Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(Tips) Cara Memperkuat Sinyal 4G LTE Android

Tikusliar.com - Cara Memperkuat Sinyal 4G LTE Android - Teknologi 4G LTE kini telah menjamur di seluruh negeri di Indonesia. jaringan teknlogi memiliki kecepatan upload dan kecepatan download yang super cepat menjadi andalan para pengguna smartphone dan tablet Android untuk memaksimalkan aktivitas di dunia maya.

Namun sayangnya, tidak semua pengguna dapat mencakup teknologi 4G LTE. Maklum, teknologi jaringan di Indonesia masih banyak hambatan atau penghalang.


Cara Memperkuat Sinyal 4G Android

Pada kesempatan ini saya akan berbagi metode saya kepada kalian tentang Cara Memperkuat sinyal 4G LTE di Smartphone dan Tablet Android. Sebenarnya, ada banyak penyebab yang membuat sinyal ponsel melemah Atau Hilang.

Salah satu yang paling sering adalah area atau tempat yang tidak menerima jangkauan sinyal, sinyal berbagai Penyedia tidak baik, kondisi smartphone sudah usang, dan banyak lagi. Untuk memperkuat sinyal pada smartphone, kalian dapat mengikuti beberapa metode Penguatan Signal 4G Pada Android berikut.


1. Periksa Kekuatan Sinyal Ponsel Android

kalian harus tahu bahwa pengembangan perangkat keras teknologi jaringan 4G cukup teliti dan ekstra hati-hati - hati-hati. Mengapa?

Karena itu adalah untuk memastikan bahwa teknologi 4G LTE benar - benar terhubung ke ponsel yang diproduksi.

Salah satu smartphone Android dengan teknologi 4G LTE yang bagus misalnya, Xiaomi, OPPO F1s dll. Nah, untuk memastikan bahwa cakupan area kalian memang mendukung teknologi 4G, kalian dapat memeriksa sendiri. Untuk melihat, silakan lihat langkah - langkah di bawah ini.

Periksa Kekuatan Jaringan Smarphone
  • Buka menu Pengaturan »Tentang telepon» SIM1 Status Card »untuk melihat kekuatan sinyal, Anda dapat melihat" Miliwatss Decibel Unit (dBm) ".

CATATAN  :  Metode di atas yang telah saya lakukan pada smartphone dengan operasi Android sistem Lollipop v5.1.1. Jika kalian menggunakan sistem Smartphone yang berbeda, kalian dapat menyesuaikan metode kalian sendiri.


2. Pancing Sinyal Dengan Mode Pesawat

Tips kedua yang bisa kalian ikuti adalah dengan memanfaatkan Mode pesawat atau Airplane Mode. Air Plane Mode dapat dimanfaatkan sebagai sinyal dari bujukan sebelumnya sulit untuk mendapatkan sinyal, kemudian berubah menjadi sinyal.

Ini akan membuat update smartphone atau refresh sinyal yang ada di daerah atau wilayah tersebut. Untuk menggunakan Air Plane Mode, silakan lihat langkah - langkah di bawah ini.

Mode pesawat

  • Buka menu Pengaturan » Klik" Airplane Mode atau Mode Pesawat". Lalu diamkan selama beberapa menit, kemudian hidupkan kembali "Airplane Mode atau Mode Pesawat" .

CATATAN : Metode di atas yang telah saya lakukan pada smartphone dengan operasi Android sistem Lollipop v5.1.1. Jika kalian menggunakan sistem Smartphone yang berbeda, kalian dapat menyesuaikan metode kalian sendiri.


3. Gunakan Hanya Modus 4G LTE

Untuk memaksimalkan sinyal jaringan di smartphone Android kalian, kalian dapat mengatur jaringan untuk teknologi 4G LTE only. Jangan atur di Auto atau otomatis , tetapi atur untuk Only saja.

Tujuan dari metode ini dalam rangka untuk fokus pada jaringan telepon selular, yaitu Hanya 4G dan tidak bergerak pada jaringan 2G atau 3G. Untuk melakukan cara itu, kalian dapat mengikuti langkah - langkah di bawah ini.

4G LTE Hanya

  • Langkah pertama, kalian masuk ke Application "Dial Phone" atau "Telepon". Kemudian kalian ketik nomor * # * # 4636 # * # * maka akan otomatis muncul pilihan.
  • Setelah kalian melakukan metode di atas akan menampilkan menu pilihan, tekan "Informasi Telepon", maka kalian mengubah ke "Pilih Jaringan yang diSukai" atau "Set Preferred Network Type" dari WCDMA Only atau Auto PRL ke 4G LTE Only.
  • Selesai

CATATAN : Metode di atas yang telah saya lakukan pada smartphone dengan operasi Android sistem Lollipop v5.1.1. Jika Anda menggunakan sistem Smartphone yang berbeda, Anda dapat menyesuaikan metode Anda sendiri.


4. Keluar dari Ruangan

Untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik dan lebih optimal, maka kalian harus keluar dari ruangan. Mungkin di dalam ruangan ada gangguan dari gelombang elektromagnetik yang dapat menghambat telepon untuk mendapatkan sinyal 4G LTE kalian.

Harus ada perbedaan antara ruangan dengan luar. Atau keluar ruangan, pastikan kalian berada di tempat yang lebih terbuka, seperti di Area Wifi.id dari Telkomsel lebih terbuka di semua sisi.


5. Gunakan kartu SIM dengan jangkauan sinyal maksimum

Setiap daerah memiliki kualitas sinyal yang berbeda - beda, seperti misalnya daerah saya lebih maksimal bila menggunakan Provider Telkomsel, namun di sisi lain kurang maksimal saat menggunakan Smartfren Provider.

Untuk itu, kalian harus memastikan penyedia mana yang konsisten dengan daerah kalian, apakah itu dari Indosat, XL,  XL, 3, Smartfren, atau Telkomsel.


6. Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga

Tips keenam kalian dapat mencoba dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang saya maksud di sini semacam 3G / 4G Speed ​​Optimizer, Signal Guard Pro, atau aplikasi - aplikasi lain yang memang bisa membantu memperkuat sinyal 4G.

Dengan aplikasi tersebut, pengguna dapat lebih rinci dalam memantau sinyal yang ditangkap oleh android Smartphone. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat menemukan dan men-download langsung dari Play Store Google secara gratis.

Setiap perangkat Android seperti Asus, Lenovo, Samsung, OPPO, HTC, LG, Motorola, Xiaomi, dan lainnya dilengkapi dengan penangkap sinyal hardware dengan kualitas yang berbeda - beda, dan karena itu tidak heran jika smartphone teman kalian sinyal lebih baik dari smartphone kalian sendiri.

Mungkin, smartphone teman kalian lebih berkualitas dari HP android kalian.

Demikian pula, ulasan singkat tentang Cara Memperkuat Signal 4G LTE Pada Android yang Lemah, dapat membantu dan berguna. Jika ada sesuatu yang ingin bertanya atau Saran, silahkan tulis melalui kolom komentar di bawah ini.

Terima kasih dan semoga sukses !!

Posting Komentar untuk "(Tips) Cara Memperkuat Sinyal 4G LTE Android"