Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waw !!! Ternyata Bahaya Loh Ngecas Hp Android Kalian dengan Laptop

Tikusliar.com - Bahaya Ngecas Hp Android Kalian dengan Laptop - Bagi kalian yang biasa aktif beraktivitas di luar, pasti terbiasa jika kalian melakukan perjalanan untuk membawa Power Bank, jadi jika baterai smartphone kalian habis tidak susah bukan.

Karena mereka tidak mau ribet membawa laptop dan Power Bank dalam tas, kalian akan lebih memilih nge-charger smartphone menggunakan Laptop.

Mengisi ulang smartphone Android kalian dengan laptop mungkin hanya kalian lakukan pada saat darurat. Tapi, tidak sering ya! Karena ada beberpa bahaya jika kalian sering mengisi ulang smartphone android kalian dengan laptop.


Bahaya Ngecas Hp Pakai Laptop

Beberapa laptop dilengkapi kemampuan gimmick untuk mengisi daya battery Hp smartphone. Bahkan, tak jarang produsen laptop menjadikannya sebagai titik nilai penjualannya. 

Padahal sebenarnya mengecas  smartphone menggunakan laptop dapat menyebabkan bahaya seperti penjelasan saya berikut ini :

Bahaya Charger Smartphone dengan Laptop


1. Smartphone Cepat Rusak

Meskipun listrik yang dihasilkan oleh Laptop dapat digunakan untuk mengisi ulang smartphone, tapi arus listrik keluar dari port USB laptop tidak kuat. 

Karena mengisi ulang dengan arus listrik lemah,  mengisi ulang smartphone menjadi berdampak buruk dalam waktu panjang apabila kita terlalu sering mengecas Hp dengan Laptop.

Bahaya Charger Smartphone dengan Laptop

Apa efek samping dari isi ulang baterai smartphone yang terlalu sering? 

Kalian begitu digunakan selama proses isi ulang. Akibatnya, daya baterai smartphone kalian  tidak akan bertahan lama dan cepat rusak.


2. Membuat Baterai Laptop Anda sendiri Cepat Rusak

Karena sama mengakomodasi listrik untuk digunakan di lain waktu, maka secara teknis laptop itu sama dan tidak jauh berbeda dengan Power bank . 

Tak mengherankan, jika kalian menggunakan laptop untuk mengisi ulang baterai smartphone. Tapi kalian perlu juga menyadari, bahwa laptop sama dengan Power Bank , maka baterai laptop juga memiliki life cycle atau siklus hidup.

Bahaya Ngecas Hp Pakai Laptop

Jika kalian terlalu sering menggunakan laptop untuk mengisi ulang battery smartphonekalian, maka baterai laptop kalian juga akan cepat aus dan rusak. 

Hal ini terjadi karena saat digunakan untuk mengisi ulang Baterai smartphone, baterai laptop jadi cepat habis, sehingga batterai laptop kalian juga harus cepat dicas lagi. 

Semakin sering diisi ulang, siklus hidup baterai laptop kalian lebih cepat berkurang.


3. Rawan pada Pencurian Data

Dengan menggunakan 'Handshake' atau proses pairing antara smartphone dengan laptop ketika terhubung satu sama lain, hacker dapat mencuri data menggunakan laptop yang sedang mengisi ulang batterai smartphone kalian. 

Hal ini terjadi karena proses 'Handsake' membuat data nama perangkat, produsen perangkat, jenis perangkat, nomor seri, update firmware, informasi sistem operasi, daftar file, untuk chip elektronik ID smartphone dan semuanya dibaca oleh laptop.

Bahaya Ngecas Hp Pakai Laptop

Nah, proses ini membuat kesempatan hacker untuk mencuri data pada smartphone kalian. 

Dengan memanfaatkan perintah khusus yang tugasnya adalah untuk menginstal sistem root pada smartphone, hacker bisa dengan mudah mencuri semua data yang ada di dalam smartphone kalian.


Bagaimana Cara Aman Mengecas Smartphone Pakai Laptop 

Bagaimana, serem kan bahaya yang ditimbulkan jika kalian sering ngecas smartphone menggunakan laptop ? 

kalian dapat kehilangan data, smartphone rusak, atau bahkan laptop kalian rusak. Untuk menghindari hal ini, kalian harus me :
  • Mengecas Batterai smartphone dengan laptop hanya dalam keadaan darurat. Jika terhubung ke laptop, Jangan Hidupkan modus Charger only jika tidak pada keadaan darurat saja ya guys. Ini akan lebih aman jika ngecas smartphone langsung dari sumber listrik utama.
Bahaya Charger Smartphone dengan Laptop
  • Ketika mengecas smartphone Andoid kalian  dengan laptop, pastikan smartphone terkunci. Hindari penggunaan Smartphone Andoid kalian saat sedang mengecas dengan laptop apalagi sambil main game.
Demikianlah setidikit sedikit penjelasan saya tentang Bahaya Mengecas Batterai Hp Smartphone Android Pakai Laptop, Semoga bermanfaat! terima kasih.

Posting Komentar untuk "Waw !!! Ternyata Bahaya Loh Ngecas Hp Android Kalian dengan Laptop"