Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waaww !!! Menjadi Juragan Kost di Dunia Maya ?

Tikusliar.com - Menjadi Juragan Kost di Dunia Maya - Jadi inget judul film beberapa tahun yang silam, yaitu Modi Juragan Kost. Kira-kira berapa sih modal yang anda perlukan untuk menjadi juragan kost? Dan berapa yang di dapatkan per bulan dari bisnis kost-kostan tersebut?

Jumlah pastinya diatas 1 milyar, tergantung besarnya kost yang anda inginkan..Jika di film tersebut, pastinya Modi dalam film tersebut tahulah. Tapi kita coba kira-kira ya.

Setahu saya saat ini kost mahasiwa di sekitaran jogja berkisar di angka 250.000 per bulan. Anggap saja sebuah kost bisa menampung sekitar 10 kamar, sehingga penghasilan juragan kost tsb sekitar 2.500.000 per bulan. Sedikit ya? Kurang lebih sekitar 2x lipat lebih sedikit dari UMR Jakarta saat ini.

Berapa investasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan income seperti diatas?

Dengan asumsi luas kamar per orang yang disewakan adalah 3x3=9 m2 brarti butuh ruangan sebesar 90m2, dengan asumsi butuh 3 kamar mandi seluas 2x2=4m2 dikalikan 3 kamar mandi yaitu 12 m2 brarti kebutuhan luas tanah yang dibutuhkan adalah sekitar 102 m2.

Berapa harga rumah untuk kost seperti itu?

Prediksi saya disekitar daerah kampus seperti jogja harga rumah seperti itu sekitar Rp.200 juta.

Menjadi Juragan Kost di Dunia Maya ?


Apa Sih Juragan Kost Dunia Maya ?

Apa yang dimaksud juragan kost di dunia maya? Yang dimaksudkan juragan kost disini adalah penyewaan server untuk menyimpan data internet bagi para pemilik domain. Dalam hal ini biasa disebut webhosting.

Prinsip kerjanya kurang lebih seperti ini. Para pemilik domain (website/situs) dalam menyimpan data mereka (dalam hal ini data yang diakses melalui internet) biasanya tidak dikelola sendiri.

Mereka menyewa suatu server untuk menyimpan data mereka. Bisnis penyewaan inilah yang dinamakan webhosting.

Bearapa kebutuhan untuk mengelola bisnis ini, dan berapa saja potensi income yang didapatkan?

Asumsi yang digunakan adalah bahwasanya penyedia webhosting ini mesti punya server dengan kapasitas excellent, Karena data yang tersimpan dalam server tersebut akan senantiasa bisa diakses 24 jam setiap harinya.

Kebutuhan server yang bagus tersebut meliputi kapasitas penyimpanan (biasanya dinyatakan dalam media penyimapan hardisk dengan satuan GB) dan kecepatan akses yang sangat dipengaruhi oleh processor yang ada di dalamnya.

Anggap saja harga kisaran computer server seperti diatas berkisar di range $5000-$10000 atau sekitar 50-100 juta, Idealnya server memiliki system operasi windows dan linux serta back up server untuk masing2.

Jadi setidaknya untuk 4 PC tsb anda membutuhkan dana sekitar Rp200 juta. Kurang lebih sama bukan dnegan menjadi juragan kost di dunia nyata?


Bagaimana dengan income ?

Tergantung member yang menjadi client anda. Darimana anda mendapatkan client? Bisa dari perusahaan, lembaga pemerintah/swasta, artis, dsb.Beberapa paket yang ditawarkan mulai dari Rp.5000/bulan sampai dengan jutaan per bulan.

Anggap saja dibuat rata-rata Rp.50rb. Dengan member yang terdaftar sebagai client anda sekitar 100 perusahaan, maka anda akan mendapatkan sekitar Rp.5jt per bulan.

Dibandingkan dengan juragan kost di dunia nyata secara income dengan kondisi diatas adalah 2 kali lipat.

Makin banyaknya pengguna internet di tanah air dan semakin mudahnya jaringan di dapat, bisnis ini seolah tidak akan ada matinya.

Hanya saja memang persaingan kedepan akan semakin pesat. Apalagi jika anda adalah pemula, lawan main anda adalah pemain besar dengan modal banyak dan punya jaringan infrasturktur yang lebih lengkap dan canggih.

Tinggal bagaimana anda memanfaatkan potensi yang anda miliki untuk berkolaborasi dengan pesaing besar tersebut.

Nah bagaimana dengan anda? Selamat berhitung!

Posting Komentar untuk "Waaww !!! Menjadi Juragan Kost di Dunia Maya ?"