Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana (Tanpa BBM)

Tikusliar.com - Cara Membuat Pembangkit listrik Tanpa BBM - Listrik sudah menjadi kebutuhan pkok sehari - hari setiap manusia seperti contoh menonton tv, bermain laptop, menyalakan kipas angin, mencharger hp. 

Semua yang kita lakukan sehari - hari tidak bisa lepas dari energi listrik karena tanpa adanya energi listrik pasti semua aktifitas keseharian akan terganggu mulai dari pekerjaan, dirumah hingga penerangan akan sangat terganggu, oleh sebab itu listrik ini sangatlah penting bagi kehidupan manusia. 

Namun sebagian orang masih tergantung dengan PLN sebagai sumber energi listrik untuk kehidupan sehar- hari mereka.

Tidak wajar jika tarif listrik semakin hari semakin mahal dan tentu akan membuat pelanggan serperti anda mengeluh karena biaya listrik yang mahal

Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana

Hingga saat ini masih banyak orang di luar sana yang mencoba membuat energi listrik dengan idenya sendiri agar tidak perlu membayar tagihan listrik setiap bulan.

Mereka terus belomba - lomba agar bisa membuat alat yang dapat membuat energi listrik namun tidak mengeluarkan biaya yang sangat mahal, oleh sebab itu di artikel saya kali ini yang akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat pembangkit listrik sederhana praktis dan tentunya tanpa bbm sebab harga bbm sekarang juga sudah mulai naik

Sekarang kita mulai ketopik inti dari artikel tutorial dan tips ini


Cara Membuat Pembangkit Listrik Tanpa BBM

Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana

Di artikel ini saya akan memberikan cara bagaimana membuat pembangkit listrik sederhana tanpa bahan bakar atau bbm dari barang bekas atau barang yang tidak terpakai yang mudah kita temukan di sekitar lingkungan kita.

Untuk bahan dan alat yang perlu kita siapkan disini adalah sebagai berikut :

  1. Beterai sebanyak 1 buah
  2. Dinamo mainan anak sebanyak 2 buah
  3. Lampu LED 5 Volt sebanyak 1 buah
  4. Lem dan karet gelang secukupnya
  5. Kabel secukupnya
  6. Dan papan triplek seluas 15cm x 15cm

Silahkan siapkan beberapa alat dan bahan yang sudah saya tuliskan di atas, jika semua sudah anda siapkan kita sekarang menuju tahap berikutnya

Untuk cara membuat pembangkit listik tanpa bbm ini cukup mudah untuk di lakukan dirumah, hal yang harus di lakukan yang pertama adalah menyiapkan papan triplek seluas 15cm x 15cm sebagai wadah atau tempat kita menaruh dinamo, Kemudian anda persiapkan dua buah dinamo mainan anak tadi di mana dinamo yang satu sebagai penggerak dan dinamo yang kedua berfungsi sebagai penghasil tegangan listrik

Jika anda kesulitan mencari dinamo tersebut, anda bisa pergi ke tempat rongsokan ataupun toko elektronik yang banyak menyediakan dinamo.

Untuk dinamo penggerak anda bisa mengambilnya dari mobil bekas mainan tamiya atau penggerak kaset tape deck yang sudah tidak terpakai untuk nanti anda jadikan sebagai penghasil tegangan listrik.

Namun jika anda tidak mempunyai mainan bekas yang memiliki dinamo anda juga bisa pergi ke toko elektronik untuk membeli dinamo tersebut namun anda harus mengeluarkan modal.

Perlu anda ketahui khusus untuk dinamo yang penghasil tegangan listrik harus berukuran lebih besar daripada dinamo penggerak sebab dinamo pengahasil tegangan listrik ini nantinya akan menyuplai arus listrik ke bola lampu dan fungsi dinamo bergerak agar dinamo penghasil tegangan dapat berputar terus menerus.

Dinamo penghasil tengan listrik dan dinamo penggerak tadi kemudian anda tempelkan ke papan triplek namun di beri jarak sekitar 5cm dan rekatkan kedua dinamo tersebut pada triplek dengan menggunakan lem yang sudah di persiapkan.

Kemudian pasang karet gelang pada ujung dinamo tersebut, lalu ambil sebuah baterai yang memiliki daya 5 volt tadi sebagai energi penggerak utamanya setalah itu hubungkan kedua kutub negatif dan positif baterai tersebut pada kedua buah dinamo tadi.

Perlu di ingat hubungan antara baterai dan kedua dinamo ini hanya bersifat sementara karena energi baterai hanya sebagai energi pendorong kedua dinamo agar terus berputar

Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana

Setelah kedua dinamo tersebut terlihat bergerak atau berputar dengan cepat, segera putuskan arus listrik dar baterai yang mengalir ke duah buah dinamo tersebut maka akan dengan sendirinya kedua baterai tersebut akan bergerak berputar secara terus menurus.

Pada tahap ini silahkan hubungkan sebuah lampu led 5 Volt yang sudah anda persiapkan tadi pada dinamo penghasil tegangan dan lambu tersebut sudah pasti akan menyala karena ada energi listrik yang mengalir ke lampun led.

Fungsi baterai yang tadi sebagai pemberi tegangan utama ke dinamo penggerak kemudian untuk dinamo kedua akan berputar karena kedua dinamo sudah di kaitkan satu sama lain dengan karet gelang dan dinamo kedua tersebut secara otomatis akan menghasilkan tegangan listrik.

Listrik yang di hasilkan oleh dinamo kedua ini akan mengalir ke bola lampu serta mengalir ke dinamo penggerak dengan cara membagi aliran listrik menjadi dua ke arah lampu dan ke arah dinamo penggerak, maka dari itu baterai yang tadi sudah tidak terpakai karena hanya sebagai pendorong dinamo agar menghasilkan listrik sendiri

Silahkan mulai lakukan eksperimen dengan mengikuti tutorial cara membuat pembangkit listrik tanpa bbm ini, jangan takut untuk berkreasi karena suatu Penemuan tidak akan muncul kalo kita tidak kreatif. Terimakasih atas kunjungan

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana (Tanpa BBM)"