Baca Juga:

Tikusliar.com - Tahun 2017 sudah hampir berjalan lebih dari satu semester dan akan segera berakhir.

Lalu, apakah pencapaian karir kita di tahun ini sudah lebih baik ketimbang tahun 2016 yang lalu?
Bila masih dirasa belum, kira-kira apa yang ingin dilakukan?

Apakah ingin berganti karir di akhir tahun ini?


Pertanyaan semacam itu pasti sudah sangat biasa terlintas di kepala, apalagi untuk kita yang memang merasa bahwa pencapaian karir kita masih stagnan dan belum memuaskan.

Tak usah kuatir apalagi sampai berputus asa. Pasalnya, untuk tahun 2018 ini disinyalir terdapat banyak sekali tipe industri baru yang berkembang dan menyerap tenaga kerja.

Tak kurang hingga angka 10.000 an orang. Industri-industri ini, diperkirakan masih terus berkembang seiring waktu. Tentu yang semacam ini adalah peluang tersendiri.

Berikut ini, ada ulasan yang bertujuan memberikan informasi tentang pilihan industri terbaik bagi para pencari kesempatan kerja baru.



Untuk Yang Ingin Hijrah Kerja, Atau Baru Memasuki Dunia Kerja, 5 Industri Ini Ditengarai Sebagai Pilihan Terbaik Lapangan Kerja Tahun Ini


Tak melulu di bidang manufakturing, saat ini pergeseran trend dunia industri berkembang seiring kebutuhan manusia.

Saat berbicara tentang industri, tak melulu berbicara tentang sebuah manufaktur besar dimana karyawan bekerja menghadapi mesin-mesin untuk melakukan perakitan barang setengah jadi menjadi barang jadi.

Bagi Anda yang ingin bekerja di industri kreatif di Indonesia, beberapa pilihan berikut ini bisa jadi solusi tempat berkarya yang menarik dan diprediksi akan terus bertumbuh dengan pesat untu kedepannya:


1. Industri Kreatif online berbasis IT

Tak bisa diremehkan, sektor yang berkait dengan kreatifitas ini telah memberikan sumbangsih untuk PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia sebesar hampir 642 triliun rupiah. Jumlah ini terhitung sejak akhir tahun 2016 silam hingga akhir kuartal pertama 2017. Angka ini sama dengan 7,05% dari total keseluruhan PDB Indonesia.

Ragam jenis industri kreatif yang sangat banyak, dan terus menerus berkembang seiring dengan kebutuhan manusia ditengarai jadi lahan subur bagi terbukanya lapangan kerja baru. 

Sektor terbesar industri kreatif antara lain : media dan pertelevisian, penerbitan, seni dan desain, fashion serta kuliner. 

Selain itu, sektor kerajinan atau kriya, periklanan, visual, sampai pengembangan aplikasi berbasis aneka sistem operasi baik untuk komputer terlebih telepon pintar juga game, semua masuk dalam sektor industri kreatif.


2. Kesehatan

Masuknya swasta sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan berimbas pada penyerapan lapangan kerja bagi tenaga kesehatan baik medis maupun non medis yang semakin tinggi. 

Pertumbuhan industri ini menjadi satu keniscayaan mengingat kebutuhan serta kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat yang masih akan terus meningkat dari tahun ke tahun. 

Yang paling jelas adalah semakin banyak beroperasinya rumah sakit swasta dari tahun ke tahun. 

Hal ini sebenarnya adalah sebuah peluang kerja bagi tenaga kesehatan nasional baik dokter, perawat, maupun tenaga pendukung kegiatan kesehatan non medis seperti misalnya tenaga administrasi rumah sakit dan lainnya.


3. Industri IT (Pengembang Peranti Lunak ) dan Jaringan Komputer

Kebutuhan akan tenaga IT profesional juga jadi salah satu industri yang cukup menjanjikan. 

Termasuk juga para ahli jaringan komputer yang mampu bekerja secara profesional sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Ini tentu adalah primadona baru, terlebih bagi mereka yang saat ini menempuh perkuliahan di jurusan teknik informatika. 

Ini karena kebutuhan tenaga IT diperkirakan masih akan terus tumbuh hingga 10 tahun mendatang.


4. Perhotelan dan Pariwisata

Bentuk industri berikutnya adalah pariwisata yang berimbas pada peningkatan pertumbuhan bisnis perhotelan. 

Setidaknya sampai tahun 2017 ini, 3900 unit kamar hotel baru telah dibangun di seluruh wilayah Indonesia, ini tentu yang termasuk dalam kategori hotel berbintang, belum termasuk pertumbuhan villa, motel dan penginapan. 

Jumlah ini berarti menunjukan adanya peningkatn sebesar 10,9% ketimbang tahun 2 tahun lalu.


5. Konstruksional atau Infrastruktur

Data dari KPPIP (Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas) menunjukan bahwa hingga tahun 2019 nanti terdapat setidaknya 30 an proyek infrastruktur pemerintah yang menjadi proyek utama dalam negeri. 

Diantaranya seperti, Inland Waterway/Cikarang-Bekasi-Laut (CBL), proyek kereta cepat Bandara Internasional Sukarno-Hatta, jalan tol Trans Sumatra sebanyak 8 ruas, yang tentu termasuk pemerataan pembangunan infrastruktur hingga ke daerah 3T (Terpencil, Terluar, dan Tertinggal).

Dari tahun 2012-2014 saja, tercatat setidaknya telah ada pertumbuhan sebesar 8%. Angka ini tentu masih akan terus bertumbuh dari tahun ke tahun, seiring kemauan pemerintah untuk mendorong percepatan pembangunan hingga ke pelosok Indonesia. 

Imbasnya, tentu saja semakin dibutuhkan tenaga pengembang serta insinyur teknik sipil profesional.

Kelima Industri ini adalah contoh paling mendasar dari jenis-jenis industri yang akan terus berkembang di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi serta kemauan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan pembangunan dalam negeri.


0 Response to "Pilihan Industri Untuk Bekerja di Tahun 2018 (Bisnis Online Berbasis IT Paling Menarik)"

Post a Comment