Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Smartphone Lama Terisi Saat dicas

Tikusliar.com - Faktor dan Cara Mengatasi Baterai Smartphone Lama Terisi Saat Di Charger – Mungkin banyak dari sobat tikusliar.com yang pernah mengalami salah satu hal yang menjengkelkan bagi kebanyakan pengguna smartphone android adalah terlalu lama mengisi baterai.

smartphone atau hp android memang dikenal sebagai ponsel paling canggih pada abad ke-21 ini namun memang bukan berarti ponsel ini tidak punya kekurangan, seperti yang saya jelaskan pada beberapa artikel saya yang terdahulu bahwa banyak sekali kasus pada baterai smartphone mulai dari cepat kembung, boros sampai kasus yang paling sering yaitu baterai lama terisi saat dicas/ charger atau baterai tidak penuh-penuh saat dicas.

bagi kalian yang tidak sabaran peristiwa seperti ini tentunya akan sangat membakar emosioanal bahkan mereka mengira kalo hp android nya sudah rusak atau ada bagian-bagian tertentu yang lemah sperti IC cas, IC Power dan harus di ganti.

Sobat tikusliar.com, bila kita analisis, memang sangat banyak sekali yang menjadi penyebab baterai android lama terisi saat di charger atau dicas bahkan beberapa ahli smartphone sudah mengulas hal ini di website atau blog masing-masing mereka.

nah untuk sekedar menambahkan info yang ada disini saya ingin menambahkan faktor lain mengapa smartphone lama terisi saat di charger berdasarkan banyak sumber yang pernah saya baca sebelumnya dan sudah saya praktekan sendiri.

Baterai tidak penuh-penuh saat di cas


Faktor smartphone lama terisi saat di charge / dicas

1. Longgar nya Kabel USB 

Apabila Hp Android kalian  tidak penuh-penuh waktu di cas, mungkin salah satu penyebabnya adalah loggarnya Port USB pada hp android.

jika usb pada smartphone atau usb pada kabel data kalian longgar tentu akan menghambat masuknya daya arus listrik ke baterai, dan untuk mengatasinya kemungkinan kalian harus mengganti kabel usb dengan yang baru.

yang harus kalian pahami usb longgar ini biasanya disebabkan seperti seringnya mengecas hp sambil bermain game dan pemakaian kita sehari-hari yang jorok seperti mencabut kabel data terlalu keras atau saat mencolokkan kabel charge ke smartphone hal ini akan membuat kabel data usb kalian menjadi longgar.

Makanya saya sarankan untuk para Gamers sobat tikusliar.com jangan pernah bermain game sambil mengecas karena selain membuat temperatur android kalian panas juga menyebabkan longgarnya port usb pada android.


2. Bermasalah pada Kabel USB 

Kemudia faktor yang kedua selain faktor usb yang longgar, hal yang mungkin kita anggap sepele yaitu kabelnya yang bermasalah, yang menyebabkan kabel data usb bermasalah ini ada banyak hal yang menjadi penyebab yaitu seperti salah satu kabel putus karena mungkin gosong atau terputus ditengah-tengah karena sering ditarik-tarik oleh kita saat di charge atau kesalahan saat menggulung kabel usb yang rentan putus.

jika charger kalian menggunakan adaptor charger portabel untuk mengatasinya kalia cukup mengganti kabel usb nya saja tapi jika tidak ya mau gak mau kalian harus ganti charger.


3. Beda Merk Charger 

Jangan salah sangka bahwa ternyata hanya berbeda merek charger dengan smartphone lain bisa mempengaruhi aliran listrik yang masuk ke baterai smartphone android kita.

hal ini karena daya hantar listrik pada setiap charger bawaan berbeda-beda volt-nya dan tidak semua charger cocok untuk semua jenis hp android walaupun slot usb nya sama, faktor ini juga bisa disebut dengan faktor smartphone yang artinya sama-sama tidak cocok.


4. Adaptor Charger Rusak

yang menjadi salah satu faktor utama smartphone lama terisi yaitu disebabkan karena adaptor charger nya rusak, jika kalian merasa hp android kalian sangat lama terisi harap perhatikan chargernya apakah ada komponennya yang rusak, lalu bagaimana caraya ?

yaitu kalian hanya cukup mencium adaptor lewat usb, jika kalian rasa ada bau gosong kemungkinan adaptor charger memang rusak. rusaknya adaptor biasanya disebabkan karena charger tidak langsung dicabut dari terminal listrik setelah dipakai untuk mengecas.


5. Cara mengatasinya

Untuk cara mengatasi baterai android lama terisi saat di charge yang pertama adalah selalu gunakan charger bawaan pabrik hp yang kamu beli karena ini sangat disarankan untuk semua pengguna smatphone.

yang kedua saya sarankan untuk menggunakan charger dengan baik sesuai kebutuhan kalian, setelah itu gulung kabel charger dengan benar supaya tidak ada bagian yang putus, jika android kalian lama terisi juga kemungkinan baterainya kembung atau rusak dan untuk mengehemat waktu dan biaya biasakan menggunakan power bank sebagai cadangan dan seperlunya saja.

Posting Komentar untuk "5 Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Smartphone Lama Terisi Saat dicas"