Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Jual Android Kalian

Tikusliar.com – Hal IniHarus Dilakukan Sebelum Jual Android Kaliansalah satunya adalah dengan cara menghapus semua data yang ada di perangkat android kalian.

Cara satu ini yang paling banyak dilakukan oleh para pengguna android yang akan menjual android kesayangannya karena langkah yang cukup simpel, hanya dengan mengakses menu Factory data reset yang ada pada popsi pengaturan.

Cara diatas dianggap salah satu metode yang ampuh untuk menghilangkan seluruh data di perangkat.

Namun, apakah kalian tahu bahwa sebenarnya tidak semua data bisa terhapus dengan factory reset ?

Data yang telah tersimpan sebenarnya tidak benar-benar terhapus walaupun telah diatur kembali ke setelan pabrik.

Bahkan, jika ada orang yang ingin mengakses kembali data kalian tersebut, masih sangat bisa untuk dilakukan.

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Jual Android Kalian

Motif pencurian data seperti ini bahkan sudah banyak terjadi diluaran sana.

Alih-alih membeli gadget second dari penjual, beberapa pelaku kriminal justru menggunakan data pemilik sebelumnya yang telah berhasilkan dipulihkan untuk melancarkan aksi-aksi jahat mereka, seperti melakukan penipuan online, hacking, dll.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menghilangkan jejak data secara maksimal di HP android yang telah kalian jual atau telah berpindah tangan ?


Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Jual Android Kalian 

Untuk melakukan penghapusan data secara pasti dan benar-benar bersih tak tersisa, kalian bisa melakukan dua hal, yakni dengan cara membuat atau melakukan enkripsi data.

Kedua adalah dengan cara menimpa data yang telah dihapus dengan data baru.

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Jual Android Kalian


1. Melakukan Enkripsi Data

Enkripsi Data bisa kalian lakukan sebelum kalian menyetel ulang gadget android ke setelan pabrik (factory reset).

Dengan melakukan enckripsi data sebenarnya pihak yang ingin mengembalikan data kalian masih bisa melakukan aksinya, namun data yang telah berhasil dipulihkan tersebut tidak akan bisa dengan mudah mereka gunakan.

Sebab, data yang telah dienkipsi akan dibuat acak hingga tak mudah lagi untuk dibaca.

Caranya sendiri tidak terlalu sulit, kok. hanya perlu beberapa pengaturan saja yang harus kalian lakukan sebelum melakukan Factory Reset.

Pada android kalian, buka menu ‘setting’ atau ‘pengaturan’. Setelah masuk kedalam menu setting, carilah opsi ‘Security’ lalu klik pada opsi tersebut. Disana akan muncul beberapa pilihan, carilah tab ‘Encrypt phone’.

Untuk proses penenkripsian data sendiri akan berbeda-beda pada tiap perangkat yang kalian gunakan.

Setelah melalakukan pengaturan tersebut, tunggu beberapa saat hingga data kalian selesai di enkripsi.

Setelah proses selesai, barulah kalian bisa mengakses menu setting untuk factory reset android kalian.

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Jual Android Kalian


2. Menimpa Data Asli dengan Data Bayangan

Cara kedua yang terbukti paling ampuh untuk menghindari pencurian data setelah HP android dijual adalah dengan cara menimpa data lama dengan data sekunder, atau yang juga sering disebut data bayangan.

Menggunakan cara kesua ini kalian harus melakukan 2 kali proses reset pabrik. Awalnya, silahkan kalian lakukan factory reset pertama untuk menghilangkan data asli milik kalian. tunggu hingga proses selesai.

Setelah reset pabrik selesai dengan sempurna, isi kembali android kalian dengan data sekunder atau data bayang berupa berbagai macam file hingga dirasa memori android telah penuh.

Langkah selanjutnya, silahkan kalianm lakukan reset pabrik untuk kedua kalinya untuk menghapus data bayangan yang baru kalian isikan pada smartphone.

Dengan cari ini, jika tangan kedua yang membeli gadget kalian ingin mengetahui data yang tersimpan pada gadget android kalian mereka hanya akan bisa memulihkan data bayangan yang baru saja kalian isikan. Sedangkan data asli akan benar-benar hilang setelah tertimpa data sekunder.

Hal Ini Harus Dilakukan Sebelum Jual Android Kalian, jika tidak ingin datakalian digunakan oleh para pelaku kejahatan untuk aksi-aksi kriminal mereka

Posting Komentar untuk "2 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Jual Android Kalian "