Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaga Privasi ! Ini Cara Menyembunyikan File Pribadi di HP Xiaomi Kalian

Tikusliar.com - Jaga Privasi ! Ini Cara Menyembunyikan File Pribadi di HP Xiaomi Kalian - Selain memiliki fungsi sebagai alat komunikasi, saat ini smartphone juga menjadi salah satu media untuk menyimpan privasi para penggunanya.

Banyak file-file pribadi kita yang tak boleh orang lain tahu tersimpan rapi dalam perangkat ponsel pintar ini, seperti foto video unyil, foto mantan, catatan hutang, dan lain sebagainya.

Kerahasian tersebut harus tetap menjadi rahasia sampai kita sendiri yang akan menghapusnya pada saatnya nanti. Oleh karena itu, kita harus menyembunyikannya, jangan sampai ada orang yang kepo berhasil membuka secret file tersebut.

Untuk menyembunyikan file pada perangkat smartphone sendiri sebenarnya cukup mudah. 

Jaga Privasi ! Ini Cara Menyembunyikan File Pribadi di HP Xiaomi Kalian

Meskipun, pada beberapa perangkat gadget membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Contohnya, jika kita menggunakan smartphone Xiaomi MIUI 7 dan Xiaomi MIUI 8.

kita tak perlu mendownload lagi aplikasi lain di playstore untuk menyembunyikan file rahasia kita.

Dua versi perangkat Xiaomi tersebut memang telah dilengkapi dengan fitur yang bisa kita gunakan untul mengunci secret file agar tak bisa dibuka oleh orang lain.

cara mudah menyembunyikan file pribadi di smartphone XIAOMI

Ada dua cara untuk menyembunyikan file rahasia kalian di HP Xiaomi MIUI 7 dan 8. Dengan menggunakan aplikasi Gallery bawaan Xiaomi dan menggunakan aplikasi File Explorer.

Semuanya akan kami bagikan di artikel cara mudah menyembunyikan file pribadi di smartphone XIAOMI MIUI 7 dan XIAOMI MIUI 8 kali ini. Perhatikan baik-baii langkah-langkahnya :


1.  Menyembunyikan file Foto, Video, dan dokumen lain melalui aplikasi File Explorer bawaan 

  • Buka aplikasi File Explorer yang ada pada perangat Xiaomi kalian. Cari file yang ingin kalian sembunyikan. Dengan cara ini kalian bisa menyembunyikan berbagai jenis file, seperti gambar/foto, video, catatan, aplikasi, folder, dan lain sebagainya. Hampir semua file bisa kalian “kunci” melalui file explorer ini.
  • Setelah ketemu file yang ingin kalian rahasiakan, klik dan tahan tepat pada icon file tersebut sampai beberapa saat. Kemudian akan terlihat beberapa opsi yang harus kalian pilih. Cari opsi “sembunyikan”. Jika tidak terlihat, klik pada opsi menu lainnya (tanda . . . /titik 3). 
  • Jika ini kali pertamanya kalian menyembunyikan file melalui file explorer, maka setelah mengklik opsi sembunyikan, kalian akan diminta untuk membuat password secret file kalian. Buat saja passwordnya dan ingat baik-baik, jangan sampai kalian lupa password tersebut. Setelah selesai klik HIDE.
  • Dan file pun akan HILANG ! Tenang saja bukan terhapus, itu tanda jika kalian telah berhasil menyembunyikan file rahasia tersebut.

Cara mengembalikan file yang disembunyikan

Untuk membukanya kembali/menampilkan kembali file pribadi yang disembunyikan di Xiaomi MIUI 7 & 8, buka aplikasi Explorer. 

Pada bagian atas (taskbar) tekan + tahan beberapa saat, lalu scroll atau geser ke bawah hingga tampil icon gembok. Setelah muncul icon gembok tersebut, lepaskan jari kalian dan masukkan password yang tadi telah kalian buat.
  • Maka akan muncul file yang telah kalian sembunyikan. Klik + tahan pada file yang akan kalian tampilkan lagi, lalu pilih opsi UNHIDE.
  • Terakhir kalian akan diminta memilih lokasi penyimpanan untuk file tersebut.


2. Menyembunyikan file foto, video, album melalui Gallery

  • Buka gallery, klik nama tab. Akan muncull dua opsi tab yaitu Foto & Album, untuk menyembunyikan file foto dan video klik pada tab foto.
  • Cari foto/video yang akan kalian sembunyikan. Klik + tahan pada file tersebut hingga muncul menu pada bagian bawah. Klik pada icon gembok untuk menyembunyikan foto/video yang telah kalian pilih

Cara menampilkan kembali foto/video yang disembunyikan melalui gallery Xiaomi

  • Klik tab album. Klik + tahan lalu geser pada bagian atas ke bawah untuk menampilkan file yang telah kalian sembunyikan
  • Klik + tahan pada file yang akan kalian tampilkan sampai muncul beberapa opsi. Klik pada icon kunci/gembok. Selesai


Itulah tadi 2 cara menyembunyikan file pribadi di smartphone Xiaomi milik kalian tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan demikian, privasi kalian akan tetap terjaga.

Tidak akan ada orang lain yang tahu jika kalian menyembunyikan file pribadi di gadget Xiaomi kalian.

Posting Komentar untuk "Jaga Privasi ! Ini Cara Menyembunyikan File Pribadi di HP Xiaomi Kalian"