Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(Tips) Cara Pintar memilih Smatphone Baru yang akan dibeli

Tikusliar.com - Cara Pintar memilih Smatphone Baru yang akan dibeli - Hp mana yang harus saya beli? Ini adalah pertanyaan paling umum saat kalian membeli ponsel atau smartphone baru.

Dengan begitu banyak pilihan smartphone yang menakjubkan seperti Samsung Galaxy S6 dan iPhone 6, akan sulit bagi kita untuk memutuskan mana ponsel yang akan dibeli. Tapi itu juga tergantung pada bagaimana kisaran anggaran akan dihabiskan di mana kalian dan ponsel cerdas tersedia di wilayah tempat kalian tinggal.

Di sisi lain, membuat pilihan adalah hal yang baik, selama kalian dipersenjatai dengan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memilih smartphone mana yang akan dibeli.

Inilah kunci penting yang harus dilakukan untuk menemukan perangkat baru terbaik untuk kalian.

(Tips) Cara Pintar memilih Smatphone saat mau membeli Baru

Cara Pintar memilih Smatphone Baru yang akan dibeli 

1. Jangan pelit

Kemungkinannya adalah ketika kalian berkomitmen untuk membeli ponsel baru, kalian saya akan memilih ponsel dengan harga murah namun dengan kualitas bagus karena saya juga melakukan hal yang sama saat membeli smartphone baru.

Karena itu, beli perangkat terbaik yang kalian mampu. Jangan lupakan kualitas ponsel yang akan kalian pilih.

Lihatlah kualitas kamera, prosesor dan kapasitas baterai karena jika kalian gamers maka kalian akan membutuhkan baterai dan prosesor yang berkapasitas tinggi.

Banyak kelebihan yang akan kalian dapatkan jika membeli ponsel high-end, seperti iPhone 6 atau LG G4, karena nilai jual kembali cenderung stabil. Jadi membeli smartphone seperti ini akan menjadi investasi untuk kalian dan saya juga pun begitu.


2. Ketahui Apa yang Diinginkan Fitur Ponsel

Jika kalian mengerti fitur dan kemampuan ponsel baru yang akan kalian beli, ini akan membantu kalian menghindari membayar terlalu banyak uang, karena kalian bisa membandingkan dengan merek lain dengan harga yang lebih murah lainnya namun memiliki fitur yang sama.

Jika bisa membeli smartphone dengan harga murah namun fitur yang sama mengapa harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli smartphone yang lebih mahal.


3. Temukan Desain yang Tepat

Membeli ponsel juga harus memperhatikan bentuk fisik yang tepat di tangan kalian karena kalian akan menghabiskan banyak waktu dengan ponsel kalian.

Pastikan telepon terasa nyaman saat di genggam dan pastikan telepon kalian mencerminkan kalian dan gaya pribadi kalian.

Tipe Smartphone

Smartphone
Ponsel populer saat ini adalah smartphone. Perangkat ini biasanya memiliki tenaga paling kuat, prosesor tercepat, resolusi gambar tinggi dan kapasitas memori dan layar yang paling jelas.

Smartphone ini hadir dengan berbagai sistem operasi seperti iOS, Android, Windows Phone dan bahkan BlackBerry OS.

Mereka juga mendukung aplikasi yang diunduh melalui etalase virtual yang dikaitkan dengan platform perangkat lunak terkait, seperti toko Google Play.

Pasalnya, kemampuan untuk menjadi smartphone ponsel termahal di pasaran.
Kegunaan atau fungsinya
Setelah melihat spesifikasi yang dimiliki, sekarang kita beralih ke tujuan mengapa kita membeli smartphone? Jika kalian hanya ingin menggunakan smartphone untuk keperluan telefone dan sms, maka kalian bisa memilih smartphone biasa-biasa saja terlepas dari spesifikasi ponselnya.

Lain halnya jika kalian saya membutuhkan perangkat untuk urusan game dan media sosial, kalian saya harus memperhatikan prosesor dan RAM yang dimiliki.

Perlu penjelasan yang lebih spesifik? Baca terus di artikel ini.

Jika kalian membutuhkan perangkat yang bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus (multitasking) mulus, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kapasitas RAM minimal 2GB dan prosesor (minimal dual-core) dengan clockspeed minimal 1,2 GHz.

Tapi jika kalian saya tidak melakukan multitasking terlalu sering maka prioritas utama bisa di panggil pada prosesor, dan RAM. Mohon sesuaikan dengan kebutuhan kalian yang lain jika tidak tercantum di sini.

# Pertimbangan Poin Utama

1. Ukuran layar

Layar Besar (5,5 inci atau lebih besar)
Smartphone dengan layar yang semakin besar akan memungkinkan kita untuk multitasking atau bermain game.

Saat ini sudah banyak vendor smartphone yang beralih ke phablet (tablet mobile) dengan layar 5,5 inci atau lebih. kalian bisa menemukannya di perangkat high end seperti Xiaomi Note 3 Pro, google nexus 6, asus zenfone 6 dan perangkat high end lainnya
Layar Sedang (5.0 - 5,5 inci)
Ponsel yang berada di tengah kategori layar seperti keluarga Xiaomi Redmi 3 Pro dan Samsung Galaxy S6 di 5.1inci, atau LG Volt 2 in 5 inchi akan memudahkan pengguna untuk mengusung ponsel.

Salah satu keunggulan ponsel dengan layar pada ukuran ini adalah pemilik telepon dapat menggenggam satu tangan sementara jari-jari mereka dapat menyentuh semua bagian layar dengan nyaman.
Layar Kecil (4 - 4,9 inci)
Layar smartphone dalam ukuran ini biasanya digunakan pada perangkat low end seperti asus zenfone 4, xiaomi redmi 2, xiaomi mi4 dan lain-lain.

Namun meski ponsel ini termasuk dalam kategori low end fitur yang ada dalam pikiran saya cukup memuaskan untuk gaming dan multitasking.

2. Prosesor

Inti dari smartphone dari setiap merek adalah prosesor, atau CPU. Prosesor ini akan memberikan daya komputasi untuk melakukan berbagai tugas, seperti membuka dan menjalankan aplikasi.

Prosesor yang cepat juga memiliki dampak besar pada performa keseluruhan, seperti seberapa lancar saat bermain game atau membuka media sosial.

ProcesorAndroid

Secara umum, kecepatan clock, yang terdaftar di gigahertz, telah menjadi cara cepat untuk menilai daya CPU. Tapi untuk lebih jelasnya kita bisa melihat berapa banyak core CPU yang dimiliki.

Faktor lain adalah bahwa prosesor yang lebih tua cenderung menggunakan desain yang kurang efisien, yang akan membuat pemborosan baterai dibandingkan dengan desain prosesor yang lebih baru.


3. Kamera

Kualitas kamera bergantung pada variabel host. Megapixels yang lebih tinggi akan menghasilkan gambar yang lebih baik. Namun beberapa ponsel kamera 13 megapiksel bisa menghasilkan foto lebih baik dari ponsel kamera 20 megapiksel.

Dan yang terpenting adalah kualitas lensa, yang bisa membantu sensor mengekspos lebih banyak cahaya. Sensor itu sendiri mungkin menawarkan jumlah piksel yang lebih rendah, namun lebih sensitif terhadap pencahayaan, menghasilkan kinerja yang lebih baik dalam kondisi cahaya rendah.

Kamera android Xiaomi

Banyak ponsel - seperti dari HTC dan Microsoft (sebelumnya Nokia) yang dilengkapi dengan kamera berkualitas tinggi yang menjanjikan kualitas gambar tinggi, plus prosesor untuk menggerakkan sistem kamera dan autofocus lebih cepat. Hasil akhirnya adalah gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih jernih.

Stabilisasi gambar optik juga menjadi semakin penting bagi ponsel. Seperti pada samsung Galaxy Note 4 dan iPhone 6 Plus dengan komponen fisik di dalamnya akan menghasilkan foto yang lebih jernih.

Dengan dimulainya sharing jejaring sosial, kamera depan juga menjadi lebih penting dari sebelumnya. Selain melihat kamera utama dengan resolusi tinggi, vendor juga berkonsentrasi pada kamera depan khusus untuk selfie.


4. Baterai

Pabrikan mulai menyadari pentingnya kapasitas baterai yang dimiliki ponsel. Berawal dari kapasitas rendah 1.200mAh hingga 4.100mAh untuk kategori Smartphone.

Alat Pengukur Kapasitas Battery

Performa baterai akan berpengaruh dalam hal waktu bicara, waktu siaga, atau berapa jam kalian bisa melakukan tugas seperti melihat video, bermain game dan mendengarkan musik.


# Tinjau Fitur Lebih dalam

Ingin tahu lebih banyak tentang beberapa fitur yang disebutkan di atas? Baca terus untuk analisis lebih dalam.


1. Jaringan seluler dan data 4G

Teknologi jaringan nirkabel menjadi tulang punggung sebuah smartphone. Saya akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana jaringan seluler dibangun dan bekerja. Berikut adalah deskripsi dasar yang perlu kalian ketahui.
CDMA
CDMA singkatan dari code division multiple access, yang berarti metode jaringan seluler untuk mengirim dan menerima suara dan data.

Standar ini banyak ditemukan di Amerika dan beberapa negara Asia seperti Jepang dan Korea. Sebagai contoh, operator utama AS menggunakan jaringan nirkabel berbasis CDMA.
GSM
GSM, alias Global System for Mobile Communications, yang pertama kali disebutkan dalam bahasa Prancis sebagai Groupe Special Mobile, adalah stkalianr yang dibuat untuk digunakan di Eropa.

GSM kemudian menyebar ke bagian lain dunia, dengan operator jaringan GSM yang beroperasi di Asia, Timur Tengah, dan Afrika. Jaringan ini yang paling luas.

Kedua teknologi jaringan tidak kompatibel, jadi ponsel yang menggunakan jaringan CDMA tidak akan berfungsi di area di mana layanan GSM tersedia saja, dan sebaliknya.
HSPA +
HSPA adalah singkatan dari High Speed ​​Packet Access, yang menempati kecepatan 3G. HSPA + mendukung kecepatan download hingga 168Mbps.

Ini mungkin terdengar cukup cepat, namun dalam praktiknya, protokol tersebut menyediakan kecepatan data yang hanya sedikit lebih cepat dari 3G, dan kecepatan download rata-rata sekitar 3 sampai 5Mbps.

Hal ini menyebabkan kita bertanya-tanya apakah kita akan memilih ponsel dengan fitur HSPA atau tetap berada di opsi 3G.
4G dan LTE
LTE, atau Long Term Evolution, adalah "generasi baru" konektivitas data lebih cepat untuk teknologi GSM dan CDMA. Sering disebut sebagai 4G atau 4G LTE, ini adalah data tercepat yang bisa kalian dapatkan sekarang, seperti smartpone yang saya pakai sekarang xiaomi redmi 3 Pro yang sudah mendukung jaringan 4G LTE maupun CDMA dari Smartfreen


2. Teknologi layar

LCD
Layar LCD, singkatan dari liquid crystal display, teknologi display ini telah digunakan mulai dari yang pertama di tahun 1980an pada jam tangan digital. Layar LCD smartphone saat ini menawarkan resolusi HD hingga 2.560x1.440 piksel.

LCD menggunakan kristal cair yang berputar tertutup dan menghalangi cahaya dari LED yang ditempatkan di belakang layar.

LCD menggunakan lampu latar dari cahaya luar untuk penerangan, yang terjadi pada sudut pkalianng dangkal dan kontras yang lebih rendah daripada layar tampilan AMOLED. Di sisi lain, warna yang tampil lebih alami.
Retina Display
Retina Display adalah nama merek yang digunakan oleh Apple untuk tampilan smartphone-nya yang memiliki kerapatan pixel sekitar 326 PPI. Istilah ini sangat spesial dan digunakan untuk beberapa produk Apple.

Tampilan Retina hadir dengan teknologi canggih untuk menciptakan kepadatan piksel yang sangat tinggi sehingga terlihat sangat jelas dari teknologi sebelumnya.

Layar retina tidak berada di balik lapisan kaca, tapi kacanya adalah layar Retina. Yang berarti, semua keunggulan layar yang canggih, kontras tinggi, warna cerah, sudut pkalianng lebar dan tentunya tanpa silau.

Apple menggunakan layar Retina pada iPhone barunya. Ini pada dasarnya merupakan pemasaran yang cerdik untuk mengatakan iPhone memiliki layar retina dengan resolusi minimal 326 piksel per inci (ppi).
AMOLED
AMOLED ditakdirkan sebagai teknologi layar untuk menggantikan LCD, Active Matrix Organic Light-Emitting Diode (AMOLED) menggunakan bahan kimia organik sebagai bahan yang menghasilkan cahaya.

Sama seperti lampu neon dan display HDTV plasma, display AMOLED menggunakan OLED untuk menciptakan cahaya saat terkena arus listrik. Karena mereka tidak mengkalianlkan lampu latar, layar AMOLED cenderung memiliki kontras dan nuansa yang lebih terang daripada LCD.

Samsung berurutan menggunakan layar AMOLED pada produknya.


3. Prosesor

Snapdragon Qualcomm
Qualcomm snapdragon Saat ini adalah raja CPU smartphone. Prosesor ini muncul di banyak ponsel Android dan Windows di seluruh dunia.

Saat ini, Snapdragon 810 adalah chip terbaru untuk menangani semua tugas yang dilakukan oleh smartphone.
Apple A8
Apple A8 adalah prosesor terbaru Apple yang digunakan pada iPhone 6 dan 6 plus dengan prosesor mobile 64-bit. Apple mengklaim sistem ini 25 persen lebih cepat dari pada A7. Untuk informasi lainnya hanya papa yang tahu.
Samsung Exynos
Samsung membuat prosesor sendiri dengan merek Exynos. Exynos 7 Octa baru-baru ini mengumumkan chip Exynos dan Exynos 7, menjanjikan komputasi 64-bit, pasti akan muncul dalam beberapa variasi global ponsel samsung, seperti masa depan Galaxy S6 dan Galaxy Note 5.

Samsung dengan model lain kemungkinan akan terus menggunakan chipset Qualcomm.
Mediatek
MediaTek adalah chip saingan Qualcomm yang biasanya ditemukan di smartphone untuk pasar Asia dan negara berkembang.

Memang Procesor mediatek ini terkenal dengan kecepatanya untuk para gamers tanpa ada kata ngelag, apa lagi sudah menggunakan procesor mediatek diatas X-10 Helio. pada kelebihanya tersebut juga ada kekuranganya, rata-rata pengguna procesor Mediatek hp nya cepat panas dan boros di baterry.


4. Fitur Telepon Lanjutan

NFC
NFC Singkatan "near-field communication" ada di hampir semua smartphone saat ini. NFC memungkinkan pertukaran data dengan cepat antara perangkat jarak pendek, hanya dengan menekan fitur NFC secara bersamaan.

Ini sangat penting dalam sistem pembayaran seperti Google Wallet dan bayar Apple, dan dapat digunakan untuk mentransfer informasi dari perangkat ke perangkat lain, seperti foto.
Pemindaian Sidik Jari atau Fingerprint
Apple dipopulerkan dengan fitur pemindaian sidik jari untuk membuka kunci ponsel. Namun kini banyak produsen ponsel yang juga menggunakan fitur namun fiturnya tidak selalu bekerja pada pemindaian pertama.

Pemindaian sidik jari Apple pertama diintegrasikan dengan autentikasi pembayaran, yang merupakan bagian dari fitur yang dikenal sebagai ID Sentuh.

Pada iPhone 6 ke atas, Apple membayar juga akan menggunakan pemindaian sidik jari untuk pembayaran di dunia nyata. Ini juga bisa digunakan untuk telepon lain, melalui layanan pembayaran Google, dan melalui pembayaran Samsung, yang akan dimulai di AS dan Korea Selatan.
Monitor Jantung
Samsung Galaxy S5 adalah smartphone pertama yang membawa monitor detak jantung LED, dan hadir di ponsel Samsung lainnya seperti seri Catatan 4, Galaxy Alpha dan keluarga Galaxy S6, serta di Samsung smartwatch.

Monitor jantung ini diharapkan bisa tumbuh di produk pakaian jadi seperti smartwatches dan fitness brand.

Begitulah tips pintar dan cara mudah mencari ponsel baru yang akan kalian beli, semoga tips ini bisa digunakan untuk mencari Smartphone yang kalian inginkan.

Posting Komentar untuk "(Tips) Cara Pintar memilih Smatphone Baru yang akan dibeli"