Dewa Naga

Tikusliar.com - Cara Mengatasi Xiaomi MIUI 8 Lemot dan Sering Lag - Berbagai fitur menarik dan sangat memudahkan para pengguna Xiaomi memang banyak dirasakan pada upgrade terbaru MIUI versi 8.

Namun, dengan kelebihan-kelebihan fiturnya ternyata tak sedikit para pengguna yang merasa kalau perangkat Xiaomi milik mereka menjadi sedikit lamban disbanding dengan sebelumnya.

Untuk itulah Tikusliar kali ini akan berbagi sebuah artikel yang membahas tentang cara mengatasi Xiaomi MIUI 8 lemot dan sering lag.

Kelengkapan fitur yang terdapat pada gadget Xioami MIUI 8 memang terkadang menjadi penyebab overheat pada CPU yang terpasang pada smartphone tersebut.

Cara Mengatasi Xiaomi MIUI 8 Lemot dan Sering Lag

Karena panas berlebihan pada perangkat keras itulah yang menjadi penyebab smartphone Xiaomi MIUI 8 kalian lag hingga ngehang.

Secanggih apapun smartphone kalian, semahal apapun gadget kalian, kalau sering ngelag pasti kan membuat kalian kesal dan berfikir kalau ponsel kalian itu sudah rusak.


Cara Mengatasi Xiaomi MIUI 8 Lemot dan Sering Lag

Tapi, tunggu dulu ! Jangan terlalu cepat memvonis rusak hp Xiaomi kalian. Sebelum pergi ke tempat service HP, sebelum kalian jual Xiaomi MIUI 8 kalian, atau sebelum kalian banting HP pintar kalian itu, coba dulu beberapa tips dibawah ini untuk mengatasi Xiaomi MIUI 8 yang lemot dan sering Lag.

1. Matikan HP ketika sedang tak digunakan atau saat lag

Melakukan Shutdown atau mematikan perangkat smartphone ketika sedang tidak digunakan memang sangat penting kalian lakukan untuk perawatan gadget Xiaomi MIUI 8.

Ketika ponsel mati tentu seluruh proses yang terjadi pada smartphone akan berhenti, dengan begitu akan mencegah terjadinya overheat pada CPU.

Hal tersebut juga bisa kalian lakukan saat Xiaomi MIUI 8 kalian terasa lemot atau ngelag.

Namun, sebelum melakukan shutdown lebih baik bersihkan dahulu cache atau file sampah di smartphone kalian.


2. Clear cache dan bersihkan file sampah

Untuk menghapus file sampah di Xiaomi MIUI 8. Kalian tak perlu bantuan pihak ketiga. Buka saja aplikasi bawaan app security, lalu akses ke opsi cleaner.

Kenapa perlu hapus file sampah ? 

Salah satu penyebab ponsel sering panas adalah menumpuknya file sampah. Jadi, gak cuma sampah yang di kali aja yang bisa jadi penyakit, kan ?

File sampah tersebut biasanya muncul setelah kalian membuka aplikasi-aplikasi yang terinstall di gadget Xiaomi MIUI 8 kalian (cache, dkk). File-file tidak berguna itulah yang akan memperlambat kinerja smartphone.


3. Back up data

Pengguna perangkat Xiaomi seperti Xiami MIUI 8 telah dilengkapi dengan akses ke ruang penyimpanan virtual milik Xiaomi yang bernama Mi Cloud.

Mi Cloud ini bisa kita gunakan untuk memback up file-file penting yang tersimpan di dalam smartphone.

Dengan cara ini tentu akan lebih melonggarkan memory internal perangkat Xiaomi MIUI 8 kalian.

Terus file yang gak penting, gimana ?

HAPUS AJA !


4. Non aktifkan fitur auto start pada aplikasi

Dengan fitur auto start ini mebuat beberapa aplikasi yang  terinstall pada smartphone kalian berjalan otomatis sehingga memberatkan kinerja RAM karena banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Pantau terus aplikasi mana yang berjalan otomatis pada background.

Jika perlu matikan fitur ini, caranya : pergi ke aplikasi app security, klik pada opsi permissions, pilih auto start. Matikan fitur auto start.

Efek dari mematikan auto start aplikasi adalah notifikasi tidak akan muncul pada perangkat kalian. Maka dari itu lebih baik jangan matikan auto start untuk aplikasi komunikasi seperti aplikasi chatting WhatsApp dan BBM.


5. Update System

Jangan ragu untuk melakukan update system di perangkat Xiaomi MIUI 8 kalian. Karena update terbaru yang disarankan tentu akan lebih mempermudah penggunan dan menutupi kekurangan-kekurangan yang ada pada versi system sebelumnya.


6. Reset Pabrik

Sudah lakukan 5 cara diatas, tapi Xiaomi MIUI 8 kalian tetep lemot dan sering ngelag ?

jika begitu adanya, terpaksa kalian harus melakukan factory reset atau reset pabrik pada smartphone kalian.

Namun, sebelum mengatasi Xiaomi MIUI 8 yang lemot dan sering lag dengan cara terakhir ini, pastikan file-file penting kalian sudah terback up semuanya.

Jika ada pertanyaan tetang Cara Mengatasi Xiaomi MIUI 8 Lemot dan Sering Lag, jangan ragu untuk tulis pada kolom komentar dibawah, semoga bermanfaat terima kasih.

0 Response to "Cara Mengatasi Xiaomi MIUI 8 Lemot dan Sering Lag"

Post a Comment