Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengatasi Pesan "sayangnya, Proses com.android systemui telah berhenti"

Tikusliar.com - Cara Mudah Mengatasi Pesan yang muncul pada android "sayangnya proses com.android system ui telah berhenti" - Sistem UI adalah bagian penting dari Pengguna smartphone secara langsung Antarmuka Android dan tablet.

Sistem UI secara langsung berhubungan dengan antarmuka atau tampilan depan dari smartphone seperti wallpaper, tema, ikon, menu, dan banyak lagi.

Adakalanya sistem UI mengalami masalah, maka biasanya layar smartphone menjadi kosong dan blank. 

Dan tentu saja, pengguna juga menemukan kesulitan dalam menjalankan kegiatan multitasking yang ada.

cara-mudah-mengatasi-sayangnya-proses-com.android-systemui-telah-berhenti


Mengatasi Proses com.android.systemui Telah Berhenti 

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips untuk kalian semua tentang Cara Mengatasi "Sayangnya, Proses com.android.systemui Telah Berhenti" di HP Android. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, dan berhubungan langsung dengan sistem UI bisa dikatakan sulit - sulit mudah. 

Yang pasti setiap smartphone muncul dengan periode yang berbeda - beda, kadang-kadang dapat muncul dan kadang-kadang tidak muncul. 

Untuk lebih jelasnya, Kalian bisa memahami  lihat penjelasan Mengatasi Metode "sayangnya, Proses com.android.systemui Telah Berhenti" pada HP Android di bawah ini.


Metode 1: Hapus Data Cache Aplikasi Android

Untuk cara pertama kalian dapat mencoba untuk membersihkan file sampah yang ada pada sistem Android UI. 

Dengan cara ini kalian dapat lakukan jika kalian masih bisa masuk pada menu Pengaturan / Setting. 

Membersihkan file cache biasanya akan membuat aplikasi kembali normal dan kesalahan tidak terjadi lagi. 

Untuk membersihkan sistem cache file UI, silakan lihat langkah - langkah di bawah ini.

cara-mudah-mengatasi-sayangnya-proses-com.android-systemui-telah-berhenti

  • Buka Menu Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Aplikasi Manajemen » Semua » Cari "UI Sistem" » Lalu tekan" Clear Cache ".

CATATAN : Metode di atas yang telah saya lakukan pada smartphone dengan operasi Android sistem Lollipop v5.1.1. Jika kalian menggunakan sistem Smartphone yang berbeda, kalian dapat menyesuaikan metode kalian sendiri.


Metode 2: Factory Reset Android

Jika metode pertama tidak berhasil, maka cobalah cara kedua dengan cara Mengatur Ulang pabrik smartphone Android kalian atau factory Reset. 

Metode ini cukup berisiko, tapi banyak lebih baiknya jika kalian lakukan backup semua file / data yang kalian miliki, baik di internal atau kartu eksternal kedalam komputer atau penyimpanan eksternal lainya. 

Dan untuk melakukan reset pabrik, silakan lihat langkah - langkah di bawah ini.

cara-mudah-mengatasi-sayangnya-proses-com.android-systemui-telah-berhenti

  • Buka Menu Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Backup dan Reset » Lalu tekan" Hapus Aplikasi Data dan Aplikasi Bisa Uninstall ".

CATATAN : Metode di atas yang telah saya lakukan pada smartphone dengan operasi Android sistem Lollipop v5.1.1. Jika kalian menggunakan sistem Smartphone yang berbeda, kalian dapat menyesuaikan metode kalian sendiri.


Metode 3: Instal ulang Sistem

Metode ketiga yang dapat kalian lakukan adalah dengan menginstal ulang sistem Android atau yang lebih dikenal sebagai Flashing System Android. 

Untuk melakukan cara ini, kalian akan perlu untuk men-download ROM atau firmware sesuai dengan jenis Android yang kalian miliki. 

Untuk mendapatkannya, kalian dapat mencari langsung melalui pencarian Google dengan mengetik Firmware pada jenis Android HP kalian, karena setia merek,tipe berdeda-beda file dan caranya. 

Setelah kalian mendapatkannya, kalian dapat men-download dan menginstalnya melalui FiturRecovery firware Mode.


Metode 4: Bawa Ke Service Center

Jika kalian merasa bingung dalam menghadapi Phone Android kalian yang terus mendapat pesan yang muncul kesalahan kanal muncul sistem UI telah berhenti, maka solusinya adalah kalian bisa bawa  bawa ke service center terdekat di kota kalian. 

Serive Pusat akan membantu mengontrol gejala yang dilami pada Android kalian, bahkan jika perlu dalam sekejap, pusat layanan juga akan Flash langsung.

Dengan metode - metode di atas, mudah-mudahan UI sistem kalian di Android bisa normal kembali. 

Metode - Metode di atas Anda dapat melakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Lenovo, Asus Zenfone, HTC, LG, Motorola, Xiaomi, Samsung, Advan, Acer, Toshiba, Sony, Smartfren, LUNA, dan lain-lain. Khusus untuk metode factory reset, jika Anda tidak dapat melakukannya secara manual, maka kalian dapat mencoba reset pabrik melalui recovery mode.

Demikian lah ulasan singkat tentang Cara Mengatasi Android UI Sistem Telah Berhenti, Semmoga dapat membantu dan berguna buat kalian semua. 

Jika ada sesuatu yang ingin kalian tanyakan atau saran lainya, silahkan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. 

Terima kasih dan semoga sukses !!

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi Pesan "sayangnya, Proses com.android systemui telah berhenti""