Dewa Naga

Tikusliar.com - Sinyal 4G Hilang di HP Xiaomi, Begini Cara Mengatasinya – Kalian tak perlu khawatir dulu, apalagi sampai berniat untuk menjual HP Xiaomi kesayangan. Masalah hilanya sinyal 4g di HP Xiaomi memang kerap kali terjadi. 

Bukan karena gadget satu ini memiliki hardware atau komponen yang lemah. Tapi ternyata semuanya itu ada hubungannya dengan kebijakan pemerintah, lho ! kok bisa ? Simak baik-baik artikel Tikusliar kali ini.

Sejak tahun 2015 yang lalu, seiring dengan meningkatnya teknologi komunikasi dari era 3G ke era 4G, Pemerintah Indonesia membuat kebijakan yang terkandung dalam peraturan TKDN atau Tingkat Komponen Dasar Dalam Negeri untuk perdagangan perangkat smartphone 4G.

Singkatnya, aturan TKDN mengharuskan vendor gadget luar negeri yang ingin berjualan di pasar Indonesia, 30% dari komponen produknya baik hardware, software, maupun SDM harus berasal dari lokal atau komponen buatan Indonesia. 

Nah, karena aturan itulah banyak perusahaan gadget dari luar negeri harus menahan produk 4G mereka yang akan dijual, tak terkecuali dengan Xiaomi yang notabene adalah vendor asal negeri China. Bahkan tak sedikit pula yang memilih kabur dari pasar Indonesia.

Sinyal 4G Hilang di HP Xiaomi, Begini Cara Mengatasinya !

Jadi, jangan kaget jika tiba-tiba HP Xiaomi kalian hilang sinyal 4Gnya. Meskipun kalian telah menggunakan simcard 4G dan area tempat tinggal kalian sudah dalam covered area 4G, hal tersebut percuma saja, karena pihak Xiaomi sendiri yang telah membatasi penerapan hardware maupun software 4G pada produk mereka, bahkan pada beberapa device Xiaomi telah memblokir fitur pengaturan sinyal 4G.


Cara Mengatasi Sinyal 4G yang Hilang di HP Xiaomi

Banyak dari pengguna Xiaomi yang merasakan dampak pemblokiran sinyal 4G ini, diantaranya adalah para user perangkat Xiaomi Redmi 3 Pro, Xiaomi Not 3 Pro, Redmi 3, Mi4c, dan masih banyak lagi. 

Dan tak menutup kemungkinan produk-produk lainnya akan merasakan masalah yang sama.

Salah satu upaya untuk mengatasi sinyal 4G yang hilang di HP Xiaomi adalah melakukan downgrade ke versi sebelumnya, jika hilangnya sinyal terjadi setelah kalian melakukan update versi. 

Jika masih tetap tidak bisa, silahkan kalian coba beberapa tips dibawah ini untuk Mengatasi Sinyal 4G yang Hilang di HP Xiaomi.

1. Cara Pertama

  • Buka menu panggilan pada gadget Xiaomi kalian 
  • Tulis pada clipboard *#*#4636#*#* 
  • Pada opsi yang muncul, pilih Phone Information 1 
  • Tunggu hingga muncul opsi berikutnya. Pilih pada Set Prefeerd Network Type, danganti opsinya menjadi LTE Only. 

2. Cara Kedua

  • Jika kalian memiliki perangkat dual SIM, keluarkan SIM 2 dan hanya gunakan SIM 1 saja. SIM utama yang biasa kalian gunakan untuk data Internet. 
  • Masuk ke menu panggilan, lalu ketikkan kode USSD seperti diatas. 
  • Pilih opsi Phone Information 1, gunakan opsi CDMA Only. Maka beberapa saat kemudian jaringan akan hilang atau muncul notif ‘no seervice’ pada bagian sinyal. 
  • Masuklah ke menu setting, pada opsi Sim Card & Mobile Network pilih SIM 1. Pilih opsi Globalpada settingan Preferred Network. 
  • Biasanya, dengan cara demikian sinyal 4G akan kembali muncul di HP Xiaomi kalian. 
  • Jika ingin menggunakan SIM 2, masukkan SIM card, lalu ulangi mulai dari langkah kedua. 

3. Cara Ketiga

  • Akses ke menu setting pada gadget Xiaomi kalian. 
  • Pada menu Additional Setting pilih Locale atau lokasi 
  • Ganti lokasi yang semula Indonesia menjadi negara lain. Terserah kalian akan memilih negara mana, yang pasti saya sarankan untuk memilih negara yang berada di zona waktu GMT+7, agar nantinya tidak ada masalah pada pengaturan jam di smartphone android kalian. 

Nah, dari 3 tips atau cara diatas coba satu per satu untuk mengatasi sinyal 4G yang hilang pada HP Xiaomi kalian. 

Selain ketiga cara diatas masih banyak lagi alternatif langkah lainnya. Di artikel dan kesempatan berikutnya akan kami share kembali untuk kalian.

0 Response to "Sinyal 4G Hilang di HP Xiaomi, Begini Cara Mengatasinya !"

Post a Comment