Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(Tips) 6 Cara Menghemat Kuota Internet di Android dengan Mudah

Tikusliar.com - Cara Menghemat Kuota Internet di Android dengan Mudah - Dengan meningkatnya jumlah komunikasi yang dilakukan menggunakan ponsel android, paket kebutuhan data atau kuota internet yang lebih besar. Tapi perhatikan, jangan biarkan kebutuhan tersebut akan membuat kalian jadi boros.

Saat ini banyak penyedia layanan yang menawarkan paket kuota internet terbaik pada paket internet yang relatif murah baik yang Unlimited atau kuota. Keduanya memiliki batas penggunaan wajar yang sama.

(Tips) Cara Menghemat Kuota Internet di Android dengan Mudah
(Tips) Cara Menghemat Kuota Internet di Android dengan Mudah

Satu-satunya perbedaan adalah paket unlimited, kalian masih bisa mengakses internet sementara kecepatan yang sangat sangat lambat.

Sementara paket kuota, koneksi internet bisa langsung rusak dan jika diteruskan pulsa utama dapat digunakan juga ketika kuota habis.

Jika kalian memutuskan untuk membeli paket internet dengan harga murah, jangan lupa untuk menyiapkan obat sakit kepala karena kalian akan merasakan Jaringan internet yang super lambat.

Oleh karena itu, setiap paket yang kalian gunakan masih harus menabung untuk terhubung ke internet tetap halus dan tidak menguras dompet.


Cara Menghemat Kuota Internet di Android dengan Mudah

Alternatif yang paling penting dalam hal ini adalah tentu saja mencari atau menghubungkan HP kalian ke WiFi setiap kali ketika kalian berada di tempat yang menyediakan WiFi gratis dimanapun itu.

Jadi bagaimana jika ada solusi lain yang bisa menghemat penggunaan internet paket kalian yang bisa dilakukan dalam waktu kurang dari satu menit?

Ini lebih mudah dari pada tebakan kalian. Cukup ikuti enam langkah ini untuk Menghemat paket internet kalian.

Catatan: Penggunaan data internet dari masing-masing individu akan berbeda-beda, tapi saya sudah melakukan enam cara berikut langkah-langkah untuk Menghemat penggunaan paket internet saya, dan itu bekerja.

Jadi kalian Jangan ragu untuk melakukan tips berikut ini :


1. Gunakan Browser yang Ringan

Jika kalian ingin Internetan sebaiknya kalian memilih aplikasi untuk browsing ringan seperti Opera mini / UC Browser.

Browser tersebut merupakan aplikasi browser yang ringan, user friendly dan memiliki kompatibilitas dengan berbagai macam sistem operasi mobile.

Browser tidak segera menanggapi permintaan dalam aplikasi. Setiap permintaan akan melewati server pertama yang dikompresi sehingga ukuran file menjadi lebih kecil. Setelah itu dikirim ke perangkat mobile kalian.

Metode kompress merupakan cara untuk mempercepat transmisi data dan paket internet tentu akan menghemat Kuota Paket Internet yang kalian pakai .

Dari penggunaan data internet jauh berbeda jika dibandingkan dengan browser lain seperti chrome, firefox dan android bawaan browser default.


2. Minimalkan Penggunaan Situs Jejaring Sosial

(Tips) Cara Menghemat Kuota Internet di Android dengan Mudah
Meminimalkan aplikasi jaringan Sosial


Aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram cukup terkenal di kalangan pecinta Android.

Namun masalah aplikasi adalah salah satu kontributor terburuk tidak hanya untuk data konsumsi internet, tetapi juga untuk penggunaan RAM dan penipisan baterai.

Hal ini dapat mengurangi kinerja ponsel android kalian dan boros kuota paket data Internet. Jadi mengapa tidak menggantinya dengan sesuatu yang dapat menghemat penggunaan paket internet kalian?

Bayangkan ketika kalian membuka aplikasi Instagram, HP Android kalian akan memuat puluhan atau bahkan ratusan foto dan video, itu akan menguras Kuota data internet paket kalian.

Tak terkecuali juga Facebook. Ada banyak aplikasi Facebook alternatif, tapi aplikasi yang tidak jauh berbeda dengan versi resmi, yang bisa menguras penggunaan data sobat.

Bahkan Facebook Lite, yang mengklaim dapat mengurangi konsumsi data dengan 50 persen, mereka mengambil ratusan MB data dalam satu bulan.

Jadi mengapa tidak mencoba facebook melalui browser yang ringan? tidak hanya dapat menghemat penggunaan data kalian tetapi juga akan mempercepat kinerja Smatphone Android kalian.


3. Batasi Data Latar Belakang

Cara termudah untuk Menghemat Paket Kuota data Internet untuk membatasi data latar belakang.

Data latar belakang meskipun kami tidak menggunakannya bisa mengambil beberapa KB (Kilo byte) paket internet ini seperti sinkronisasi email, update pakan, widget cuaca dan banyak lagi.

Kalian dapat mengatur sistem Android untuk membatasi data latar belakang di Pengaturan> Penggunaan data> Batasi data latar belakang atau untuk aplikasi individu dalam pengaturan> Aplikasi (tergantung pada versi Android yang kalian miliki).

Kalian juga dapat mengubah pengaturan sinkronisasi untuk layanan Google

Setelan> Akun> Google> Pilih account dan kemudian memeriksa layanan tidak ingin kawin dengan sinkronisasi otomatis.


4. Nonaktifkan Auto-Update Aplikasi

(Tips) Cara Menghemat Kuota Internet di Android dengan Mudah
Menonaktifkan auto aplikasi pembaruan


Saluran lain Yang memakan Data Internet berasal dari pembaruan aplikasi google secara otomatis. Jika Aplikasi Google Play Store kalian disetting ke auto-update, ini bisa mengambil Kuota Paket data internet setiap bulan tanpa mengetahui kalian.

Untuk memeriksanya, pergi ke APlikasi Google Play Store Tap Settings dan di atas kalian akan melihat Auto-Update Apps. Tekan dan pastikan setting untuk '' Jangan memperbarui aplikasi secara otomatis '' atau melalui Wi-Fi.

Dengan ini kalian sudah Menghemat beberapa persen dari pengguna paket Kuota data Internet.


5. Cara Menonton Video Online

Menonton video di YouTube saat bepergian memang menyenangkan, tapi jangan heran jika ini membuat internet pasangannya kuota data yang cepat habis.

Streaming video adalah salah satu layanan yang membutuhkan data dalam jumlah besar.

Jika kalian ingin menghemat kuota data internet yang benar, kalian harus menghindari menonton streaming video menggunakan koneksi seluler.

Kalian dapat menonton video streaming atau mendownload diinginkan ketika terhubung ke WiFi gratis.

Jika kalian harus menonton melalui jaringan selular, bisa diakali dengan menurunkan kualitas video. Biasanya kualitas video di YouTube ada pilihan antara 270p ke 1080p.

Semakin rendah kualitas, ukuran data yang dibutuhkan per detik cenderung lebih kecil.

Atau, memanfaatkan fitur YouTube yang membuat pengguna bisa menonton video secara offline.

 Nah, dengan fitur ini, sobat bisa mendownload video YouTube yang kalian inginkan ketika ada koneksi WiFi, dan kemudian menonton mereka di lain waktu.

Tapi perlu dicatat bahwa tidak semua video dapat di-download untuk versi offline.


6. Matikan Data Internet Saat Tidak digunakan

Langkah cerdas berikutnya untuk Menghemat paket Kuota data internet adalah dengan mematikan jaringan data ketika tidak kalian gunakan lagi.

Misalnya di malam hari ketika kami sedang tidur. 

Karena kita tahu bahwa semua aplikasi yang diinstal akan mengambil data kita menggunakan internet meskipun jarang atau tidak kita menggunakannya sama sekali.

Untuk lebih lah baik instal aplikasi yang hanya diperlukan dan dapat Menghemat penggunaan Kuota Paket data internet oleh aplikasi yang tidak kalian pakai.

Bagaimana, jika kalian yang tertarik menggunakan tips di atas untuk mengatur penghematan penggunaan Kuota Paket data seluler?

Semoga Tips diatas tentang cara menghemat Kuota Data internet di Android berguna dan bermanfaan untuk kalian semua, Terimakasih

Posting Komentar untuk "(Tips) 6 Cara Menghemat Kuota Internet di Android dengan Mudah"