Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Aman, Begini Cara Melihat Rekaman CCTV Menggunakan HP Android

Tikusliar.com - Agar Aman, Begini Cara Melihat Rekaman CCTV Menggunakan HP Android -  Smartphone android memang diciptakan untuk mempermudah seseorang dalam menyelesaikan pekerjaannya, terutama pada bidang komunikasi.

Tak hanya komunikasi dengan relasi bisnis, konsumen, hingga orang dekat atau keluarga saja. Bahkan, dengan menggunakan ponsel pintar android kalian juga bisa terus ‘berkomunikasi’ dengan perangkat elektronik milik kalian dari jarak jauh.

Contohnya adalah mengakses kamera CCTV yang terpasang di setiap sudut bangunan usaha ataupun rumah tempat tinggal kalian.

CCTV atau Closed Circuit Television sendiri adalah salah satu perangkat elektronik yang dilengkapi dengan kamera, dan memiliki fungsi utama sebagai penyambung mata kalian agar kalian dapat memantau situasi di sekitar CCTV itu dipasang dari kejauhan.

CCTV akan merekam segala aktivitas yang terjadi di sekelilingnya. Hebatnya lagi, dengan kemajuan teknologi dan bantuan ponsel android, kini kalian bisa memantau tangkapan kamera CCTV setiap saat dan dimanapun saja. Berikut ini cara melihat rekaman CCTV menggunakan android.

Cara Melihat Rekaman CCTV Menggunakan HP Android


Cara Melihat Rekaman CCTV Menggunakan HP Android

CCTV memang sangat berperan dalam menjaga keamanan suatu lokasi penting, seperti rumah, perkantoran, Bank, hingga sekolahan.

Kenyataannya CCTV sudah banyak membantu para penegak keadilan menangkap para pelaku kriminal yang melancarkan aksi merugikannya dari hasil tangkapan kamera CCTV.

Sayangnya, untuk memantau terus setiap momen yang terekam kalian harus membutuhkan perangkat besar seperti PC/Laptop, yang mana alat tersebut bukanlah type alat yang portable dan bisa dibawa kemana saja.

Nah, agar lebih efisien dan tak ribet, kalian bisa memanfaatkan ponsel berteknologi robot hijau milik kalian.

Namun, sebelum mengetahui cara mengkoneksikan android dengan CCTV, beberapa poin dibawah ini harus kalian siapkan terlebih dahulu :
  • Perangkat CCTV Online yang dilengkapi 
  • DVR (Device Video Recorder)
  • Modem/perangkat koneksi Internet
  • Akses Aplikasi
Setelah, semuanya telah siap kini kalian sudah bisa melakukan setting untuk menghubungkan kamera CCTV di rumah kalian dan HP android dengan bantuan koneksi internet yang lancar, tentunya.

Koneksi internet yang lancar juga sangat penting, agar tak ada kendala buffering saat kalian memantau keadaan rumah yang ditinggalkan melalui Android yang terhubung dengan kamera CCTV.

Untuk akses aplikasi biasanya sudah satu paket dalam sebuah CD dengan perangkat DVR yang kalian beli.

Tapi, jika tidak ada atau Cdnya hilang kalian bisa menggunakan aplikasi lain di Playstore, seperti contohnya adalah aplikasi IMSeye.

Langkah-langkah Menghubungkan CCTV dengan Android Menggunakan Aplikasi IMSeye
Simak beberapa poin dibawah, step by step meng-koneksikan kamera CCTV dengan device android kalian.


1. Download apliasi IMSeye

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan mendownload aplikasi IMSeye di playstore yang tersedia secara gratis. Setelah itu install pada perangkat android kalian.


2. Buat List Device CCTV DVR

Langkah penyetingan ini perlu kalian lakukan untuk menghubungkan antara DVR dengan apliakasi IMSye yang baru saja kalian install.

Buka aplikasi IMSeye. Akan muncul beberapa menu, pilih pada menu ‘Device List’, lalu tambahkan device DVR dengan menklik ikon ‘+’ yang ada di bagian pojok bawah tampilan aplikasi. Setelah itu akan muncul beberapa form yang harus kalian isi dengan data DVR CCTV kalian.


3. Isi settingan DVR

Pada form yang muncul, isikan sebagai data seperti ini :
  • Device Name : Isikan nama perangkat DVR CCTV kalian (terserah)
  • Connection Name : Pilih Address
  • Address : Masukkan IP perangkat DVR kalian, kalau IP DVR kalian dialihkan, melalui DDNS ganti IP Address dengan memasukkan address pengalihannya.
  • TCP Port : masukkan nomor ‘8080’, jika tidak bisa gunakan kode Port yang ada pada settingan DVR.
  • User & Password : Isi dengan username dan password yang sama dengan dengan yang ada di settingan DVR
  • Max Channel : jumlah layar yang akan ditampilkan. Masukkan sesuai dengan jumlah perangkat CCTV yang terpasang atau jumlah titik yang ingin kalian pantau.
  • Save
Nah, mudah bukan ? Dengan demikian kini kalian sudah tidak perlu lagi takut bepergian dan meninggalkan rumah kalian.

Karena jika kalian mempraktekkan tutorial yang ada pada artikel Cara Melihat Rekaman CCTV Menggunakan HP Android ini, sudah bisa dipastikan seluruh situasi rumah atau tempat yang kalian tinggalkan dapat terpantau setiap saat dan dimanapun kalian berada.

O,ya ! satu hal yang harus diingat, pastikan DVR yang ada di rumah serta hp android kalian memiliki koneksi internet yang lancar, ya ! Agar video rekaman tidak tersendat-sendat.

Posting Komentar untuk "Agar Aman, Begini Cara Melihat Rekaman CCTV Menggunakan HP Android"