Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gak Perlu Tekan Tombol ! Begini Cara Screenshot HP Xiaomi dengan Usapan Jari

Tikusliar.com - GakPerlu Tekan Tombol! Begini Cara Screenshot HP Xiaomi dengan Usapan Jari - Sebagai salah satu vendor gadget android paling laris dipasaran, Xiaomi ternyata belum puas dengan prestasi yang telah diraihnya.

Pabrikan gadget asal negeri Tiongkok ini, bahkan terus berusaha menciptakan inovasi-inovasi baru pada smartphone buatannya, demi memberi pengalaman istimewa untuk para pengguna setianya.

Peningkatan performa yang dibuat oleh Xiaomi ini akan banyak kita jumpai di setiap produk mereka yang menggunakan default launcher MIUI.

Salah satu upgrade yang menjadi pusat perhatian karena keunikannya yaitu adanya fitur baru yang memudahkan para pengguna melakukan tangkapan layar pada gadget Xiaomi milik mereka tanpa harus menekan tombol, cukup dengan usapan jari saja.

Cara Screenshot HP Xiaomi dengan Usapan Jari

Seperti yang kita tahu, untuk menangkap layar atau screenshot di HP type-type Xiaomi sebelumnya (seperti Redmi dan Mi Series), caranya tak jauh berbeda dengan teknik screenshot pada smartphone android merk lainnya, yakni dengan menekan tombol power + volume down.

Namun sekarang, teknik tersebut tak perlu lagi kalian lakukan. Ada cara yang lebih simple untuk memfoto layar gadget android Xiaomi kalian, yaitu dengan hanya mengusapkan tiga jari kalian secara bersamaan ke layar android.

Tapi, sebelumnya untuk mengaktifkan fitur tersebut kalian harus melakukan beberapa settingan. Berikut ini tutorial mengaktifkan fitur Screenshot HP Xiaomi dengan Usapan 3 Jari.


Cara Mengaktifkan Fitur Screenshot Usapan 3 Jari di HP Xiaomi 

  • Pertama kalian harus  melakukan pengaturan dengan mengakses menu setting pada gadget hp Xiaomi milik  kalian.
  • Klik pada opsi setelan tambahan, lalu pilih menu Screenshot. 
  • Akan muncul dua opsi settingan, yakni “suara screenshot” dan “Usap kebawah dengan 3 Jari untuk ambil Screenshot”. Aktifkan keduanya jika diperlukan, namun yang terpenting adalah pengaktifan fitur screenshot usap tiga jari.
  • Selesai. Hanya begitu yang perlu kalian lakukan untuk dapat memanfaatkan fitur tambahan dari Xiaomi ini. Coba kalian praktekkan, tempelkan tiga jari kalian pada layar smartphone lalu usapkan dari atas kebawah. Jika fitur telah aktif, tentu kalian akan bisa melakukan trik tangkap layar dengan usapan jari ini.
Yang perlu kalian tahu adalah fitur ini hanya bisa kalian gunakan jika ROM MIUI versi terbaru sudah terpasang di perangkat android Xiaomi kalian. Kalian harus meng-upgrade ROM MIUI kalian terlebih dahulu untuk dapat menggunakan fitur tersebut, serta fitur-fitur baru lainnya yang tak kalah unik dan menarik.


Untuk upgrade versi MIUI sendiri ada 3 teknik yang berbeda, salah satunya adalah melalui Update Sistem yang juga akan kita bahas di artikel kali ini.


Cara Upgrade MIUI Melalui Update Sistem

Cara upgrade MIUI kali ini bisa kalian lakukan langsung melalui ponsel Xiaomi. Namun, sebelumnya kalian perlu menyiapkan dulu ROM MIUI recovery dari device Xiaomi yang bisa kalian download gratis di situs resmi MIUI >> disini <<. Pastikan kalian memilih stable ROM dengan versi yang terbaru.
  • Setelah ROM siap. Copykan file ROM tersebut di bagian terluar dari memory external/internal (jangan dalam folder).
  • Buka aplikasi pembaharuan, lalu klik pada ikon titik tiga yang terdapat pada sisi pojok kanan atas.
  • Setelah muncul beberapa opsi, pilih “Choose update package”. Setelah itu pilih dimana kalian menyimpan file ROM.
  • Device android kalian akan otomatis restart/reboot beberapa saat setelah kalian memilih file ROM yang akan di proses. Tunggulah hingga proses upgrade selesai dengan sempurna. Letakkan saja perangkat Xiaomi kalian, karena jika proses sudah selesai gadget akan otomatis menyala dengan sendirinya dalam keadaan telah terupgrade.

Nah itulah tadi beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk dapat memanfaatkan fitur terbaru dari Xiaomi ini.

Di artikel Cara Screenshot HP Xiaomi dengan Usapan 3 Jari ini juga telah kita bahas cara melakukan upgrade ROM MIUI, karena jika ROM MIUI kalian belum terupgrade ke versi terbaru, seperti yang sudah kita bahas diatas, fitur screenshot ini tidak akan bisa kalian gunakan.

Posting Komentar untuk "Gak Perlu Tekan Tombol ! Begini Cara Screenshot HP Xiaomi dengan Usapan Jari"