Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(Tips) Cara Melacak dan Mengantisipasi HP Android yang Hilang

Tikusliar.com - Cara Melacak dan mengantisipasi HP Android  yang Hilang Hilang Atau Dicuri - Pencurian dari ponsel atau ponsel android bisa terjadi di mana-mana dan di tempat-tempat tak terduga. Jika ponsel android kalian pernah dicuri atau hilang tanpa kalian tahu mengapa maka kalian pasti ingin menemukan kembali ponsel kalian.

Selain kehilangan telepon kalian juga bisa kehilangan data penting di ponsel kalian dalam bentuk foto, catatan, video dan beberapa dokumen penting. Nah untuk itu sakit dan ingin marah jika kalian kehilangan ponsel android dan data kalian.

Bagaimana cara mudah yang dapat kalian lakukan untuk menemukan ponsel android yang hilang adalah dengan membuat panggilan ke nomor telepon yang terpasang pada smartphone android kalian. 

Namun, jika ponsel kalian di luar jangkauan tentu saja jika ponsel kalian tidak akan mendengar deringan polsel kalian begitu juga jika HP kalian telah dicuri dan di bawa melarikan diri ke tempat yang jauh. 

Ada cara yang lebih jitu yang dapat kalian gunakan untuk menemukan ponsel android kalian yang hilang. Namun, sebelum menerapkan langkah-langkah yang harus kalian ingat untuk pertama mengingat setiap aplikasi keamanan yang telah diinstal pada ponsel android kalian yang hilang sebelumnya.

Selain aplikasi, akun Google nama dan password kalian harus ingat .


Cara Melacak Android Hp Hilang Atau Dicuri

Untuk menemukan lokasi ponsel android kalian yang hilang akan membutuhkan beberapa kondisi selain di atas ponsel Android kalian tidak akan dikembalikan ke pengaturan pabrik atau faktori Reset oleh orang lain. 

Selain itu, jika alamat email di ponsel android diganti maka kalian juga tidak dapat memiliki akses untuk mencari ponsel android yang hilang. 

Tapi kalian masih dapat mencoba metode di bawah ini jika  orang yang mencuri ponsel kalian tidak cerdas untuk melakukan faktori reset atau mengubah email pada perangkat android kalian.


1. Menggunakan Android Device Manager

Untuk memanfaatkan Android Device Manager ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bahwa metode ini benar-benar bekerja dengan baik pada ponsel android kalian untuk terhubung ke akun Google kalian miliki dan pastikan bahwa kalian tahu alamat email dan password. 

Selain itu HP kalian juga harus memiliki akses ke internet baik melalui data atau wifi. Android device manager itu sendiri adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh google untuk menemukan ponsel android kalian yang hilang. 

Jika ponsel android kalian memenuhi syarat di atas dengan cara ini akan dapat menemukan HP android kalain, meskipun lokasi terkadang kurang akurat.

Cara Melacak HP Android yang Hilang
  • Download Android Device Manager  kalain atau kunjungi websit andorid Android Device Manager
  • Kemudian masukkan email dan password
  • Ketika alamat e-mail dan password yang kalian masukan dengan benar maka akan tampil beberapa ponsel terhubung ke alamat email. Kemudian pilih perangkat yang terhubung
  • Kalian akan melihat lokasi terakhir dari ponsel kalian. Lokasi ini dapat menjadi lokasi  HP android saat ini  atau terakhir. Jika kalian telah menemukan lokasi dan kemudian coba untuk mencari alamat lokasi tersebut.
  • Kemudian jika kalian sudah berada di tempat lokasi tersebut, coba untuk menderingkan HP Android kalian dengan cara  menekan Deringkan. Kemudian lihat di sekitar kalain apakah ada telepon berdering keras. Jika ada maka itu HP Android kalain
Lokasi yang terdapat dalam aplikasi ini kadang-kadang kurang akurat karena pengaturan pada ponsel tidak diperbolehkan untuk akses lokasi akurat. Untuk membuat ponsel akurat dalam mendeteksi lokasi aplikasi pilih pengaturan lokasi akurasi tinggi.

Tetapi bahkan jika kalian melihat lokasi HP Android kalian pada Android Device Manager itu bisa menjadi lokasi terakhir dari ponsel kalian yang terhubung ke akun Google kalian. Jika ponsel android kalian sudah diganti email maka dipastinya lokasinya tidak akan terdeteksi.


2. Menggunakan Google Map

Google Map sering menjadi salah satu digunakan untuk mengunjungi situs yang belum pernah dikunjungi. Di mana akan ada arah dan petunjuk yang akan berjalan dari satu daerah ke daerah lain. 

Selain manfaat kalian dapat menggunakan Google Map  untuk mendeteksi perangkat ponsel android kalian yang hilang. 

Bagaimana Cara  mudah untuk melihat aplikasi google Map ?
  • Login ke akun Anda google sama ponsel android yang hilang. 
  • Kemudian klik opsi yang memiliki bentuk ikon tiga garis di sudut kiri atas. 
  • Kemudian klik "Kronologi kalian". 
  • Sekarang disitu kalian dapat melihat jejak-jejak telepon kalain di mana terus bergerak. 
  • Selain lewat aplikasi melalui website Anda juga dapat langsung bahwa https://maps.google.co.id/locationhistory.
Cara Melacak HP Android yang Hilang

Namun, dengan catatan bahwa ponsel kalian terhubung ke akun Google kalian atau terhubung ke internet. Selain aplikasi google Map sebelumnya kalain telah aktiftan fitur catatan semua lokasi kalian. Jika tidak ketemu juga coba cari cara lain.


3. Menggunakan Family Tracker - Life360

Aplikasi Family Tracker - Life360 menjadi  aplikasi Android Device Manager alternatif untuk melacak ponsel android kalian yang hilang. fungsi aplikasi ini adalah untuk menghubungkan beberapa perangkat android dengan persetujuan terlebih dahulu. 

Ketika beberapa perangkat yang terhubung  atau disebut lingkaran maka perangkat dapat mendeteksi satu sama lain dari keberadaan mereka. Jika sebelumnya kehilangan ponsel android terhubung ke perangkat lain maka tentu saja kalian akan menemukan lokasi ponsel kalian.

Cara Melacak HP Android yang Hilang

Tapi tentu saja dengan catatan bahwa aplikasi tersebut tidak dihapus atau melakukan reset pabrik. Meskipun email google terhubung sudah diganti tapi Anda masih bisa melacaknya karena akun yang digunakan berbeda. Selain menggunakan aplikasi ini juga memiliki manfaat lain yang dapat Anda gunakan untuk chatting di antara perangkat yang terhubung.


4. Menggunakan Mobile Security & Antivirus

Selain menjadi antivirus untuk ponsel android, Mobile Security & Antivirus aplikasi ini juga memiliki manfaat untuk melacak ponsel android kalian yang hilang. Ia bekerja seperti aplikasi lainnya, yaitu aplikasi harus diinstal atau terhubung ke internet. Selain itu, orang yang menemukan ponsel android kalian tidak me-reset pabrik.

Cara Melacak HP Android yang Hilang

Jika ponsel android kalian dan memenuhi persyaratan di atas kalian dapat mendeteksi keberadaan ponsel kalian untuk melakukan pelacakan. Setelah pelacakan lulus dan kalian dapat melihat keberadaan ponsel android kalian.

Selain itu ada fitur menarik yang bisa kalian dapatkan dengan aplikasi ini yang dapat membuat foto kalian secara otomatis dan akan disimpan ke website aplikasi sehingga kalian dapat melihat siapa yang foto membawa telepon kalian

Sangat menarik bukan?

tetapi dalam beberapa fitur dari aplikasi ini adalah tidak semua gratis karena ada beberapa fitur yang diberi label sehingga premium yang harus kalian bayar untuk menggunakannya.


5. Menggunakan Kaspersky Antivirus & Security

Lain dari aplikasi terbaik yang dapat membantu kalian untuk menemukan ponsel kalain yang telah hilang adalah Kaspersky Antivirus & Security. Fungsi utama dari aplikasi ini sebenarnya adalah sebagai antivirus.

Cara Melacak HP Android yang Hilang

Tapi ada fitur lain yang disediakan oleh aplikasi ini yaitu untuk mencari ponsel hilang. Cara kerja aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi Mobile Security & Antivirus di atas.

Demikian juga dengan fitur tambahan lain dari aplikasi ini seperti menangkap gambar dari pencuri hp, menghapus informasi pribadi di telepon, mengunci ponsel dari jarak jauh.

6. Menggunakan Cerberus Anti Theft

Aplikasi terakhir kami sarankan adalah Cerberus Anti Theft. Aplikasi ini memiliki fitur yang luar biasa. Di mana kalian dapat melakukan remote control untuk menghapus memori internal atau eksternal, bisu, mengunci perangkat dan melakukan rekaman suara.

Juga tentu saja menggunakan aplikasi tersebut sebelum kalian dapat melacak ponsel kalian yang hilang baik terjatuh atau dicuri.

Cara Melacak HP Android yang Hilang
Ada fitur menarik lainnya yang dimiliki oleh aplikasi ini bahwa kalian dapat menyembunyikan aplikasi sehingga seseorang tidak bisa menghapusnya. Itu tentu sangat efektif untuk dapat menemukan telepon kalian yang hilang.

Dalam penjelasan di PlayStore menyebutkan bahwa aplikasi ini dapat melakukan kontrol bahkan jika telepon tidak memiliki koneksi internet karena kontrol dilakukan melalui pesan teks. Namun, fitur ini kita belum mencoba.

Selain itu, jika orang lain harus mengganti kartu SIM dengan nomor lain secara otomatis akan mengirim pesan ke akun Cerberus kalian tanpa pemberitahuan dari ponsel. Cara melacak ponsel android yang hilang sama seperti aplikasi lain.

Hal yang Perlu di Pertimbangkan

Beberapa aplikasi di atas dapat bekerja dengan koneksi internet dan email atau aplikasi yang belum dihapus. Jika pencuri atau penemu ponsel android kalian melakukan Pengaturan ulang pabrik atau factory reset kalian tidak akan dapat mengakses lokasi.

Tapi bisa kita melacak telepon hanya menggunakan nomor IMEI, hal itu mungkin terjadi, tetapi kalian perlu membutuhkan keahlian khusus seperti kecerdasan.

Saya berharap setelah menerapkan beberapa Cara Melacak HP Android kalian yang Hilang Atau Dicuri di atas dapat membuat ponsel kalian bisa ketemu kembali.

Tapi jika kalian tidak menemukan lagi  tinggal beli ponsel android baru lagi, hehehe......

Saya memikirkan beberapa cara di atas lebih efektif untuk digunakan selain aplikasi google seperti Kaspersky Antivirus & Security, Mobile Security & Antivirus dan Menggunakan Family Tracker - Life360.

Karena meskipun Google telah menghapus email kalian masih dapat mengakses lokasi ponsel kalian dengan catatan bahwa aplikasi tersebut tidak dihapus. sebaiknya kalian Agar tidak menghilangkan aplikasi tersebut sebaiknya kalian dapat menyembunyikan aplikasi tersebut.

Semoga bermanfaat, Terimakasih.

Posting Komentar untuk "(Tips) Cara Melacak dan Mengantisipasi HP Android yang Hilang"