Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(Tips) Kegunaan dan Keuntungan Read Mode untuk Kesehatan Mata pada Smartphone Android

Tikusliar.com - Smartphone Android, Tablet dan E-Book harus memiliki "Read Mode" otomatis yang bisa mengganggu tidur mereka, kata seorang dokter terkemuka.

Banyak sekali Smartphone Android Sekarang yang sudah memiliki Fitur Read Mode didalamnya, namun banyak pula penggunaya yang tidak mengetahui dan tidak begitu paham apa fungsi tersebut, apalagi dalam bidang kesehatan.

(Tips) Kegunaan dan Keuntungan Read Mode untuk Kesehatan Mata pada Smartphone Android
Read Mode Pada SMartphone Android Xiaomi

setelah saya cari-cari artikel yang berkaitan dengan kegunaan Read Mode untuk Kesehatan di Pencarian Google belum ada yang menjelakan dengan detail, maka dari itu saya coba untuk menuliskan dan mengulas sedikit tentang Read Mode pada Android Untuk Kesehatan Mata.


Penjelasan Dokter Mata Tentang Fungsi Read Mode

Prof Paul Gringras berpendapat pengaturan pada SMartphone Android harus menyaring cahaya biru yang menunda jam tubuh dan membuat orang terjaga kemudian ke dalam malam.

Dokter Anak , dari Rumah Sakit Evelina di London, mengatakan setiap model baru itu "lebih biru dan cerah".Dia mengatakan produsen harus menunjukkan lebih banyak "tanggung jawab".

Karena mendapat gelap di malam hari, tubuh mulai memproduksi hormon tidur melatonin - yang membantu orang tertidur.

panjang gelombang cahaya tertentu, orang-orang di akhir biru-hijau dari spektrum, bisa mengganggu sistem syaraf dari mata.

Prof Gringras adalah dari studi yang diterbitkan dalam Frontiers Kesehatan Masyarakat, dan menganalisis cahaya yang dipancarkan oleh perangkat.

Itu menyimpulkan ada kecenderungan yang jelas untuk perangkat Smartphone Android baru untuk menjadi lebih besar, lebih cerah, memiliki tingkat lebih tinggi dari kontras dan memancarkan cahaya biru lebih.

Profesor kedokteran anak-anak mengatakan kepada situs BBC News : "bahwa Itu sangat baik digunakan pada saat siang hari, namun tidak baik digunakan di malam hari.

"Ada konvergen data yang mengatakan jika kalian berada di depan salah satu perangkat ini pada malam-waktu bisa membuat kalian susah untuk tertidur dengan jam yang tepat."

Dia mengatakan beberapa aplikasi Mode-Tidur sudah dirancang untuk mengurangi emisi cahaya biru-hijau. Dan bahwa mode tidur secara otomatis bisa menyaring biru sebagai perangkat lunak seperti F.lux.

Dia mengatakan ada perlu "tanggung jawab lebih dari produsen" dan "utama adalah untuk mengotomatisasi itu".

Prof Gringras menambahkan: "Ini tidak cukup baik untuk mengatakan melakukan kurang dan menerima ini adalah kita hidup di dunia, mereka perangkat menyenangkan tapi kita memang membutuhkan perlindungan pada apa yang mereka lakukan pada malam hari."

Lalu apa hubunganya dengan "Read Mode" pada Smartphone, karena read mode pada smartphone mengeluarkan pancaran cahaya berwarna kuning yang dapat mengurangi ketajaman cahaya yang masuk pada retina mata.

Smartphone Android terbaru sekarang sudah banyak yang dibekali dengan Mode Read tersebut, seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo DLL, karena mereka juga memperhatikan kesehatan mata para konsumenya.


Kegunaan dan Keuntungan Menggunakan Fitur Read Mode

Apasih Fungsi dan Keuntungan Mode Read pada Smartphone ini ?

banyak sekali, apalagi untuk kesehatan mata kita. ketika kalian menggunakan read mode pada smartphone android kalian kalian akan merasakan kenyamanan yang lebih pada saat kalian membaca artikel maupun lainya pada smartphone kalian.

coba saja kalian bedakan rasanya, setelah kalian menggunakan mode read pada hp kalian selama 30 menit lalu kalian alihkan ke layar bisa tanpa read mode, pasti mata kalian akan terasa sakit dan perih.

itu karena pada mode read tidak memancarkan cahaya warna biru yang tajam.

saya sarankan ketika kalian akan membelikan  HP android untuk anak, Keponakan, saudara yang masih kecil, remaja maupun dewasa untuk memilih HP SMartphone Android yang memiliki fitu read mode didalamnya, itu semua demi kesehatan mata bagi para putra-putri bangsa kita karena mata merupakan salah satu alat Indra yang sangat penting bagi mahluk hidup.

Berikut ini saya rangkum beberapa Kegunaan dan keungtungan Read Mode untuk Kesehatan mata pada SMartphone Android :

Kegunaan "Read Mode" Pada Smartphone Android

  • Memberikan Cahaya stabil
  • Cahaya Baik digunakan untuk Membaca
  • Baik digunakan saat Siang Hari Maupun Malam Hari
  • Membuat Tulisan di HP lebih Tajam

Keuntungan Menggunakan Read Mode

  • Mengurangi Radiasi Cahaya yang masuk pada mata
  • Tidak Membuat Kita Susah tidur karena cahaya biru
  • Membuat kita lebih fokus saat membaca 
  • Lebih Menghemat Battery Smartphone Android 

Jaga Selalu Kesehatan Mata Kalian, karena jika rusak tidak ada yang jualan.

Jika kalian memiliki referensi yang lebih baik silahkan tinggalkan pada Kolom komentar dibawah ini.

6 komentar untuk "(Tips) Kegunaan dan Keuntungan Read Mode untuk Kesehatan Mata pada Smartphone Android"

  1. Tulisan yang bagus vroh. Ada penjelasan yang spesifik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan terima kasih, itu hanya sekilas saja penjelasan read mode
      artikel selanjutnya tentang read mode di android dan xiami akan segera tayang, hehe

      Hapus
  2. Terimakasih. Artikel yg Bagus. Tapi apakah read mode. Boleh digunakan selain untuk membaca?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih gan, boleh gan, untuk bermain game juga bagus, karena read mode ini digunakan untuk mata kita yg berlama-lama menatap layar hp android kita

      Hapus