Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI tidak valid di Hp Android

Tikusliar.com - Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI tidak valid di Hp Android - Hp android sekarang sudah menjadi salah satu perangkat smartphone yang paling banyak digunakan, selain itu layanan operator pun dari hari ke hari terus bermunculan dengan menawarkan teknologi dan promo terbaik, walaupun begitu, tetap saja terkadang ada saja masalah terkait hp android, salah satu masalah sepele yang sering kali dialami oleh para pengguna hp android ialah masalah sambungan atau kode MMI tidak valid di hp android.

Masalah tersebut biasanya muncul ketika kalian ingin mendapatkan informasi tertentu menggunakan kode MMI khusus yang disediakan oleh penyedia layanan operator, seperti misalnya cek pulsa, cek quota, daftar paket internet dan informasi lainnya, dan masalah muncul hampir di setiap merk hp, baik itu asus, lenovo, xiaomi, samsung dan merk hp lainnya.

Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI tidak valid di Hp Android

Terkait dengan layanan operator, kita ketahui bersama bahwa sekarang ada banyak layanan operator seperti misalnya XL, telkomsel, im3, indosat, simpati, mentari, axis dan layanan operator lainnya, setiap layanan operator biasanya menyediakan kode MMI khusus dan beda-beda yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi tertentu.

Misalnya, untuk mengecek pulsa, untuk mengecek nomor hp sendiri, untuk mengecek sisa quata internet, untuk mengisi pulsa dan layanan lainnya, biasanya setiap layanan operator memiliki kode MMI khusus yang berbeda satu sama lain, penggunaan kode tersebut sangat mudah sekali, biasanya menggunakan fasilitas tombol telepon, jadi sama halnya seperti kita ingin membuat panggilan namun menggunakan kode khusus operator yg digunakan.

Jika tidak ada masalah dan kode yang dimasukan benar, maka informasi pun akan muncul dan bisa kita lihat hasilnya, namun sayangnya, penggunaan kode khusus operator tersebut sering tidak berhasil, sehingga akan muncul informasi seperti masalah sambungan atau kode MMI tidak valid di hp android seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI tidak valid di Hp Android

Kasus tersebut pernah saya alami ketika ingin melakukan cek pulsa operator Telkomsel, awalnya saya menganggap masalah tersebut cuma masalah dengan provider operator saja yg mungkin sedang gangguan, namun setelah saya cek dan diketahui kesalahan tersebut ternyata akibat dari masalah yang terdapat di hp android saya.


Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI tidak valid di Hp Android

Untuk sobat yang kebetulan juga sedang mengalami masalah sambungan kode mmi tidak valid, sehingga sobat tidak bisa melakukan check informasi operator provider yang sobat gunakan, maka sebaiknya sobat tidak usah panik, biasanya ada masalah kecil pada hp sobat terkait dengan stelan panggilan telepon.

Sobat bisa memperbaikinya dengan cara-cara nya berikut ini :


1. Restart hp android sobat.

Jika setiap kali sobat melakukan panggilan telepon dengan kode khusus yang disediakan oleh operator ponsel yang sobat gunakan, namun yang muncul yaitu masalah sambungan atau kode mmi tidak valid, solusinya silahkan sobat coba lakukan restart hp sobat.

Karena biasanya masalah tersebut bukan disebabkan oleh jaringan operator sobat, sekali lagi karena ada masalah kecil yang terdapat di hp android yang sedang sobat gunakan.

Untuk kasus saya di hp xiaomi note 5 pro 4/64, dengan melakukan restart masalah tersebut bisa teratasi dan akhirnya panggilan telepon dengn kode khusus untuk mendapatkan informasi pulsa berjalan dengan normal lagi.


2. Clear data dan chace aplikasi telepon.

Jika setelah sobat melakukan restart, namun masalah kode mmi tidak valid masih saja muncul, maka sobat bisa menggunakan cara kedua ini yaitu dengan cara melakukan hapus data atau clear cache aplikai panggilan telepon disetelan aplikasi.

Ikuti Langkah-langkah berikut ini :
  1. Buka Menu settings / pengaturan / setelan
  2. Pilih opsi installed apps / applikasi terinstal 
  3. Pada Pilihan Menu apps, silahkan sobat  cari nama Pengelolaan panggilan Telepon 
  4. Kemudian pada menu pengelolaan panggilan telepon silahkan tekan tombol Hapus data
  5. selesai

Setelah langkah di atas sudah diterapkan sekarang silahkan sobat coba lakukan panggilan telpon lagi menggunakan kode khusus operator ponsel yang sobat gunakan seperti contohnya *888#, *889#, *123#, *363#, *111#, *887#, *100# dan lainya karena setiap layaran opertaor memiliki kode MMI berbeda - beda.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kepada sobat tikusliar.com tentang Bagaimana Langkah-langkah Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI tidak valid di hp android.

Jika ada yg kurang paham silahkan komentar dikolom bawah, semoga bermanfaat

Gratis !!!
Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI tidak valid di Hp Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel