Dewa Naga

Tikusliar.com - 5 Cara Menambah RAM Android Root dan Tanpa Root – RAM adalah salah satu komponen penting yang ada pada semua perangkat baik PC, LAPTOP, hingga Smartphone. Pada android sendiri, peran RAM juga sangat penting dalam menunjang kinerja si robot hijau.

Sobat Tikusliar yang budiman, mungkin sudah tak asing lagi bagi kalian pada kasus android yang lemot, seringkali RAM yang mendapat vonis sebagai tersangka. Ya, hal tersebut memang tidak salah ! meskipun tak selamanya benar.

RAM atau Random Access Memory memang memiliki tugas menjalankan aplikasi yang telah terlebih dahulu diolah dalam proses rendering dalam processor. RAM dan processor bagaikan dua striker yang saling bekerja sama mencetak gol.

Processor yang memproses data sebuah aplikasi sedangkan RAM yang menjalankan serta menampilkannya.

Dengan begitu kapasitas RAM yang tertanam pada ponsel android adalah salah satu hal penting dalam menentukan baik atau buruknya kinerja android kalian.

5 Cara Menambah RAM Android Root dan Tanpa Root

Cara Menambah Kapasitas RAM Android

Sering kali HP Android berkapasitas RAM yang besar dipatok dengan harga yang cukup mahal. Hal ini tentu juga menjadi satu masalah tersendiri bagi para pengguna android yang ingin membeli gadget android dengan spek RAM yang tinggi.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa mencoba salah satu alternatif untuk mensiasati malah dnroid lemot karena ram kecil dengan mempraktekan tutorial 5 Cara Menambah RAM Android Root dan Tanpa Root dari Tikusliar kali ini.

A. Android Root

1. Swapper For Root

Swapper adalah salah satu aplikasi gratis di Google PlayStore yang terbukti ampuh untuk meningkatkan/menambah kapasitas RAM pada ponsel android kalian yang sudah di root.

Aplikasi satu ini memanfaatkan perangkat memory external/Micro SD (min class 8) untuk menambah kapasitas RAM di android. Berikut ini cara penggunaannya :
  • Silahkan kalian download aplikasi Swapper di Play Store. Lalu install pada gadget android kalian.
  • Setelah install, buka aplikasinya. Pada menu yang tampil pilih opsi Swap on Boot. Isi kapasitas RAM yang diinginkanpada opsi Swapiness Value, menyesuaikan dengan kapasitas MicroSD kalian . Sedikit saran, menambahkan kapasitas RAM max 512mb sudah sangat cukup untuk meningkatkan kinerja perangkat android milik kalian.
  • Beri tanda centang pada opsi Enable Swap to Start Android. Lalu klik pada Create Swap. Tunggu aplikasi melakukan proses hingga selesai.

2. RAM Expander

Sama seperti aplikasi sebelumnya. RAM Expander juga memanfaatkan MicroSD untuk media peningkatan kapasitas RAM dengan menjadikannya sebagai virtual memory.

Sayangnya untuk menikmati fitur keren yang terbukti ampuh dari aplikasi satu ini,  kalian harus merogoh kocek sebesar Rp. 50.000,- .
  • Pastikan kalian sudah download dan install aplikasi RAM Expander.
  • Buka aplikasi nya, lalu pilih Sdcard direktori yang akan kalian gunakan sebagai virtual RAM.
  • Sesuaikan besaran kapasitas yang diinginkan, untuk lebih mudahnya klik pada opsi optimal value
  • Pada opsi swappiness masukan sesuai dengan tingkat swappiness perangkat kalian. Jika tidak tahu isi saja di kisaran 40-50.
  • Opsi Autorun bisa kalian gunakan untuk otomatis menjalankan aplikasi ini tanpa harus melakukan setting dari awal ketika setelah kalian restart gadget. Terakhir silahkan klik pada opsi Swap Activ.

B. Android Non Root

Jika diatas kita telah membahas 2 aplikasi penambah RAM untuk device android yang sudah di root, selanjutnya berikut ini aplikasi-aplikasi yang bisa kalian gunakan pada perangkat android yang belum di root.


3.  2GB RAM Booster

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, tanpa harus rot device dan size file aplikasi yang sangat kecil. Sangat efisien untuk membantu meningkatkan RAM android kalian.
  • Download dan Install aplikasinya
  • Buka aplikasi, tekan opsi boost yang tampil di layar antar muka aplikasi
  • Selesai. Mudah, bukan ?


4. Control Extreme Pro

Sama seperti aplikasi sebelumnya. Yang satu ini juga cukup mudah serta sangat simple.
  • Pastikan sudah download dan install
  • Jalankan aplikasi Extreme Pro, pada opsi RAM Booster pilih Boost RAM. Lalu klik Start.
  • Kalian juga bisa membuat settingan untuk otomatis mematikan aplikasi yang berjalan dibalik layar namun tidak kalian gunakan pada opsi Task Killer yang ada pada menu setting.

5. Smart Booster

Aplikasi satu ini sebenarnya hanya digunakan untuk menghandle aplikasi tidak penting yang berjalan pada system. Dengan demikian RAM akan lebih longgar, dan akan memperlancar kinerja android kalian.
  • Setelah download dan install aplikasi. Jalankan Smart booster.
  • Klik pada tab Start Now yang tampil pada layar home aplikasi.
  • Akses menu setting lalu pilih level booster yang kalian inginkan. Gunakan opsi Aggressive untuk hasil yang optimal.
  • Centang pada opsi Boost When Screen Off, serta setting Immediately pada opsi Delay to Boost When Screen Off.

Itulah tadi beberapa aplikasi dan Cara Menambah RAM Android Root dan Tanpa Root yang bisa kalian gunakan untuk meningkat kinerja smartphone android kalian. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

0 Response to "5 Cara Menambah RAM Android Root dan Tanpa Root"

Post a Comment