Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Negara Pembuat Smartphone Android Terbaik di Dunia

Tikusliar.com - Negara Pembuat Smartphone Android Terbaik - Berikut ini daftar negara pembuat smartphone terbaik di dunia. Perangkat mobile terus berkembang, baik dari sisi spesifikasi, desain serta fitur-fitur yang terdapat di dalamnya.

Dan sekarang pasar dipenuhi oleh berbagai merek dan ratusan jenis smartphone. Membuat anda semakin bingung ketika akan memilih smartphone baru, meskipun keragaman ini sebetulnya hal yang benar-benar baik.

Negara Pembuat Smartphone Android Terbaik di Dunia


6 Negara Pembuat Smartphone Android

Persaingan yang sangat ketat, membuat para pengembang smartphone atau sebutannya vendor yang berlomba-lomba menghadirkan inovasi dan teknologi terbaik.

Hampir tiap bulan bahkan setiap minggu, masih ada saja vendor yang merilis smartphone baru.

Pernahkah anda penasaran, apakah semudah itu dalam membuat smartphone?

Dan negara-negara pembuat smartphone tersebut berasal dari mana saja? 

Berikut terdapat 6 negara di dunia yang menjadi pembuat smartphone terbaik dan sangat besar.


1. China

Negara Pembuat Smartphone Android Terbaik di Dunia

Negara ini jelas menjadi salah satu negara pembuat smartphone terbesar dan terbaik, karena Tenaga kerja serta bahan baku yang sangat berlimpah di Negara ini bisa di dapatkan dengan harga murah, membuat tidak sedikit proyek manufaktur outsourcing.

Dari sekitar 15 bahan bumi yang sangat langka, 14 di antaranya dibutuhkan sebagai bahan untuk memproduksi smartphone.

China menghasilkan 95 persen bahan bumi yang langka, sebagai komparasi India yang hanya menghasilkan 2,5 persen serta Amerika Serikat yang hanya 13 persen. Negara China menjadi salah satu negara penghasil smartphone terbesar dan terbaik.

Di samping membuatkan smartphone guna vendor terkemuka seperti contohnya Apple, China pun mempunyai merek lokal yang sudah mendunia.

Sebut saja Huawei, Oppo, OnePlus, Xiaomi, Meizu, dan ZTE. Perusahaan China pun mencaplok sejumlah vendor besar, seperti contohnya Lenovo melakukan pembelian Motorola asal Amerika Serikat dan TCL melakukan pembelian Alcatel dari Perancis.


2. Jepang

Negara Pembuat Smartphone Android Terbaik di Dunia

Mungkin kini China nyaris punya segalanya, tapi kita tidak boleh melupakan Jepang. Banyak teknologi mutakhir yang berhasil diciptakan di Jepang.

Meskipun tidak sedikit perusahaan elektronik di Jepang yang terkesan rapuh atau loyo, tetapi Jepang masih mempunyai industri pengembangan teknologi serta manufaktur yang sangat kuat.

Produsen smartphone terbesar di Jepang ini ialah Sony, yang dikenal lewat lini Xperia-nya dan yang paling baru ialah Xperia X.

Negeri Sakura ini juga jelas masih masuk dalam daftar negara penghasil smartphone terbaik di dunia.


3. Korea Selatan

Negara Pembuat Smartphone Android Terbaik di Dunia

Apakah kamu tahu jika Korea Selatan juga pernah menjadi negara termiskin di dunia pada tahun 1960.

Tapi sekarang, Korea Selatan adalahsalah satu negara terkaya. Bahkan, bank dunia baru-baru ini mengatakan bahwa Korea Selatan masuk di urutan 14 sebagai negara dengan ekonomi sangat kuat di dunia.

Negara yang berada di benua Asia tepatnya bagian Timur ini, jelas menjadi salah satu Negara penghasil atau pembuat smartphone terbaik yang bisa berlomba dengan China dan Jepang, khususnya soal inovasi teknologi yang mereka miliki.

Kuncinya ialah keberhasilan Samsung yang sekarang menjadi raja para smartphone.

Meskipun untuk buatan Samsung pun mulai mengandalkan manufaktur outsourcing, lebih dari 50 persen buatan smartphone Samsung berada di Vietnam.

Tak hanya Samsung, LG pun adalah raksasa teknologi dan sampai saat ini masih menjadi rival Samsung yang patut diperhatikan.


4. India

Negara Pembuat Smartphone Android Terbaik di Dunia

Negara penghasil smartphone urutan selanjutnya ialah India. India sendiri ialah salah satu pasar smartphone terbesar, tidak sedikit vendor smartphone hnaya berfokus berjualan di Negeri Bollywood ini.

Beberapa tahun lalu, pemerintah India juga mulai inisiatif menggalakkan program Made In India, tidak cukup lebih seperti contohnya Tingkat Kandungan Dalam Negeri alias TKDN di Indonesia.

Tujuannya ialah mendorong bisnis nasional dan internasional guna memproduksi produk smartphone di India untuk menambah perekonomian negara melewati investasi asing secara langsung.

Hal ini pun menciptakan para vendor smartphoneharus mau tidak mau untuk membuka pabrik supaya bisa memasarkan produk smartphone-nya.

Beberapa vendor yang sudah serius mencakup Xiaomi, Huawei, serta Motorola/Lenovo. Karena inisiatif ini, diandalkan  bahwa India pun akan segera menjadi pusat kekuatan sebuah teknologi mobile yang berasal dari belahan dunia timur, bahkan mungkin bisa menyaingi Negara China.

Pada tahun 2015 saja, India sudah banyak menerima investasi asing dengan jumlah yang mengejutkan yaitu US$63 miliar.

Di samping produsen China tersebut, tidak sedikit merek teknologi terkemuka telah memindahkan produksinya di India.

Sementara Samsung sendiri sudah mempunyai 3 pabrik di India sejak tahun 2006 dan pabrik ketiga dimulai pada tahun lalu.

Baru-baru ini, LG pun telah mulai memproduksi sejumlah persediaan di India, meskipun sampai saat ini masih dalam jumlah yang terbatas.


5. Taiwan

Negara Pembuat Smartphone Android Terbaik di Dunia

Taiwan pun adalahsalah satu pusat sebuah teknologi dari Asia, yang merupakan sebuahtempat kelahiran brand  terkemuka yaitu seperti Acer, ASUS, dan HTC.

Yang lebih mengejutkan bahwa buatan smartphone HTC kebanyakan sering berada di Negara Taiwan serta hanya sebagian kecil yang berasa di India.

Tapi, HTC sepertinya sedang sibuk menyiapkan dua perlengkapan Nexus Google berikutnya, yang dinamakan  "Sailfish" dan "Marlin". Oh ya, ternya Nextbit Robin juga diproduksi di Negara Taiwan.


6. Kanada

Negara Pembuat Smartphone Android Terbaik di Dunia

Betul, di sinilah menjadi lokasi kelahiran BlackBerry yang dulu sangat familiar dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi di dalam smartphone-nya.

Walaupun saat ini suasana BlackBerry tidak sejaya seperti dulu, tapi mereka tetap terus berjuang. Baru-baru ini Blacberry mengenalkan smartphone Android kedua sesudah Priv, yaitu DTEK50.


Nah itulah daftar 6 negara pembuat ataupun penghasil smartphone terbaik di dunia. Semoga artikel saya yang sederhana ini bermanfaat

Posting Komentar untuk "6 Negara Pembuat Smartphone Android Terbaik di Dunia"