Cara Menyimpan Status WA/ WhatsApp Story Teman Tanpa "Screenshot" atau Aplikasi tambahan

Tikusliar.com - Cara Menyimpan Status WA/ WhatsApp Story Teman Tanpa "Screenshot" atau Aplikasi tambahan - WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan populer milik Facebook yang ramai digunakan oleh pengguna ponsel. Di aplikasi tersebut terdapat fitur yang bernama " Status". Fitur ini memungkinkan penggunanya memajang foto, video pendek, dan GIF, sebagai status mereka, mirip Instagram Stories. Status WhatsApp sendiri, seperti Instagram Stories, bakal hilang dengan sendirinya dalam waktu 24 jam.

Cara Menyimpan Status WhatsApp Teman Tanpa Screenshot atau Aplikasi tambahan

Pengguna biasanya memanfaatkan fitur "screenshot" di ponsel untuk menyimpan status-status para kontak WhatsApp mereka agar tidak hilang.

Aplikasi-aplikasi pihak ketiga, seperti "Status Saver" juga bisa dipakai untuk keperluan ini. Nah, sebenarnya ada cara lain untuk menyimpan status-status WhatsApp tanpa melakukan screenshot ataupun menggunakan aplikasi lain. Simak langkah-langkahnya di bawah.

1. Pertama-tama, buka aplikasi file manager di ponsel Anda. Perlu dicatat, aplikasi file manager ini namanya mungkin berbeda-beda di beberapa merek ponsel.

Di ponsel merek Samsung, misalnya, aplikasi file manager diberi nama "My Files", sementara di ponsel merek Xiaomi aplikasi file manager bernama "File Manager".

Meski aplikasinya berbeda, langkah-langkah atau cara untuk menyimpan status WhatsApp ini bisa dibilang memang mirip antara satu aplikasi file manager dengan aplikasi serupa lainnya.

Di artikel ini, saya menggunakan aplikasi "My Files" lantaran ponsel yang digunakan bermerek Samsung.

2. Setelah membuka aplikasi file manager, langsung pergi ke menu pengaturan aplikasi tersebut. Di aplikasi "My Files", pengguna bisa mengakses menu pengaturan dengan meng-klik ikon "tiga titik" di kanan atas aplikasi kemudian pilih menu "Settings".

Cara Menyimpan Status WA/ WhatsApp Teman Tanpa "Screenshot" atau Aplikasi tambahan

3. Di halaman pengaturan, aktifkan opsi "Show hidden files". Dengan mengaktifkan opsi ini, seperti namanya, aplikasi "My Files" akan dapat menampilkan beberapa folder dan file yang tersembunyi di media penyimpanan internal.

4. Setelah mengaktifkan opsi "Show hidden files", kembali ke tampilan awal aplikasi file manager. Di sini, pilih menu "Internal Storage" yang berada di kolom "Phone".

5. Lalu, setelah meng-klik "Internal Storage", pengguna akan disodori tampilan daftar folder dan file yang ada di media penyimpanan internal. Gulir layar hingga ke bawah dan pilih folder "WhatsApp".

Cara Menyimpan Status WA/ WhatsApp Teman Tanpa "Screenshot" atau Aplikasi tambahan

6. Di folder "WhatsApp", pilih folder bernama "Media" kemudian pilih folder ".Statuses'. Nah, di folder inilah pengguna akan menemukan gambar atau video yang sumbernya dari status-status di aplikasi WhatsApp.  Perlu diingat, untuk memunculkan status (video atau foto) di folder ini, Anda sudah harus melihat status itu di aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.

Setelah status dilihat, foto atau video yang berada di status WhatsApp tadi akan secara otomatis muncul di folder ".Statuses".  Dengan kata lain, status-status WhatsApp yang belum dilihat tidak akan muncul di folder ini.

7. Setelah berada di dalam folder ".Statuses", pilih Status (foto atau video) yang ingin disimpan, lalu salin atau pindahkan file tersebut ke folder lain yang mudah diakses.

0 Response to "Cara Menyimpan Status WA/ WhatsApp Story Teman Tanpa "Screenshot" atau Aplikasi tambahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel