Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut ini 5 Ciri-ciri ROM Distibutor abal-abal di Hp Xiaomi

Tikusliar.com - 5 Ciri-ciri ROM Distibutor abal-abal di Hp Xiaomi - Kali ini kita akan membahas mengenai ciri rom xiaomi abal-abal atau distributor, hanya untuk sekedar berbagi informasi saja sih agar sobat bisa tau dan bisa antisifasi saat membelinya sehingga tidak merasa dirugikan, dikarenakan xiaomi dengan rom abal-abal kemungkinan besar akan memiliki banyak kendala.

Memang membeli hp Merk xiaomi itu harus teliti dan hati-hati, jika tidak maka bisa jadi sobat mendapatkan perangkat ponsel xiaomi asli tapi palsu atau tiruan, ya untuk merk hp yang satu ini memang tidak seperti merk hp kebanyakan yang beredar di indonesia, karena selain banyak yang memiliki rom yang masih asli dan original, banyak juga beredar xiaomi dengan rom atau firmware abal-abal, xiaomi tersebut awalnya adalah asli, saat karena rom nya sudah dioprek dan dimodifikasi oleh distributor menyebabkan xiaomi tersebut tidak original lagi dan memiliki banyak kendala.

Berikut ini beberapa alasan kenapa bisa muncul ROM abal-abal di hp xiaomi dan penyebabnya :
  • Hp tersebut masih tergolong hp dengan versi terbaru (new release) dan belum mempunyai ROM Global/ROM yang mempunyai bahasa indonesia dan bahasa lainnya, oleh sebab itu, guna mencari keuntungan, distrtibutor memodifikasi ROM hp xiaomi secara ilegal sesuai dengan keinginan mereka sendiri, dengan melakukan injek Aplikasi tertentu dan memasukan bahasa negara target pasar agar hp bisa segera disebar kepasaran.
  • Untuk hp xiaomi yang baru realese jika terjadi update maka kemungkinan akan banyak sekali muncul bug dan bisa jadi muncul klaim garansi dari konsumen, oleh karena itu untuk menghindari refund atau pengembalian produk, akhirnya distributor melakukan penguncian update dari MIUI resmi, kita ketahui bahwa MIUI ROM selalu update per minggu jika dev dan perbulan jika stabil, dan ingat update versi terbabaru => masalah baru, oleh karena itu versi MIUI xiaomi abal-abal terkadang di buat sangat tinggi bahkan diluar rilisan versi MIUI yang ada, serta kode bentukan di acak supaya tidak bisa menerima update OTA (On The Air) baru dari MIUI Resminya.


5 Ciri-ciri ROM Distibutor abal-abal di Hp Xiaomi

Xiaomi dengan rom abal-abal banyak sekali dijual di indonesia terutama xiaomi yang memiliki garansi distributor, jadi sobat harus hati-hati saat xiaomi yang ingin sobat beli memiliki garansi distributor, saat sobat juga harus tau, tidak semua hp Xiaomi dengan garansi distributor adalah xiaomi dengan rom abal-abal. oleh karena itu untuk membedakan xiaomi rom abal-abal dengan xiaomi asli sobat harus mengetahui ciri-cirinya.

5 Ciri-ciri ROM Distibutor abal-abal di Hp Xiaomi

ciri-ciri dari rom xiaomi abal-abal terkadang sulit untuk dibedakan, saat jika kita teliti, pasti akan diketahui perbedaannya. oleh karena itu untuk sobat penggemar xiaomi yang masih belum mengetahui perbedaan xiaomi rom asli dengan rom abal-abal maka uraian berikut bisa sobat jadikan referensi.

Untuk dapat mengidentifikasi xiaomi dengan rom (firmware) abal-abal setidaknya sobat harus mengetahui ciri-cirinya, sesuai dengan yang dijelaskan di artikel sebelumnya tentang cara membedakan xiaomi asli dan palsu, ciri-ciri xiaomi palsu alias abal-abal adalah sebagai berikut:


1. Banyak sekali keluar iklan tiba-tiba

Jika saat sobat mengoperasikan xiaomi sobat, tiba-tiba bermunculan iklan, maka sudah dapat dipastikan xiaomi sobat kemungkinan besar xiaomi dengan rom  distributor abal-abal, xiaomi distributor terkadang banyak yang sudah diinjek dengan kode iklan agar si distributor mendapatkan keuntungan dari tayangan iklan. namun sayangnya dengan munculnya iklan di hp xiaomi kalian bisa menyebabkan quota pada hp xiaomi akan mudah sekali habis dan perfoma hp akan berkurang.


2. Bahasa indonesia yang tidak baku dan acak-acakan

Salah satu ciri lainnya adalah bahasa indonesia yang digunakan terasa tidak baku, jadi saat sobat memilih bahasa indonesia saat kelihatan kurang baku kemungkinan besar xiaomi sobat adalah xiaomi rom modifikasi.


3. Tidak bisa melakukan update MIUI via OTA 

Update MIUI versi terbaru dari xioami biasanya akan release setiap minggu untuk versi rom developer cina, atau satu bulan sekali untuk versi rom global official atau cina official, pada xiaomi abal-abal update biasanya tidak dapat dilakukan karena perangkat sudah dioprek systemnya agar tidak bisa melakukan update OTA.


4. Banyak Aplikasi bawaan yang bermasalah 

Terkadang sering buka tutup sendiri, dan Aplikasi tersebut sulit untuk diuninstal, jika di hp xiaomi sobat banyak Aplikasi yang tidak dikenal dan tidak bisa diuninstal maka kemungkinan besar hp xiaomi sobat memiliki rom abal-abal.


5. Periksa tipe ROM nya.

Untuk mengetahui xiaomi abal-abal yang terakhir sobat bisa cek versi ROM nya, untuk mengeceknya pada ponsel xiaomi sobat silahkan masuk ke menu seting/pengaturan > about ponsel / tentang ponsel
  • Silahkan sobat amati pada versi MIUI / MIUI Version
    jika nomor versi mengandung 3 titik dan kode yang terdapat di dalam kurung mengandung ....MI.... kemungkinan besar asli, seperti contoh: MIUI Global | 8.1 | Stabil 8.1.4.1 (MBFMIDG), kode itu berarti kode Xiaomi untuk ROM global official (resmi), pada nomor versi ada 3 titik dan kode di dalam kurung ada kata MI. perangkat akan mengandung bahasa dunia termasuk indonesia, jika perangkat hp sobat semacam di atas sudah dipastikan ASLI 100%.
  • Jika nomor versi terdapat 4 titik kemungkinan besar Hp Xiaomi sobat menggunakan rom distributor abal-abal
  • Jika pada nomor versi ditemukan ada 3 titik dan pada kode mengandung CN Namun saat hp di cek terdapat bahasa indonesia kemungkinan besar ROM hp tersebut palsu/abal-abal. seperti contohnya pada versi rom : MIUI Global | 8.1 | Stabil 8.1.4.1 (LXKCNMA), Versi ROM tersebut sebenarnya adalah ROM official Cina (sebelumnya original / asli) pilihan bahasa biasanya hanya cina dan inggris, Jika ada tulisan Global dan pada pilihan bahasa biasanya ada pilihan bahasa indonesia kemungkinan besar hp xiaomi sobat abal-abal atau sudah dimodifikasi


Kesimpulannya ROM Xiaomi palsu atau kutukan /distributor abal-abal ciri-cirinya secara singkat adalah sebagai berikut:
  1. Kode MIUI  terdiri dari 4 titik atau lebih, jika 4 titik ada tulisan Beta itu artinya rom sobat adalah rom developer cina (masih bagus), jika tidak ada tulisan Beta kemungkinan abal-abal.
  2. Ada tulisan Global saat pada kode mengandung tulisan CN, kode CN itu untuk official cina seharusnya tidak ada tulisan Global.
  3. versi MIUI mengandung kode CN, saat di hp tersebut terdapat pilihan bahasa indonesia, pasti palsu, karena jika ada kode CN pilihan bahasa yang tersedia seharusnya hanya cina dan inggris saja, kode CN artinya rom official cina.
  4. Tidak bisa update OTA, walaupun 4G berjalan baik
  5. Banyak keluar iklan padahal tidak pernah unduh apapun.

Itulah beberapa ciri-ciri dari ROM distributor xiaomi abal-abal, saat ini kabarnya ROM versi untuk xiaomi abal-abal sudah dibuat semirip mungkin dengan rom asli, sehingga sangat sulit membedakan antara rom original resmi dengan rom abal-abal,  sebaiknya sebelum membeli sobat lebih baik tanyakan kepada penjualnya dengan seksama agar sobat mendapatkan xiaomi dengan rom yang masih original, jika sobat terlanjur membelinya dan rom sobat abal-abal, jika merasa tidak nyaman dengan rom abal-abal sobat bisa melakukan upgrade menjadi rom global, tentunya dengan cara-cara tertentu.

Itulah tentang 5 Ciri-ciri ROM Distibutor abal-abal di Hp Xiaomi semoga informasi di atas bermanfaat untuk sobat.

Posting Komentar untuk "Berikut ini 5 Ciri-ciri ROM Distibutor abal-abal di Hp Xiaomi"