling tidak harus bisa dirakit di indonesia, sehingga ini menyebabkan ROM pada HP android banyak yang dimodifikasi gunaa memenuhi peraturan yang ada.

Versi ROM Xioami jelas sangat mempengaruhi kinerja dari system operasi android itu sendiri, jika Xiaomi memiliki ROM distributor abal-abal atau palsu maka sudah dipastikan hp tersebut memiliki banyak kekurangan, untuk mengetahui kekurangannya

Jadi untuk sobat yang ingin membeli HP Xiaomi syarat ini wajib sobat perhatikan, jangan sampai sobat mendapatkan hp Xiaomi dengan ROM distributor abal-abal, karena sobat akan banyak dirugikan.

Namun untuk sobat yang sudah memiliki hp Xiaomi dan belum tau versi ROM pada hp Xiaomi yang sobat gunakan, apakah ROM asli atau palsu, maka sobat bisa melakukan cek pada HP Xiaomi sobat.

Tips Cara Cek ROM Xiaomi Asli atau ROM Distributor abal-abal


Cara Cek ROM Xiaomi Global atau Distributor

Untuk mengetahui versi ROM pada hp Xiaomi sebenarnya sangatlah mudah sekali, karena sobat bisa mengetahuinya melalui HP Xiaomi sobat, berikut ini langkah-langkahnya :
  • Masuk ke menu Setelan/ Seting > Kemudian pilih  About device atau tentang ponsel atau about ponsel
  • pada halaman about device scroll ke bawah dan cari MIUI Versi, silahkan sobat amati nomor versi yang tertera di HP Xiaomi sobat.
Untuk mengetahui Jenis versi ROM maka sobat dapat melakukan identifikasi dengan cara sebagai berikut:


ROM Xiaomi distributor abal-abal

Untuk versi abal-abal biasanya mengandung 5 block number atau lebih yang dipisahkan 4 titik seperti V1.6.0.1.0, walaupun tertera tulisan Global.... | Stabil, tetap saja jika terdapat 5 atau lebih blok nomor seri, maka ROM pada Xiaomi sobat adalah ROM abal-abal atau ROM distributor.

ROM jenis ini tidak bisa melakukan update VIA OTA (Over the air) atau update secara online lewat hp sobat, dan terkadang banyak bloatware (aplikasi bawaan yang kurang berguna), serta kadang suka muncul iklan tiba-tiba


Nomor Seri ROM Xiaomi

Jika pada nomor versi Xiaomi terdiri dari 4 blok digit yang dipisahkan 3 titik (contoh: v2.1.2.0) itu artinya Versi ROM Xiaomi sobat original atau official (asli dari Xiaomi). Jika bahasa yang tersedia hanya inggris dan cina maka ROMnya adalah Official cina (100 % asli) tapi jika bahasa yang tersedia ada bahasa indonesia dan bahasa lainnya maka versi ROM berarti Global official (100% asli)


Tulisan Beta

Jika Nomor versi Xiaomi sobat terdapat tulisan Beta biasanya itu jenis versi ROM developer cina (ROM tester fitur terbaru Xiaomi), bagus juga karena Xiaomi dengan ROM jenis ini biasanya sering diprioritaskan untuk mencoba fitur aplikasi terbaru yang diluncurkan Xiaomi walaupun belum direlease, tapi tulisan beta tidak akan pernah hilang walaupun sobat berkali-kali meng-upgradenya.

Sekarang silahkan coba cek HP Xiaomi sobat, selamat jika versi ROM Xiaomi yang sobat miliki adalah ROM global official atau cina offcial, atau developer cina, karena Xiaomi dengan ROM tersebut boleh dibilang sangat bagus, tapi jika abal-abal, tergantung pada sobat, jika merasa nyaman sobat bisa tetap mempertahankannya, atau jika terasa mengganggu sobat bisa mengupgradenya  agar menjadi ROM global, tentunya dengan cara-cara khusus.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kepada sobat tentang Cara cek ROM Xiaomi apakah ROM global, atau ROM distributor abal-abal, selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat

Posting Komentar untuk "Tips Cara Cek ROM Xiaomi Asli atau ROM Distributor abal-abal"