Baca Juga:

Tikusliar.com - Desain iPhone X: Gadget inovatif yang Menyongsong Waktu Jauh Ke  Depan- iPhone X ini adalah iPhone yang sudah Anda tunggu tapi Anda mungkin harus menunggu sedikit lebih lama sebelum bisa mendapatkannya. 

Ketika chief executive Apple Tim Cook mengatakan bahwa iPhone X akan menjadi jalan bagi teknologi untuk dekade berikutnya, dia tidak bercanda.

Yang benar-benar membuat iPhone X merupakan lompatan terbesar untuk gadegt masa depan adalah apa yang ada di dalamnya banyak yang belum digunakan secara praktis. 

Tapi mari kita mulai dari awal. Inilah ulasan saya tentang iPhone X baru milik Apple.


Desain iPhone X

Seperti iPhone 8 dan 8 Plus, iPhone X memiliki panel kaca di bagian depan dan belakang, dengan bahan metal disekitarnya. 

Apple telah menggunakan stainless steel pada iPhone X, membuatnya terasa lebih ringan dari pada iPhone 8 yang berukuran sama, yang menggunakan aluminium.

Desain iPhone X: Gadget inovatif yang Menyongsong Waktu Jauh Ke  Depan

Kaca iPhone X ini paling tahan lama di smartphone, menurut Apple. IPhone X tahan terhadap air, dan debu, jadi tidak perlu panik jika menjatuhkannya ke wastafel atau di toilet.

Tombol beranda dan pembaca sidik jari Touch ID telah digeser ke bawah layar, memungkinkan layar meluas sampai ujung tepi perangkat. 

Tombol power dan volume berada di tempat yang sama seperti sebelumnya, namun tombol power - yang sekarang dikenal hanya sebagai "tombol samping" - lebih memanjang daripada model sebelumnya.

Apple telah memperkenalkan berbagai fitur baru, misalnya saat menekan dan menahan tombol samping dan tombol volume atas bersama-sama akan mengambil screen shot. 

Anda dapat menggesek dari tepi bawah setiap saat untuk kembali ke posisi “home”, atau gesek ke bawah dari pojok kanan atas untuk membuka pusat kontrol. 

Menggesek dari tepi bawah dan kemudian berhenti akan masuk ke fitur pengalih aplikasi.

Fitur baru ini sedikit butuh penyesuaian diri, namun sebagian besar cukup intuitif. Dalam sehari menggunakan iPhone X, anda sudah akan terbiasa. 

Menariknya, gerakan ini mungkin terasa sangat asing bagi pengguna Android, karena mayoritas smartphone Android beroperasi tanpa tombol beranda.

Satu-satunya perubahan desain penting lainnya adalah kamera ganda di bagian belakang iPhone X, yang sekarang berada dalam konfigurasi vertikal dan bukan horizontal.

Tidak sepenuhnya jelas mengapa Apple telah membuat perubahan ini, namun tampaknya kedua lensa itu terpisah lebih jauh - mungkin membantu menciptakan efek kedalaman yang lebih realistis dalam mode potret.

Secara keseluruhan, iPhone X ini adalah ponsel yang sangat elegan dengan model desain praktis, ringan dan terasa hebat di tangan.


Tampilan iPhone X

Layar 5,8 inci tidak diragukan lagi membuat fitur iPhone X ini yang paling eye-catching, yang mengarah ke tepi perangkat, sementara di bagian atas layar yang menampung speaker sisi lubang telinga dan berbagai sensor untuk sistem kamera TrueDepth. .

Ini adalah iPhone pertama yang menampilkan layar OLED, yang lebih unggul dari display LED pada versi 8 dan 8 Plus karena daripada membutuhkan lampu latar, lampu ini memancarkan piksel individual bila diperlukan yang dapat otomatis menerjemahkan ke fitur warna hitam dan putih yang lebih terang, daya rendah konsumsi dan waktu respon yang lebih cepat.

Di bagian atas iPhone X ini, juga merupakan tampilan High Dynamic Range (HDR), yang berarti semua yang muncul di layar sangat tajam, dengan warna dan kontras yang luar biasa.

Sesuatu yang perlu dicatat di sini adalah bahwa, seperti smartphone Samsung terbaru, tampilan iPhone X memiliki rasio aspek non-konvensional. 

Dengan kata lain, ini lebih panjang dan lebih tipis dari sebagian besar konten yang akan Anda lihat di layar. 

Akibatnya, gambar dan video dipangkas untuk mengisi layar, atau "letterboxed", yang berarti bahwa bilah hitam akan muncul di kedua sisi gambar.

Fitur tampilan layar terasa kurang stylist, mengingat salah satu titik penjualan utama dari iPhone X adalah tampilannya, namun mode tampilan layar penuh hanya tersedia di beberapa aplikasi - sehingga misalnya fitur ini bisa bekerja di Netflix, namun tidak di BBC iPlayer.

Hal ini menjengkelkan, namun sebagian besar smartphone high-end yang dirilis tahun ini memiliki masalah yang sama, dan mengingat bahwa rasio aspek ini kini telah menjadi sesuatu yang wajar.


Kamera

Bagi siapa saja yang telah menggunakan kamera dual lens pada iPhone 7 Plus atau 8 Plus, tidak ada kejutan besar di sini, namun ini adalah pertama kalinya Apple meremas teknologi kamera top-end ke perangkat yang lebih kecil.

Kamera iPhone X terdiri dari satu lensa sudut lebar 12MP dan satu lensa telefoto 12MP, yang sekaligus memungkinkan fungsi zoom yang bisa membawa Anda lebih dekat ke subjek Anda, dan membantu menciptakan efek mendalam pada mode Portrait.

Apple telah menyertakan fitur yang berguna seperti stabilisasi gambar optik, yang membantu mengurangi kabur dalam cahaya rendah, dan prosesor sinyal gambar yang lebih baik, yang mendeteksi elemen dalam kondisi seperti orang, gerak, dan kondisi pencahayaan - untuk mengoptimalkan foto.

Modus potret adalah cara terbaik untuk membuat foto tampak lebih artistik, dengan menjaga subjek tetap fokus dan mengaburkan latar belakang, dan Apple telah memperkenalkan fitur baru yang disebut pencahayaan potret, yang memungkinkan Anda menambahkan bayangan mencolok dan efek sorotan.

Fitur pencahayaan potret masih dalam versi beta, dan dalam beberapa kasus tampilannya sedikit amatir, namun bila diaplikasikan pada foto yang tepat, bisa menciptakan efek yang benar-benar dramatis. 

Kamera smartphone ini saat ini adalah yang terbaik di dunia - jika Anda seseorang yang benar-benar penyuka fotografi, ada pilihan yang lebih banyak di luar sana - tapi ini pasti yang terbaik di iPhone.


0 Response to "Desain iPhone X - Gadget inovatif yang Menyongsong Waktu Jauh Ke Depan"

Post a Comment