Artikel Tutorial

Cara Menggunakan Android untuk Remote TV

Tikusliar.com - Cara Menggunakan Android untuk Remote TV - Si robot hijau android diciptakan untuk memberikan segala kemudahaan bagi manusia. Tentu banyak diantara kalian yang setuju dengan ungkapan tersebut, bukan ?

Seiring dengan kemajuan teknologi, bahkan juga membuat fungsi android kini tak lagi hanya untuk alat komunikasi semata.

Menggunakan android, mulai dari hal kecil hingga kegiatan berat bisa kalian lakukan dengan ringan.

Seperti menjaga keamanan tempat pribadi kalian dengan memantau rekaman CCTV melalui android, hingga hal-hal sepele seperti menggunakan smartphone android untuk remote TV.

Remote TV memang hal kecil yang terkesan sepele, tapi siapa diantara kalian yang tak pernah mengalami kebingungan saat benda kecil ini hilang ? ada ?

pasti, tidak ada ! karena semua dari kita pasti pernah dibuat jengkel dengan hilangnya remote saat ingin menonton acara televisi kesayangan.

Nah, dengan tutorial di artikel terbaru Tikusliar kali ini, saya jamin kalian tidak akan dibuat repot lagi mencari remote tv yang nyelempit di suatu tempat.

Cara Menggunakan Android untuk Remote TV


Membuat Remote TV Menggunakan Android

Membuat remote TV dengan android sendiri sebenarnya bisa kalian dengan dua cara, yaitu dengan memanfaatkan fitur dari aplikasi bawaan ponsel android atau dengan menggunakan bantuaaplikasi pihak ketiga. n Berikut ini caranya !



1. Membuat Remote TV dari Android Menggunakan Aplikasi Bawaan

Salah satu pabrikan smartphone android yang melengkapi perangkatnya dengan aplikasi bawaan untuk bisa kalian manfaatkan sebagai pengganti remote tv dan produk-produk elektronik lainnya adalah beberapa samartphone android pabrikan Samsung.

Samsung melengkapi gadget android mereka dengan sebuah aplikasi yang mereka beri nama WatchOn. Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan para penggunanya melihata tayangan-tayangan televisi yang tersedia secara online.

Namun tak hanya itu saja, aplikasi WatchOn juga memiliki fitur Universal Remote Access. Dengan fitur tersebut kalian bisa meremote berbagai jenis dan merk peralatan elektronik, seperti Samsung, Sony, Sharp, LG, Toshiba, dll.

Untuk cara settingnya sendiri cukup simple. Simak baik-baik tutorial dibawah ini !
  • Buka Aplikasi WatchOn yang ada di android Samsung kalian.
  • Pada opsi select country and region, pilih negara tempat kalian tinggal.
  • Setelah itu, kalian harus memilih layanan TV Berlangganan/TV  berbayar yang kalian gunakan di rumah. Jika kalian tidak memakai TV Berbayar, klik saja di sembarang pilihan. Disarankan kalian memilih opsi Indovision saja. Setelah itu klik pada tombol Skip and Agree.
  • Selanjutnya, di tampilan antarmuka aplikasi tersebut akan muncul ikon remote, klik pada ikon tersebut. Klik Continue pada opsi selanjutnya untuk melanjutkan pengaturan.
  • Setelah kalian klik tombol continue, akan muncul menu pengaturan dimana kalian harus memilih merk TV yang kalian gunakan. Jika Merk TV dirumah kalian tidak ada dalam daftar, pilih pada opsi Show Other Brand.
  • Selanjutnya silahkan klik tombol power yang ada pada tampilan universal remote android kalian. Kalau TV berhasil menyala, klik pada opsi Yes, This Code One Work. Namun, jika tidak nyala tekan tombol power pada televisi kalian.
  • Lalu klik My TV. Terakhir klik DONE. Selesai
Pengaturan untuk sinkronisasi HP android dengan perangkat TV atau elektronik lainnya menggunakan aplikasi WatchOn ini hanya cukup kalian lakukan satu kali.

Untuk membuka akses remote TV kembali, cukup kalian buka aplikasi WatchOn lalu klik ikon remote yang tampak di pojok kanan atas aplikasi.


2. Membuat Remote TV dari Android Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Nah, opsi kedua ini bisa kalian lakukan jika ponsel android yang kalian miliki tidak dilengkapi dengan aplikasi bawaan yang mendukung fitur Universal Remote Access.

Kalian bisa memanfaatkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga yang tersedia gratis di Play Store, salah satunya adalah aplikasi IR Remote. Berikut ini caranya.
  • Pastikan kalian sudah download dan install aplikasi IR Remote di perangkat android kalian masing-masing. Lalu, jalankan aplikasi tersebut.
  • Setelah kalian membuka aplikasi IR Remote, maka akan muncul beberapa opsi yang harus kalian pilih. Klik saja pada opsi IR Database.
  • Setelah itu pilih merk TV yang kalian gunakan sesuai dengan daftar yang ada.
  • Akan muncul beberapa tab yang berfungsi sebagai remote virtual yang bisa kalian gunakan untuk mengakses TV dirumah kalian.
Nah, itulah tadi sedikit tips Menggunakan Android untuk Remote TV yang bisa kalian praktekan dirumah. Sekarang kalian tak perlu khawatir lagi, jika mungkin remote TV kalian dibawa kabur si Tikusliar yang nakal.

0 Response to "Cara Menggunakan Android untuk Remote TV"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel