Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biar Makin Eksis, Ini Cara Membuat Video dan Foto 360 di Android Paling Mudah

Tikusliar.com - Biar Makin Eksis, Ini Cara Membuat Video dan Foto 360 di Android Paling Mudah - Video dan juga foto 360 memang sudah beberapa waktu yang lalu dirilis, dan sudah banyak bertebaran di internet khususnya situs media sosial. 

Namun, meskipun sudah sering melihat, Tikusliar yakin kalau banyak dari kalian belum tahu bagaimana cara membuatnya. 

Nah, ikutilah langkah-langkah di artikel kali ini untuk mendapatkan tutorial dan Cara Membuat Video dan Foto 360 di Android Paling Mudah

Apa Itu Foto/Video 360

Sebelum kita membuat video/foto 360, kita akan membahas sedit tentang apa itu video/foto 360.

Berbeda dengan video/foto pada umumnya, pada jenis karya visual kali ini kalian akan mendapatkan sensasi unik dengan keseluruhan sudut pandang yang bisa kalian lihat.

Biasanya sebuah video atau foto hanya akan menampilakan objek yang terekam dimana objek tersebut tepat berada di depan kamera atau tergantung pada objek yang direkam oleh si kameramen.

Tapi pada foto/video 360 kalian leluasa mengatur sudut pandang kalian sendiri, kalian bisa melihat bagian, atas, bawah, kiri, kanan, depan, belakang sesuai keinginan hanya dengan menggeser kearah manapun pada video/foto yang tampil di layar.

Cara Membuat Video dan Foto 360 di Android Paling Mudah


Cara Membuat Foto/Video 360 di Android

Untuk membuat karya visual dengan efek 360 derajat, sekarang kalian tak perlu lagi membeli/ menggunakan perangkat kamera yang canggih dan tentunya sangat mahal. 

Karena hanya dengan kamera HP android saja kalian juga bisa dengan mudah membuatnya.

Namun, sebelumnya pastikan kamera ponsel kalian memiliki spek yang bagus dan tingkat FPS yang juga cukup baik agar hasil foto/video yang kalian buat memuaskan.

Langsung saja, lanjut ke tutorialnya !


Membuat Video 360 dengan Aplikasi Google Cardboard Camera

Aplikasi satu ini adalah salah satu aplikasi resmi dari Google.Inc yang bisa kalian manfaatkan untuk membuat video 360.

Caranya sangat mudah, pastikan kalian sudah download aplikasi dari Play Store & install di ponsel android kalian masing-masing. 
  • Jalankan aplikasi Cradboard Camera yang sudah terinstall. Pilih pada tab berlogo kamera untuk memulai. 
  • Selanjutnya akan muncul antar muka kamera dari aplikasi tersebut. Di bagian bawah ada tiga buah tab. Tab pertama dengan tanda ‘dilang’ untuk menutup kamera setelah kalian selesai mengambil gambar. Tab kedua berbentuk lingkaran merah untuk mulai ‘merekam’, sedangkan tab terkahir untuk memilih mengaktifkan perekam suara atau tidak. 
  • Pilih pada lingkaran merah untuk memulai perekaman. Lalu akan muncul garis memanjang di layar kalian. Ikuti gerakan yang ada pada garis tersebut. Lakukan secara perlahan untuk hasil yang optimal. Jika kalianmenggerakkannya dengan terlalu cepat, pasti akan muncul notifikasi atau peringatan. Setelah selesai merekam klik pada logo ‘centang’.; 
  • Selesai. Untuk ,elihat hasil rekaman kalian, buka pada ikon berbentuk kacamata yang ada pada sudut kanan atas. 

Cara Buat Foto 360 dengan Aplikasi Panorama 360

  • Install aplikasi panorama 360 yang bisa kalian download gratis via GoPlay. 
  • Kalian akan diminta membuat akun baru saat pertama kali mengistall. 
  • Selesai membuat akun, pilih pada tab menu lalu klik opsi My Panorama 
  • Klik ikon kamera di pojok kanan bawah untuk memulai. Setelah itu kalian harus memilih salah satu dari 3 mode yang disediakan, yakni mode standart, manual, dan realtime. Agar lebih mudah dalam pembuatannya pilih saja mode realtime. Lalu klik Start. 
  • Ikuti arah navigasi untuk panduan mengambil gambar. Jika sudah selesai klik Done. 
  • Kalian bisa melihat hasil foto yang baru kalian buat atau langsung mempostingnya ke media sosial dari aplikasi tersebut. 
Nah, mudah bukan Cara Membuat Video dan Foto 360 di Android kali ini!! 

Jangan sampai kalian kalah eksis di media sosial, ayo buat video dan foto 360 menarik, lalu posting di akun sosmed kalian biar temen kalian ngiri.

Posting Komentar untuk "Biar Makin Eksis, Ini Cara Membuat Video dan Foto 360 di Android Paling Mudah "