Dewa Naga
Tikusliar.com - Harus Tahu! 7+1 Aplikasi yang Wajib Dihapus dari Android Kalian – Semakin banyaknya para pengguna android, membuat para developer aplikasi pun terus menggenjot produksi aplikasi mereka.

Terlalu banyak varian aplikasi yang tersedia gratis di layanan seperti Play Store, menjadi penyebab bingungnya para pengguna untuk memilih aplikasi mana yang benar-benar efisien dan bermanfaat.

Aplikasi yang sebenarnya minim fungsi pun akhirnya juga banyak didownload oleh para pengguna android, hingga menumpuk di perangkat android dan mengakibatkan turunnya performa gadget mereka.

Perangkat smartphone yang memiliki keterbatasan jumlah maximal kapasitas penyimpanan dan baterai tentu akan bekerja sangat berat, jika dalam device tersebut berjalan berbagai macam aplikasi yang menguras kinerja smartphone.

Aplikasi yang Wajib Dihapus dari Android Kalian

Nah, karena hal tersebut para pengguna android termasuk kalian hendaknya lebih teliti lagi dalam memilih aplikasi mana yang benar-benar kalian butuhkan. 

Meskipun aplikasi tersebut tersedia secara Cuma-Cuma, bukan berarti kalian harus mendownloadnya semua.

Bahkan tak hanya aplikasi eksternal saja, terbukti bahwa beberapa aplikasi bawaan yang dihadirkan dalam sebuah produk smartphone android ternyata juga sangat tidak efisien untuk digunakan.

Untuk itu, tim Tikusliar kali ini akan membagikan satu tips yang mungkin bisa kalian jadikan panduan, aplikasi mana yang banyak manfaat dan aplikasi apa yang wajib kalian hapus di android, agar kinerja smartphone tidak terhambat.

Simak daftar berikut ini !


Aplikasi yang Wajib Dihapus dari Android Kalian

1. Facebook

Meskipun facebook kini telah menjadi dunia baru bagi kebanyakan para penggunanya, aplikasi dari perusahaan milik Mark Zuckerberg ini terbukti jadi salah satu penyebab menurunnya performa android.

Hal itu dikarenakan fitur notifikasi facebook yang akan terus berjalan meskipun aplikasi dalam kondisi tak terbuka. 

Notifikasi yang terus bekerja dan mengendap di tab pemberitahuan android ini akan memberatkan android kalian, karena sistem akan terus memproses datanya, walaupun kalian sedang tidak menjalankan aplikasi facebook.

Untuk itu, aplikasi satu ini menjadi daftar nomor satu yang wajib kalian hapus jika menginginkan kinerja android yang bagus. 

Kalau kalian adalah seorang pengguna aktif situs jejaring sosial ini, kalian bisa tetap membukanya melalui aplikasi browser seperti chrome, dll. Kecuali jika kalian tidak keberatan dengan kerja android kalian yang lemot.


2. Facebook Messenger

Ini masik satu komplotan dengan aplikasi diatas. FB Messenger akan menguras kapasitas baterai, PAM, memory, hingga kuota kalian, karena aplikasi ini tetap terus online meskipun sedang tidak digunakan.

Untuk apa kalian download aplikasi FB Messenger, jika di dalam situsnya sendiri sudah tersedia dengan fitur-fitur yang tak berbeda.

Sebagai alternatif aplikasi FB dan FB Messenger, seperti yang sudah dijelaskan diatas, kalian bisa menggunakan browser atau jika tidak download saja aplikasi Facebook Lite. Itu lebih efisien.


3. Aplikasi Cuaca

Aplikasi ini juga yang termasuk jadi biang keladi terkurasnya daya baterai pada smartphone android kalian. 

Apalagi jika kalian juga memasangkan widget aplikasi cuaca ini pada layar antar muka perangkat kalian.

Jangan khawatir, jika menghapus aplikasi ini kalian masih bisa memantau cuaca yang terjadi di daerah kalian dengan bantuan fitur Google Now yang bisa kalian akses setiap saat.


4. Path

Tak berbeda dengan Facebook, Path adalah salah satu jenis jejaring sosial yang mendunia. Bahkan Path juga menawarkan keamanan privasi yang lebih baik dibanding dengan media sosial lainnya.

Namun demikian, tidak ubahnya dengan aplikasi medsos lain, aplikasi Path juga menyebabkan penumpukan cache pada android yang cukup besar, bahkan bisa hingga mencapai ratusan MegaByte. 

Hal itu disebabkan karena para pengguna path yang aktivitas terbanyaknya adalah berupa foto dan video.

Bedanya, Path ini memang hanya bisa diakses memalui aplikasi, tidak bisa dengan bantuan browser. 

Jadi buat kalian yang merasa Path adalah aplikasi yang cukup penting, silahkan untuk tetap memasangnya. Namun jika tidak, lebih baik buang jauh-jauh aplikasi satu ini.


5. AntiVirus Gratis

Serangan berbagai jenis virus memang kerap kali dialami smartphone android. 

Tapi, dengan memasang antivirus dan aplikasi keamannan lain sebenarnya tak cukup berfungsi maksimal untuk menghalau virus yang akan masuk ke perangkat android. 

Bahkan justru keberadaan aplikasi antivirus justru akan menguras banyak energi smartphone kalian.

Solusinya adalah hapus antivirus, dan agar tak terkena gangguan virus jangan pernah kalian download aplikasi apapun selai dari situs resmi Google PlayStore.


6. Aplikasi Pembersih : Clean Mater,dkk

Aplikasi jenis ini memang benar bisa membantu kalian membersihkan file cache atau sejenisnya. 

Tapi, terlepas dari fungsi, aplikasi satu ini jika kita hitung-hitung justru malah makin memberatkan. 

Karena selain membuat boros daya baterai, aplikasi jenis ini juga menyisakan file sampah baru saat ia digunakan.


7. Browser Bawaan

Setiap kalian membeli HP baru, pasti dalamnya sudah terpasang aplikasi untuk kegiatan browser internet. 

Aplikasi ini sangat tidak layak untuk terus ada di android kalian, karena browser bawaan terbukti banyak memakan kuota internet dibanding dengan browser eksternal seperti Chrome atau OperaMini yang telah dilengkapi dengan fitur penghemat data.


BONUS

8. Aplikasi Bloadware

Selain aplikasi browser, perangkat android baru biasanya juga telah dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi lainnya, yang sering disebut dengan aplikasi “Bloadware”. 

Kenyataannya kebanyakan dari aplikasi-aplikasi tersebut justru tidak pernah digunakan oleh para pengguna dan termasuk salah satu kategori dari Aplikasi yang Wajib Dihapus dari Android Kalian. Ketimbang bikin sesak memori HP, lebih baik ya kalian tinggalin aja!

0 Response to "Harus Tahu! 7+1 Aplikasi yang Wajib Dihapus dari Android Kalian"

Post a Comment