Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(Tutorial) Cara Share Printer Windows 7

Tikusliar.com - Cara Share Printer Windows 7 - Pekerjaan di kantor harus selalu menggunakan komputer dan printer, untuk menghemat biaya, maka orang akan menggunakan 1 printer dan menggunakannya untuk beberapa komputer lain.

Cara share printer di windows 7 akan sangat sulit bagi pengguna pemula yang belum tau apa-apa dan masih awam, maka dari itu disini saya akan membagika artikel tentang bagaimana cara share printer windows 7 dengan mudah?

Bagaimana Cara Share Printer di Windows 7?


Cara Share Printer Windows 7

1. Share Printer di Windows 7 Dengan Homegroup 

Cara Share Printer Windows 7

Ada banyak cara untuk mengakses fitur Homegroup di Windows 7, pertama yang harus kalian lakukan adalah masuk ke Control Panel lalu klik Select homegroup dan sharing options atau ketik Homegroup dikotak Pencarian Start Menu. Kemudian klik Select the Create a Homegroup.

Di halaman Creat Homegroup untuk memilih format file yang ingin kalian share dengan perangkat lain.

Setelah membuat Grup, kalia akan menerima kata sandi untuk mengakses komputer lain. Selanjutnya kembali ke jendela halaman Homegroup.

Komputer lain yang menggunakan OS Windows 7 dapat mengakses fitur Homegroup dan klik Select Join now untuk bergabung dengan Grup yang baru saja kalian buat. Masukkan kata kunci HomeGroup kalian. Bila password diterima, maka proses koneksi akan berjalan.

Jika kalian tidak ingin selalu menggunakan kata sandi, di Network and Sharing Center, di bawah opsi Advanced, pilih Matikan kata sandi yang dilindungi.

Selain itu, jika kalian ingin membuat Shortcuts untuk memudahkan akses ke file Homegroup dan sharing, folder. On Network lalu klik kanan pada ikon Homegroup dan seret keluar layar Desktop untuk menyelesaikannya lebih mudah bisa dengan klik kanan pilih sent to lalu pilih dekstop.

Untuk Share printer di Windows 7, saat membuat Grup, Anda pilih Printers. Saat mengakses Perangkat dan Printer di Start Menu Anda akan melihat ikon printer dan ditetapkan sebagai pilihan default jika diinginkan.


2. Share printer antara komputer di Windows 7 Homegroup yang sama

Cara Share Printer Windows 7

Cara Share printer:

Pada komputer yang memiliki steker printer langsung kalian ingin share, buka Adavnced Sharing Settings dan pastikan opsi File and Printer Sharing diaktifkan.

Selanjutnya, buka Perangkat dan Printer dari Start menu , klik kanan pada printer yang ingin kalian shaare, pilih Properties Printer.

Pada jendela Properties, klik tab Sharing. Klik Bagikan kotak centang printer ini dan beri nama. kalian bisa bisa mengganti namanya, tapi yang bagus dengan memberi nama pendek dan tidak mendapatkan ruang atas namanya.

Saat berada di komputer Windows 7 yang ingin kalian hubungkan, klik Start dan pilih Devices and Printers.

Pada Device and Printer, klik Add a printer. lalu pilih Tambah Network, Nirkabel atau printer Bluetooth. Tunggu sebentar hingga Windows menemukan printernya, lalu klik Next, jika Printer telah berhasil ditambahkan, klik Next.

Nah, untuk sekarang kalian dapat Mencetak halaman percobaan untuk memastikan semuanya berjalan baik dan klik Finish.

Jika kalian ingin mengaturnya sebagai printer default, maka kalian harus kembali ke Devices and Printers, kemudian klik kanan pada printer dan pilih Set as default printer.

Jika cara diatas tidak berhasil, pastikan kalian telah memilih driver yang benar untuk printer kalian  kemudian coba lagi.

Jika kalian memiliki printer yang lebih tua, terkadang dibutuhkan sedikit bagian untuk membantu mengenali sistem printer ini, dan pastikan ada driver terbaru dari situs web produsen.

Jika printer terlalu tua dan kalian tidak dapat menemukan driver untuk bekerja dengan Windows 7, kalian mungkin perlu mempertimbangkan untuk membeli printer baru, hehe...

mungkin sampai disini dulu penjelasan saya tentang Bagaimana Cara Share Printer Windows 7, jika ada yang kurang jelas dan ada saran silahkan tulis komentar pada kolom komentar dibawah, semoga bermanfaat terima kasih.....

Posting Komentar untuk "(Tutorial) Cara Share Printer Windows 7"