Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Status Unlock Bootloader di HP Xiaomi tanpa PC

Tikusliar.com - Cara Cek Status Unlock Bootloader di HP Xiaomi tanpa PC - Buat sobat yang seringkali oprek sistem android pasti tidak asing dengan yang namanya bootloader, karena bootloader ini seringkali jadi referensi  ponsel dapat di root atau tidak.

Bootloder adalah suatu program atau satu kode yang perlu dilakukan sebelum Sistem Operasi (OS) mulai berjalan, berperan ialah untuk berisi OS (sistem operasi android) saat ponsel dalam proses booting,

Diluar itu bootloader juga dapat memberi aksesibilitas untuk melakukan modifikasi Sistem, memverifikasi integritas OS dan juga menyediakan media untuk mengupdate perangkat tersebut.

Sekarang ini sebagian besar merk ponsel mempunyai status bootloader terkunci (lock bootloader)serta tidak terkunci (unlock bootloader / ubl), tetapi biasanya ponsel android keluaran paling baru status bootloadernya dalam kondisi terkunci.

Menurut para produsen ponsel alasan menutup bootloader sebetulnya untuk memberi tingkat keamanan pada pemakai hingga ponsel android kepunyaannya tidak rawan pada ancaman perangkat lunak beresiko hingga keadaan Sistem masih baik serta masih terbangun.

Status bootloader kadang perlu untuk diketahui untuk keperluan-keperluan spesifik, seperti saat ponsel ingin ubah rom, pemakai ingin melakukan modifikasi Sistem android serta kepentingan yang lain yang terkait dengan Sistem android.

Sistem pada ponsel android baru dapat di modifikasi jika status bootloadernya dalam kondisi terbuka atau mungkin dengan kata lainnya istilahnya ialah unlock boot loader (UBL), bila status bootloadernya masih tetap terkunci (lock bootloader), karena itu Sistem akan tidak dapat dimodifikasi.

Cara Cek Status Unlock Bootloader di HP Xiaomi tanpa PC


Cara Cek Status Unlock Bootloader di HP Xiaomi tanpa PC

Untuk tahu status bootloader ponsel xiaomi apa dalam kondisi masih tetap terkunci atau dalam kondisi terbuka sebetulnya sangat gampang, dapat memakai PC atau tanpa PC.

Akan tetapi Untuk xiaomi dengan vs MIUI 8 atau 9, status bootloader bisa cek dengan cara langsung cek di HP tanpa harus memakai PC.

Beberapa langkah untuk mengecek status bootloader di ponsel xiaomi ialah seperti berikut:

1. Aktifkan Menu developer option

Untuk lihat status bootloader di ponsel xiaomi kita dapat memandangnya di menu developer option, tetapi sayangnya Menu developer option dengan bawaan memang dalam kondisi tersembunyi.

Oleh karenanya kita mesti mengaktifkannya terlebih dulu supaya menu developer option atau pilihan pengembang muncul.

Cara untuk aktifkan menu developer di ponsel xiaomi sebetulnya begitu gampang jalannya ialah seperti berikut:

  • Masuk ke menu settings/ setelan
  • Pilih menu about phone / mengenai ponsel
  • Pada halaman about phone / tentang , click dengan berulang pilihan MIUI Version sampai muncul "info anda telah jadi pengembang".

Jika kurang jelas kalian bisa baca ini : Cara Mengaktifkan Developer Option Xiaomi


2. Buka menu developer option

Bila menu developer option telah diaktifkan, karena itu untuk memandangnya silakan masuk ke menu settings / setelan > additional settings... / setelan tambahan... pada halaman setelan tambahan sobat akan lihat menu baru dengan nama developer Options / Opsi Pengembang


3. Cek Status Bootloader

Untuk mengecheck status bootloader ponsel xiaomi silakan sobat membuka menu developer option settings > additional settings...> Developer options

Pada halaman deeloper options silakan mencari dan click pada pilihan Status Mi Unlock / MI Bootloader status,

Bila sobat lihat penampilan seperti gambar berikut ini itu berarti status bootloader ponsel xiaomi sobat masih dalam keadaan locked atau terkunci.

Status Lock Bootloader di HP Xiaomi

Akan tetapi bila lihat gambar berikut ini itu berarti status bootloader hp xiaomi sobat telah unlock (ubl)

Status Unlock Bootloader hp Xiaomi

Bila status ootloader ponsel xiaomi sobat telah unlock bootloader (ubl), itu berarti sobat dapat melakukan modifikasi Sistem Operasi xiaomi sobat, seperti ganti rom, twrp serta modifikasi Sistem yang lain.

Bagusan manakah Unlock bootloader atau Lock bootloader ?

Tergantung kepentingan, buat sobat yang ingin melakukan modifikasi Sistem xiaomi tentu saja akan pilih unlock bootloader, meskipun akan kehilangan garansi, akan tetapi buat sobat pemakai murni yang cuma memakai ponsel saja tidak lebih, lebih baik lock bootloader, supaya ponsel tidak gampang terinveksi perangkat lunak atau aplikasi android yang beresiko serta Sistem masih original.

IMungkin itu artikel simpel tentang Cara Cek Status Unlock Bootloader di HP Xiaomi tanpa PC (UBL) ponsel xiaomi tanpa PC, mudah-mudahan berguna.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Status Unlock Bootloader di HP Xiaomi tanpa PC"