Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(Tips) Cara Mudah Mengatasi Sinyal Tiba-Tiba Hilang di HP Android

Tikusliar.com - Cara Mudah Mengatasi Sinyal Tiba-Tiba Hilang di HP Android - Mungkin masalah ini yang sering kalian alami pada android kalian, jadi sebaiknya kalian baca tutorialnya di bawah ini sampai habis, karena masalah ini datang tiba-tiba dan sangat tidak kita inginkan.

Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah beberapa faktor yang menyebabkan hilangnya sinyal berikut di bawah ini, sebelum kalian beralih ke langkah berikutnya:
  • Faktor Cuaca Yang Biasanya Karena Hujan Yang Membuat Sinyal Menjadi Lemah
  • Terjadi Kerusakan Pada Software Atau Hardware kalian
  • Ada Aplikasi Pihak Ketiga Yang Membuat Masalah
  • Sedang Dilakukanya Pemadaman Sinyal Oleh Operator
  • Sinyal Sedang Tidak Tersedia Di Daerah kalian
  • Hp kalian Error Yang Bisa Di Karenakan Terjatuh
  • Smartphone kalian Di Setting Ke Mode Hanya Menerima Jaringan 3g
  • Jaringan Sinyal Operator Naik Turun Atau Tidak Konsisten

Cara Mudah Mengatasi Sinyal Tiba-Tiba Hilang di HP Android

Cara Mudah Mengatasi Sinyal Tiba-Tiba Hilang di HP Android

Ok, jika masalah diatas tadi kalian telah pahami, dan ternyata bukan dari beberapa masalah di atas, yang harus kalian lakukan adalah melakukan langkah selanjutnya di bawah ini.

Jadi ponsel Android kalian tiba-tiba kehilangan sinyal bisa kembali seperti sebelumnya, silahkan simak beberapa tips dari saya untuk mengatasi sinyal yang tiba-tiba hilang pada android kalian.


1. Pertama Silahkan Masuk Ke Mode Penerbangan

Langkah pertama untuk mengatasi sinyal yang hilang di android adalah masuk ke mode penerbangan selama beberapa menit lalu off kan lagi mode pesawatnya, langkah ini bertujuan untuk me-restart smartphone kalian dalam penerimaan sinyal.


2. Periksa Kartu SIM

Coba matikan smartphone android kalian dan periksa apakah kartu SIM kalian terpasang dalam posisi yang benar, jika dimiringkan atau tidak sesuai dengan dudukannya bisa menjadi salah satu penyebabnya. 

Matikan juga smartphone selama beberapa detik dan lepaskan kartu SIM juga bisa untuk me-refresh jaringan.


3. Mengganti Mode Penerimaan Jaringan

Sebagian besar smartphone kini dilengkapi dengan 3 jenis sinyal termasuk 2G, 3G, dan 4G LTE yang sedang marak dan menyebar saat ini di indonesia. 

Sinyal 2G mampu bekerja pada frekuensi kekuatan sinyal (850/900/1800/1900 MHz), sedangkan sinyal 3G bekerja dengan kekuatan sinyal (900/2100 MHz) dan sinyal 4G LTE sendiri bekerja di atas 2100MHz.

Untuk mengubah pengaturannya, cukup masuk ke Settings => Wireless & Networks => Mobile Networks => Mode Jaringan dan sekarang kalian dapat melihat pengaturan penerimaan sinyal apakahWCDMA Only (HSDPA), GSM Only, Prefered 3G WCDMA atau Prefer 4G LTE.

Disini kalian harus memilih GSM only atau WCDMA yang dipilih hanya karena dimungkinkan di wilayah kalian WCDMA atau sinyal HSDPA dan sinyal 4G LTE belum mendukung jaringan tersebut.


4. Factory Reset

Jika kalian masih juga belum mendapatkan sinyal setelah melakukan 3 hal diatas maka Ini adalah langkah terakhir cara untuk mengatasi sinyal yang mendadak hilang di android seperti di atas tapi ini juga terdengar mengerikan bukan? 

Tapi ingat sebelum kalian akan melakukan Pengaturan pabrik atau Factory Reset kalian harus memback-up semua data yang ada pada andoid kalian dan jangan lupa untuk mempertimbangkan hal ini terlebih dahulu.

Jika kalian sudah yakin untuk melakukan Hard Reset, masuk ke Settings => Backup & Reset => Factory Data Reset

Tapi ingat, sebelum melakukan langkah ini alangkah baiknya bisa backup data kalian tersimpan di telepon, jadi hal-hal tidak terjadi pada keinginan

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kepada teman-teman tikusliar Tentang Beberapa Trik Cara Mudah Mengatasi Sinyal Tiba-Tiba Hilang di HP Android, semoga bermanfaatvterima kasih .....

Posting Komentar untuk "(Tips) Cara Mudah Mengatasi Sinyal Tiba-Tiba Hilang di HP Android"