Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Mudah Untuk Merawat Smartphone Android Agar Tidak Cepat Rusak

Tikusliar.com - 10 Tips Mudah Merawat Smartphone Android Agar dan Tidak Cepat rusak – Smartphone, seperti yang kita ketahui smartphone atau hp android adalah ponsel yang menggunakan sistem operasi sistem android yang merupakan produk dari google.

Ponsel jenis ini bisa dibilang yang terbaik dan paling populer di seluruh dunia jika dibandingkan dengan smatphone yang menggunakan operasi sistem lainya, karena selain menggunakan teknologi canggih harganya juga cukup trjangkau semua kalangan dari yang murah Rp.500.000 sampai yang mahal mulai dari 2jt sampai 6 Juta dan bahkan beberapa merek smartphone yang harganya 64 juta juga ada, sangat mahal banget

Tapi salah satu kelemahan dari tipe Ponsel smartphone ini yang mudah rusak, ada banyak faktor yang menyebabkan hp android cepat rusak namun semua faktor ini karena cara perawatan dan penggunanya, Penggunaan yang kotor dan salah.

Sebenarnya tidak semua smartphone hp android mudah rusak bahkan beberapa pengguna hp android ada yang bertahan 3 sampai 5 tahun lagi, karena mungkin cara pemakaiannya biasa dan tidak sembrono.

Tips Mudah Untuk Merawat Smartphone Android Agar Tidak Cepat Rusak


10 Tips dan Cara Mewarat Smartphone Android yang Baik

Jika Anda menyukai smartphone yang Anda gunakan mungkin karena harganya terlalu tinggi dan juga modelnya yang elegan, mungkin Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk merawat smartphone di bawah ini.

Metode dalam merawat hp Android yang baik dan benar ini berdasarkan pengalaman pribadi saya dengan menggunakan ponsel android saya Xiaomi Redmi 3 Pro yang sudah 1 tahun masih ada dalam cengkeraman saya.


1. Matikan Ponsel jika sedang tidak dipakai

Ponsel yang tidak di gunakan atau digunakan harus dimatikan hal ini dilakukan untuk mendinginkan komponen komponen listrik di smartphone terutama ram dan prosesor yang merupakan otak smartphone.

Logikanya saja, bayangkan jika kalian setiap harus bekerja tapi tanpa istirahat malamnya maka apa yang akan terjadi, pasti akan sakit bukan ? Begitu juga dengan smartphone kalian, android juga masih buatan manusia.


2. Restart ponsel minimal 2 kali sehari bagi Gamers

Restart setelah penggunaan penuh sangat dianjurkan tujuannya adalah me-refresh sistem operasi android agar bisa menjalankan setiap aplikasi secara lebih normal.

Tips ini sangat saya anjurkan bagi kalian yang merupakan para gamers android, kasian tu hp kalian gak pernah refresing, hehehe

namun jika smartphone kalian jarang digunakan saya sarankan untuk merestar dalam jangka waktu 2x Seminggu dengan pembagian waktu.


3. Lakukan scanning apabila ram penuh

Jika ponsel Anda menjalankan aplikasi yang berat, ini bisa menjadikan ram penuh untuk itu Anda perlu membersihkan ram penuh dengan pemindaiannya,

tapi sebelum Anda membersihkan ram, lepaskan aplikasi yang sedang berjalan dilakukan untuk menormalkan kondisi ram dan aplikasi Anda yang sedang menjalankan.

biasanya smartphone sekarang sudah memiliki aplikasi bawaanya tersendiri untuk membersihkan Ram Android, jika tidak ada kalian bisa download Clean Master untuk membersihkan Ram di google play store gratis.


4. Lakukan pembaharuan aplikasi

Memperbarui aplikasi bersifat wajib karena aplikasi selalu terbaru setiap saat, pembaruan biasanya diperbarui berdasarkan notifikasi pengembang setidaknya seminggu sekali.

Jika ingin hemat kuota karena selalu memperhatikan pembaruan aplikasi sebaiknya kalian perbarui aplikasi menggunakan paket malam.


5. Gunakan anti virus dan update secara rutin

Memasang dan menggunakan anti virus di smartphone sangat penting yaitu untuk menjaga agar smartphone tidak kemasukan virus, biasanya virus masuk dari internet, aplikasi dan file masuk dari bluetootan, namun untuk lebih meningkatkan anti virus harus diupdate 3 hari.


6. Buang aplikasi yang jarang dipakai

Bagi kebanyakan pengguna hp android, ada banyak aplikasi penting, tapi untuk hp android sendiri kebanyakan aplikasi bisa menyebabkan baterai boros dan hp jadi berat untuk itu langkah terbaik adalah dengan membuang beberapa aplikasi yang jarang kalian digunakan.


7. Gunakan anti gores untuk melindungi layar

Layar adalah bagian terpenting untuk tablet dan smartphone karena hampir 90% aktivitas sentuhan kita dilakukan di atas layar, karena melindungi layar dari goresan tangan, kita bisa menggunakan lapisan anti gores dengan membelinya di toko hp terdekat.

kalo saran saya sih gunakan Temperadglass yang lebih aman dari benturan juga, sekrang murah dan banyak tersedia dikonter-konter, hanya 30rb saja.


8. Selalu gunakan charger bawaan ponsel

Menggunakan charger built-in dari pabrik sangat disarankan karena asumsi daya listrik terhadap baterai telah disesuaikan dari pabrik secara langsung,

memang semua jenis pengisi daya sangat cocok untuk kebanyakan hp android namun menggunakan charger merk yang berbeda harus menimbulkan efek samping untuk Baterai itu sendiri. Jadi disarankan untuk menggunakan charger sesuai merk android hp anda.


9. Jangan terlalu sering bermain game

Smartphone atau hp android ini keren digunakan untuk bermain game karena selain layar grafis yang lebar juga bagus, di Indonesia sendiri hampir 70% pengguna menggunakan smartphone untuk bermain game, 

namun kebanyakan atau terlalu sering bermain game di android tidak bagus baik itu untuk kesehatan androidnya maupun untuk kesehatan penggunanta. Dan bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada Komponen seperti, ram, processor dan battery.


10. Bersihkan debu yang menempel

Membersihkan debu yang menempel pada smartphone Anda sangat penting bagi Anda karena debu merupakan penyakit utama pada komponen elektronik dan bisa menghambat kinerja smartphone.

bahkan debu juga membuat hp android cepat panas, bersihkan debu android kalian ya. Anda bisa menggunakan kaos mini maupun kuas dan cara mebersihkannya perhatikan sudut layar, speaker, slot usb dan baterai karena biasanya debu berasal dari sana.

Mungkin itu saja tips dari saya tentang Bagaimana Cara merawat Smartphone Android Agar tidak cepat rusak, jika kalian ada tips lain silahkan tulis pada kolom komentar dibawah, semoga tips ini bermanfaat terima kasih ....

2 komentar untuk "10 Tips Mudah Untuk Merawat Smartphone Android Agar Tidak Cepat Rusak"