Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Error pada Kamera untuk Android Samsung Galaxy All Series

Tikusliar.com - Cara Mengatasi Error pada Kamera untuk Android Samsung Galaxy All Series -Samsung adalah sebuah produsen alat teknologi yang sudah memiliki “nama” di seluruh dunia.

Semua hasil produksinya, termasuk smartphone diakui sebagai produk yang handal dan sangat laris dipasaran. Salah satu produk gadget pabrikan Samsung adalah Samsung Galaxy Series. Produk ini diebut-sebut yang paling laku keras diantara barang buatan Samsung lainnya.

Namun, meskipun demikian ada satu problem yang sering yang sering dialami oleh para pengguna, yakni sering munculnya “Peringatan : Kamera Gagal!” pada perangkat Samsung Galaxy ini.

Tentu hal tersebut menjadi masalah yang sangat mengganggu bagi pengguna, melihat peran fitur kamera yang sangat penting untuk menangkap momen-momen pribadi para usernya. Tap  jangan khawatir, berikut kami bagikan cara mengatasi “Kamera Gagal” di perangkat Samsung Galaxy.

Cara Mengatasi Error pada Kamera untuk Android Samsung Galaxy All Series

Langkah-langkah yang akan kita bahas kali ini sangat sederhana, mudah, dan sama sekali tidak akan menyita waktu kalian.

Yang perlu kalian perhatikan adalah syarat umum saat melakukan perbaikan smartphone, yaitu isi daya batrei hingga penuh serta cadangkan file penting untuk menghindari terhapusnya file tersebut tanpa sengaja. Jika sudah simak baik-baik tutorial dibawah ini !

Cara Mengatasi Error pada Kamera untuk Android Samsung Galxy S8/S8+

Samsung Galaxy S8 tak berbeda jauh dengan gadget keluaran Samsung sebelumnya, yakni Galaxy S7. Jadi kalian juga bisa menerapkan cara mengatasi kamera gagal perangkat Samsung Galaxy S7 untuk memperbaiki error kamera pada smartphone Galaxy S8 kalian. Kalau masih tetap bermasalah, coba cara mengatasi masalah tersebut, dengan langkah berikut ini :
  • Matikan perangkat Samsung Galaxy S8 kalian. Lalu masu ke safe mode. Caranya, tekan pada tombol power hingga keluar logo, setelah muncul logo Samsung segera tekan pada tombol volume sampai perangkat selesai restart. Perhatikan pada sudut kiri bagian bawah, disana akan muncul opsi safe mode. 
  • Kalau dengan menggunakan mode aman atau safe mode pada gadget kalian tidak ada masalah pada kamera, tandanya ada aplikasi yang bukan bawaan atau aplikasi pihak ketiga yang menjadi penyebab terjadinya error pada kamera. Hapus satu persatu sampai ketahuan aplikasi mana yang jadi biang keladinya. Mulai lah pada aplikasi yang baru saja terinstall.

Cara Memperbaiki Kesalahan Kamera untuk Perangkat Samsung Galaxy S7

  • Restart Samsung Galaxy S7 kalian
  • Kalau masih terjadi, bersihkan file sampah dan cache di perangkat kalian, caranya : buka menu Setting >> pilih opsi Applications >> Application Manager >> Camera App, Lalu klik pada opsi Force Stop. Masuk ke menu storage, lakukan clear data & cache
  • Masih tidak berhasil ? coba hapus partisi cache, dengan cara : matikan perangkat >> klik dan tahan power + home + volume up secara bersamaan, hingga logo muncul. Kalian akan masuk ke mode recovery. Pilih opsi Wipe Cache Partition. Selesai, boot ulang gadget kalian.


Cara Memperbaiki Kesalahan Kamera untuk Perangkat Samsung Galaxy S6/S5/S3/S4

  • Langkah pertama, masuklah ke safe mode. Jika dalam safe mode kamera kalian tidak mengalami kegagalan berarti tak ada kerusakan pada firmware atau perangkat keras kamera. Lakukan beberapa langkah yang sudah disebutkan diatas. 
  • Jika semua setep sudah dilakukan, namun belum ada perbaikan, jangan buru-buru pergi ke penjual HP Second. Coba dulu untuk melakukan HARD Reset perangkat Samsung Galaxy kalian. Namun, sebelum melakukannya pastikan dahulu semua file penting telah terbackup semuanya.


Semua Cara Memperbaiki Kesalahan Kamera untuk Perangkat Samsung Galaxy Series Tidak Berhasil

Jika semua cara memperbaiki kamera gagal pada perangkat Samsung Galaxy diatas mulai dari safe mode hingga reset pabrik tidak berhasil, langkah terakhir yang bisa kalian lakukan adalah mencari aplikasi pihak ketiga di Google PlayStore.

Disana terdapat banyak sekali aplikasi kamera yang bisa kalian gunakan sebagai pengganti aplikasi bawaan yang tidak bisa digunakan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Error pada Kamera untuk Android Samsung Galaxy All Series"