Dewa Naga

Tikusliar.com - Cara Melacak Android yang Hilang atau Dicuri Terbaru - Melacak Smartphone android yang hilang atau dicuri, satu langkah yang sangat diperlukan untuk menjaga privasi dan file penting yang tersimpan pada gadget kalian. 

Apalagi jika kalian termasuk orang yang gampang lupa ketika menaruh barang di suatu tempat, tentu akan menjadi hal yang sangat menyedihkan. 

Mengingat data-data penting kalian tentang pekerjaan, sekolah, dll yang juga ikut lenyap bersama HP kalian yang hilang.

Jangan menunggu sampai itu terjadi, segera antisipasi hal tersebut dengan cara mengaktifkan fitur yang telah disediakan oleh android, yakni Android Device Manager. 

Fitur ini akan membantu kalian di saat-saat genting, dimana kalian tidak dapat menemukan perangkat smartphone kalian karena beberapa alas an. Entah hilang terjatuh di jalan, atau bahkan dicuri oleh tangan-tangan orang yang tidak bertangggung jawab.

Cara Melacak Android yang Hilang atau Dicuri

Cara Melacak Android yang Hilang atau Dicuri

Dengan fitur Android Device Manager, kalian bisa melakukan pengendalian jarak jauh atas ponsel kalian yang hilang, seperti menghapus semua data yang ada, mengaktifkan nda dering, dan melacak dimana lokasi samrtphone kalian yang hilang tersebut. Semua bisa kalian remote dari jauh.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kalian harus download dan menginstall aplikasi Android Device Manager di perangkat android kalian. 

ADM ini bisa kalian dapatkan secara gratis melalui layanan Google Play Store. Namun, pada beberapa perangkat android aplikasi ini sudah terpasang secara default sebagai aplikasi bawaan.

Maka sebelum mendownloadnya kalian perlu untuk mengecek, apakah aplikasi ADM telah tersedia di smartphone kalian. Caranya : 

Cara Melacak Android yang Hilang atau Dicuri

  • Buka menu Setting yang ada di android kalian.
  • Pilih opsi Security
  • Klik pada menu Device Administrator. Disana akan muncul beberapa opsi yang harus kalian pilih dengan cara mencentang kotak yang sudah disediakan.
  • Cari opsi Android Device Manager, lalu pilih aktifkan dengan cara mencentang kotak yang ada di sampingnya. Jika memang sudah tersedia, tetyu opsi ADM ini akan tersedia di dalam opsi.

Keterangan : Beberapa smartphone lain seperti Xiaomi terkadang memiliki penempatan yang berbeda pada menu setting ini
  • Buka menu setting
  • Pilih opsi Additional setting
  • Klik opsi Privacy
  • Lalu Device Administrator
  • Terakhir, centang pada opsi Android Device Manager

Dengan mengaktifkan fitur ADM ini, berarti kalian telah memberikan ijin fitur tersebut untuk mengakses smartphone android kalian. 

Sebelumnya, untuk bisa memanfaatkan fitur canggih ini, terlebih dulu kalian harus menyiapkan sebuah akun Google, yang mana akaun tersebut juga terkait di device android kalian atau akun yang sama, dengan yang kalian pasang di HP android. 

Langkah terakhir adalah mengaktifkan mode pelacak lokasi atau GPS.

Seperti kata pepatah, sedia paying sebelum hujan. Metode satu ini sangat efektif untuk antisipasi kejadian-kejadian buruk tak disengaja yang terjadi pada smartphone kalian. 

Jika hal tersebut benar-benaer terjadi, kalian bisa melacak lokasinya dengan mengakses link berikut : https://www.android.com/devicemanager

Untuk masuk ke dalam situs web tersebut, kalian harus Sign In menggunkan akun gmail yang sama dengan akun yang kalian pakai di device android kalian. 

Jika GPS kalian nyala, maka kalian bisa melacak secara langsung keberadaan HP kalian, dengan bantuan fitur dari google map yang tersedia dalam laman web tersebut. 

Namun, jika ternyata layanan lokasi di smartphone kalian tidak aktif, kalian masih bisa melakukan pencegahan dengan mengaktifkan nada dering, menelepon, mengunci device, hingga menghapus semua data yang ada.

Selain melacak smartphone android yang hilang, beberapa informasi penting yang dapat membantu kalian menemukan HP android yang hilang, seperti kapan waktu ponsel tersebut ditemukan terakhir kalinya, juga waktu terakhir perangkat tersebut online.

0 Response to "Cara Melacak Android yang Hilang atau Dicuri Terbaru"

Post a Comment