Tikusliar.com - Kalian mungkin sekarang telah memperhatikan aplikasi pada ponsel smartphone android kalian, bila kalian pasang pada ponsel kalian, atau ketika mereka telah menerima update baru, maka mereka memerlukan izin tertentu agar berfungsi di ponsel smartphone android kalian

. Ada beberapa kemungkinan yang perlu memiliki akses ke kamera,lokasi,data internet,pembaca kartu kontak, mikrofon dan masih bayak lainya, sementara yang lain ingin mengirim pesan teks atau menyalin kontak (ini hanya beberapa izin yang ada).

yang harus  kalian lakukan, bagaimanapun memiliki kekuatan untuk memilih hak akses untuk memberi dan mengambil dalam rangka untuk agar lebih melindungi privasi kalian dan data.


Izin telah berubah sejak Android 6.0 Marshmallow


Berkat update Android Versi 6.0 atau disebut dengan Marshmallow, pengguna sekarang memiliki kontrol lebih besar atas pemberitahuan aplikasi, yang segera jelas ketika menggunakan aplikasi tertentu. Ambil WhatsApp misalnya, setelah update digulirkan, saya harus memberikan WhatsApp izin untuk mengakses mikrofon ketika saya mencoba untuk mengirim pesan suara.

(Tutorial) Cara Melihat dan mengelola izin Aplikasi di Android Marsmallow


Jika kalian melakukan dan memberikan jenis izin, kalian dapat membatalkan setiap saat.

Bagaimana cara melakukannya? Pergi ke pengaturan atas di ponsel kalian dan tekan Aplikasi. Selanjutnya, pilih hak akses dan mematikan beralih mikrofon. Sekarang bahwa kalian telah melakukan ini, Anda harus memberikan Whatsapp izin lagi lain kali Anda ingin mengirim pesan suara.


Manajemen Izin oleh Produsen Smartphone Android


Cukup untuk para pembuat HP Smartphone Android ada beberapa juga membawa fitur ini untuk antarmuka pengguna mereka. Misalnya, Huawei menawarkan fungsi yang sama dengan Mate 9, tetapi kembali-ke-depan, yang berarti bahwa alih-alih menyortir aplikasi, Anda menyortir izin. Hal ini memungkinkan kalian untuk melihat semua aplikasi dengan izin yang sama dalam satu gambaran yang jelas. Super bagus.

(Tutorial) Cara Melihat dan mengelola izin Aplikasi di Android Marsmallow


CyanogenMod Privacy Guard


CyanogenMod dan Firmwares pihak ketiga lainnya juga datang dengan Privacy Guard, yang ditemukan dalam pengaturan. Jika kalian kebetulan mendaftar ulang ROM kustom, kalian harus mengaktifkannya lagi. Ia bekerja pada sistem opt-in, sehingga kalian harus mengatur kotak centang untuk "default diaktifkan".

(Tutorial) Cara Melihat dan mengelola izin Aplikasi di Android Marsmallow


Privacy Guard Cyanogen


Mod ini jauh lebih cerdas diprogram jika dibandingkan dengan fungsi Android Marshmallow ini. Jika kalian ingin mencabut izin untuk sebuah aplikasi untuk memiliki akses ke daftar kontak kalian dengan menggunakan Privacy Guard, yang terakhir maka akan memberikan aplikasi daftar kosong sebagai lawan apa-apa.

Ini berarti bahwa ada pesan kesalahan dan sistem crash yang akan dihindari, dan aplikasi tetap fungsional. Selain itu, Privacy Guard Cyanogen ini bekerja dengan aplikasi dengan izin yang tidak dapat secara teratur berubah.

Apakah kalian sudah memperhatikan izin aplikasi kalian atau kalian memberikan mereka dengan bebas? Akan kalian memperhatikan lebih dekat di masa depan?

Semoga artikel ini dapat membantu sobat sekalian, apabila kurang jelas pada penjelasan saya silahkan berikan pertanyaan dikolom komentar, saya sangat senang bisa membantu sobat sekalian.

Terimakasih sudah mau mapir di blog saya, blog ini memiliki artikel yang ditulis hanya berdasarkan pada pengalaman si penulis.
Jika Artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke media sosial lewat tombol share dibawah ini :


0 Response to "(Tutorial) Cara Melihat dan mengelola izin Aplikasi di Android Marsmallow"

Post a Comment