Tikusliar.com -5 Cara Facebook Menghancurkan Hidup kamu - Dengan jumlah pengguna yang mencapai kurang lebih 2 miliar di seluruh dunia, facebook saat ini masih menjadi media sosial paling terpopuler.

Di Indonesia saja pengguna facebook sudah mencapai 100 juta lebih. Menempati posisi ketiga sebagai negara dengan akses ke facebook paling banyak. Angka itu pasti akan terus bertambah di masa depan.

Semakin populernya Facebook tersebut, lalu adakah dampak facebook bagi kehidupan manusia? Apakah itu membuatnya lebih baik atau sebaliknya?

Tidak ada data pasti untuk menjawab pertanyaan tersebut, namun kita dapat melihat sendiri dampak di sekitar kita.

5 Cara Facebook Menghancurkan Hidup Kamu

Saya pribadi sudah terbiasa menggunakan facebook hampir berumur 7 tahun sejak tahun 2010 semenjak menduduki bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Banyak hal yang saya dapatkan dari facebook, dari yang positif ke negatif.

Dampak positifnya jelas, bisa berkomunikasi dengan orang jauh, bisa mencari teman yang belum ketemu, bahkan bisa dijadikan tempat penjualan bagi yang suka berbisnis online. Karena facebook merupakan sosial media yang sangat kuat untuk digunakan berbisnis online.

Untuk dampak negatif jujur ​​tidak terlalu mencolok, apalagi saat pertama kali menggunakan facebook.

5 Cara Facebook Menghancurkan Hidup Kamu

Setelah cukup lama menggunakan facebook baru terasa banyak hal negatif yang saya rasakan.

Dampaknya saya juga melihat dari orang-orang terdekat saya yang mulai aktif menggunakan facebook, banyak yang berubah dari mereka.

Apa yang berubah dari mereka ?  Berikut adalah beberapa dampak negatif facebook bagi penggunanya dalam pengalaman saya dan juga pengamatan saya :


1. Membuat Ketagihan dan Sulit dihentikan

5 Cara Facebook Menghancurkan Hidup Kamu

Mungkin banyak yang tidak berfikir bahwa facebook sebenarnya sama dengan Narkoba, bisa membuat adiktif dan sulit dihentikan.

Facebook sengaja dibuat agar pengguna menjadi ketagihan. Alasannya karena penghasilan utama facebook adalah dari iklan.

Semakin lama seseorang mengakses facebook, semakin banyak iklan yang dilihat. Semakin banyak iklan yang kalian lihat, semakin banyak uang yang didapat oleh pihak facebook.

Bagi facebook sendiri akan menjadi keuntungan besar, karena uang mereka menjadi semakin banyak, tapi bagi pengguna, adakah keuntungan yang didapat dari cara mereka mengakses facebook hampir setiap waktu?


2. Membuang Waktu Berharga Walau Hanya 1 Menit

5 Cara Facebook Menghancurkan Hidup Kamu

Tidak ada keuntungan yang kita dapatkan, dari facebook yang kecanduan itu sebenarnya bisa melukai kita sendiri.

Salah satu kelemahannya adalah waktu berharga kita menjadi tidak berguna hanya untuk berlama-lama di facebook tanpa maksud tertentu dan tujuan yang jelas.

Waktu harusnya digunakan untuk hal-hal yang produktif bahkan menghabiskan waktu hanya untuk membaca statusnya, Like Status, Komentar Status , Stalking facebook Orang, dan banyak lainya.


3. Menyebabkan Depresi

5 Cara Facebook Menghancurkan Hidup Kamu

Pengguna Facebook umumnya hanya menunjukkan sisi baik kehidupan dan menyembunyikan sisi jelek facebook. Ini membuat kepercayaan pada pikiran pengguna bahwa teman mereka di facebook memiliki kehidupan yang lebih bahagia dan lebih indah dari pada kehidupanya.

Misalnya pengguna facebook yang Jomblo, Ketika mereka melihat Orang yang berpasangan mengunggah foto mesra di facebook, mereka langsung merasa sangat tertekan dan merasa menjadi Jomblo paling ngenes di dunia.

Sementara sebenarnya di luar sana ada banyak single yang bahagia, hanya saja mereka tidak meluangkan waktu di facebook melainkan mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat.


4. Menjadi Narsis dan Suka Pamer

5 Cara Facebook Menghancurkan Hidup Kamu

Dari rasa depresi mulai muncul sifat narsistik dan suka Pamer dengan teman maupun pengguna facebook lainya.

Mereka mulai suka memposting semua aspek hidupnya di facebook. Mulai dari bangun tidur, Kegiatan yang tak pantas, sampai orang tuanya meninggal duniapun masih juga mereka mengadu kepada facebook dan mereka dokumentasikan semuanya di facebook.

Tidak lupa pula setiap kali mereka membeli barang baru yang mereka posting langsung di facebook.

Sifat ini muncul karena mereka ingin mendapatkan pengakuan bahwa hidupnya juga bahagia dan cantik seperti teman-temannya di facebook.


5. Menurunnya Kemampuan Berkomunikasi

5 Cara Facebook Menghancurkan Hidup Kamu

Saat pengguna facebook kecanduan, mereka menjadi malas bersosialisasi di dunia nyata. Akibatnya, ketrampilan komunikasi mereka berkurang.

Hal ini cukup mengkhawatirkan dan memprihatinkan, terutama bagi pengguna facebook anak usia dan remaja. Waktu belajar bersosialisasi dengan lingkungan lebih banyak dihabiskan dengan teman di facebook yang biasanya hanya membahas sesuatu yang tidak penting.

Jadi apa yang harus dilakukan?

Facebook tidak terlalu buruk, yang membuatnya buruk adalah bagaimana kita menggunakannya. Banyak sekali manfaat yang bisa kita didapat dari facebook asalkan kita menggunakannya dengan cara yang benar.

Dampak buruk yang saya tulis di atas hanya akan terjadi jika kita menggunakan facebook secara berlebihan tanpa tujuan dan tujuan yang jelas.

Jadi bagaimana menurut pendapatkan kalian tentang dampak buruk  Facebook tersebut ?

Monggo di dishare ketemen-temennya kalo kalian rasa ini bermanfaat, terimakasih....
Jika Artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke media sosial lewat tombol share dibawah ini :


6 Responses to "(Info) 5 Cara Facebook Menghancurkan Hidup Kamu...!!!"

  1. Setuju ... ! Memang harus pandai-pandai dalam bersosial media, jangan sampai terseret ke dalam arus yang menyesatkan. Meskipun sebatas dunia maya, tapi bisa berimbas kepada kehidupan nyata.

    Bahkan hancurnya keharmonisan dalam berumah tangga, tidak sedikit yang berawal dari facebook akibat terlalu jauh dalam bertegur manja. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap.... bener banget itu mas, kita memang harus pandai-pandai menggunakan sosial media agar tidak tersesat dalam kehidupan nyata

      Delete
  2. sekarang gak cuma facebook aja, semua sosial media punya dampak yang buruk kalau penggunanya tdk bijak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju juga saya itu gan, semua tergantung dari penggunanya

      Delete
  3. fb cm sbagai sarana saja,kalau di manfaatkan buat belajar nge blog atau komunitas sih oke2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener itu om, facebook memang sangat baik untuk membangun komunitas pemuda yang kreatis

      Delete