Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(Tips) Cara Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri

Tikusliar.com - Solusi Mengatasi Layar Android Bergerak SendiriPengembangan smartphone per tahun meningkat sangat cepat, itu dikarena kan jumlah pengguna yang membeli smartphone semakain meningkat, selain smartphone canggih dapat digunakan untuk bekerja, membaca, menonton film dan sebagainya.

Jadi vendor smartphone yang berlomba-lomba untuk membuat smartphone besar dan disukai para pengguna.

Setiap smartphone pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk sebagian besar ponsel Android masalah umum adalah layar sentuh - nya bergerak sendiri tampa kita sentuh.

orang-orang menyebutnya sebagai Ghost Touch, dalam artikel ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi layar Android yang bergerak sendiri.

Cara Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Bergerak Sendiri

1. Reboot atau Restart Android Smartphone

Bagaimana Cara sederhana dan termudah untuk memperbaiki touchscreen Android yang bergerak sendiri yaitu dengan cara merestartnya, mengapa harus direstart? 

Karena ketika telepon di-restart, program yang berjalan akan dimatikan, sehingga ketika ponsel menyala kembali ketika ada aplikasi yang berjalan Layar Android bisa bergerak sendiri karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, sehingga membuat ponsel kehabisan RAM dan membuat kesalahan pada layar.


2. Charger Rusak

Cara mengatasi kesalahan ketika layar sentuh android bergerak sendiri pada saat Hp sedang dicas ketika Baterry habis sekali lalu dicas, tapi layarnya malah bergerak  sendiri. 

Awalnya saya bertanya-tanya mengapa layar dapat bergerak sendiri tanpa saya sentuhan, setelah saya cek dan saya mengganti charger itu tidak bergerak lagi. Jadi, ketika kalian mengalami masalah ini ketika HP kalian dicas saya sarankan untuk mengganti charger atau kabel data saja.


3. Touchscreen Rusak

Cara mengatasinya dengan layar sentuh untuk bergerak sendiri adalah kalian dapat mencoba untuk memeriksa pada layar sentuh. Layar kemungkinan terkena air yang masuk ke HP android kalian, atau kotor dibagian layar sentuh. 

Jadi saya merekomendasikkan kalian untuk memeriksa layar android kalian, jika mungkin terjadi kerusakan berarti kalian harus mengganti atau memperbaikinya di tukang sercive HP.


4. Baterai Ponsel Habis

Selanjutnya, untuk mengatasi Touch Ghost di Android adalah kalian harus mencari tahu penyebabnya pertama, yang saya alami ketika baterai di ponsel saya habis atau lemah pada waktu itu layar bergerak sendiri. 

Ketika saya membuka aplikasi malah keluar sendiri dan pergi ke aplikasi yanglain. Kemudian saya mencoba untuk mengecas HP saya. Akhirnya Layar di ponsel Android saya tidak bergerak sendiri lagi. 

Solusi untuk kalian ketika sesuatu seperti ini terjadi silahkan untuk mengisi ulang baterai Android kalian dan matikan HP kalian.


5. Pelindung Layar atau Screen Protector

Jika kalian menggunakan pelindung layar, dan telepon kalian mengalami Ghost Touch. Silahkan periksa itu bisa saja karena pelindung layar dikenakan kotor. Jadi kalian dapat mencoba untuk membersikannya.


6. Overheating

Pada dasarnya, ponsel Android memiliki batas penggunaan, jika kalian menggunakannya secara berlebihan dan terlalu panas atau panas yang berlebihan pada bagian-bagian mesin. 

Ini bisa menjadi penyebab layar Android kalian bisa bergerak sendiri. Untuk memperbaiki ini silahkan kalian aplikasi tutup atau paksa berhenti Aplikasi yang tidak digunakkan, atau dengan mematikkan telepon kemudian cabut baterai dan diamkan beberapa menit setelah itu hidupkan kembali.


7. Bugs pada ROM / Firmware

Ketika klaian mengalami masalah pada layar Android yang bergerak sendiri tanpa kalian menyentuhnya, mungkin karena bug di firmware, kalian dapat melakukkan meng-upgrade, atau bisa juga menggati Custom Rom Android Kalian.


8. Matikkan Angkatan GPU Rendering Option

Bagi sebagian orang sudah tahu apa itu mode pengembang, mode pengembang adalah mode tambahan yang berfungsi cukup banyak, mungkin kalian dapat mengaktifkan USB Debugging. 

Namun, jika kalian mengalami masalah pada layar ponsel kalian bergerak sendiri kalian dapat memasukkan dan melihat mode pengembang Angkatan GPU Rendering pilihan. Jika aktif silahkan kalian matikkan opsi tersebut.


9. Touch Screen Kalibrasi

Mungkin Cara ini sudah banyak dilakukakan oleh para pengguna karena cukup mudah, untuk mengatasi masalah Touch Ghost kalian  dapat mencoba cara ini. 

kalian dapat menggunakkan aplikasi tambahan aplikasi Kalibrasi Layar Sentuh di Google Play Store. kalian dapat men-download secara gratis.


10. Setel Ulang Pengaturan Pabrik atau Factory Reset

Terakhir, dengan cara mengembalikkan kepengaturan pabrik sehingga jadi seperti  kalian baru HP, caranya cukup mudah. 

kalian pergi ke Settings Backup setelan pabrik Tapi ingat jika kalian yakin ingin melakukkannya pastikan baterai HP android kalian sudah terisi penuh atau minimal 70% dan data yang ada di memori internal akan terhapus. Jadi pastikkan kalian untuk membackup nya terlebih dahulu.

Demikian sedikit ulasan yang dapat saya bagikan kalian tentang bagaimana cara mengatasi layar sentuh yang bergerak sendiri tanpa disentuh

Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu kalian semua. Jangan lupa untuk terus mengunjungi blog saya www.tikusliar.com karena banyak informasi yang saya akan bagikan. 
terima kasih.

Posting Komentar untuk "(Tips) Cara Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri"